Menyimak Selektif sebagai Kunci Keterampilan untuk Membangun Pengetahuan dan Teknologi

Siti Roisatun Nada Rosidah, Sri Sunarti Indrawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Menyimak selektif dapat diartikan sebagai keterampilan untuk meningkatkan dan memahami informasi yang terus berkembang, bukan hanya sebatas mendengar, tetapi juga melibatkan kemampuan memilah informasi yang relevan guna membangun penegtahuan dan berkontribusi pada kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui menyimak selektif sebagai kunci keterampilan untuk membangun pengetahuan dan teknologi. Metode penellitian ini menggunakan metode library research, data yang digunakan pada penelitian ini berupa data sekunder, teknik yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah strategi untuk meningkakan keterampilan menyimak selektif melibatkan beberapa pendekatan yaitu 1) Latihan mendengar aktif 2) menerapkan teknologi 3) berkolaborasi dan berdiskusi. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 3 strategi untuk meningkatkan keterampilan menyimak selektif pada kemajuan pengetahuan dan teknologi.

Kata kunci— Keterampilan, Menyimak selektif, Pengetahuan, Teknologi

Abstract— Selective listening can be interpreted as a skill to improve and understand information that continues to grow, not only limited to hearing, but also involves the ability to sort out relevant information to build knowledge and contribute to technological progress. The purpose of this research is to find out selective listening as a key skill to build knowledge and technology. This research method uses library research method, the data used in this research is secondary data, the technique used in this research is triangulation technique. The results of this study are strategies to improve selective listening skills involving several approaches, namely 1) Active listening exercises 2) applying technology 3) collaborating and discussing. The conclusion in this study is that there are 3 strategies to improve selective listening skills on the advancement of knowledge and technology.

Keywords— Skills, Selective listening, Knowledge, Technology


Full Text:

PDF

References


Aminah, M. (2018). Upaya meningkatkan minat belajar IPS pada materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi melalui penerapan metode diskusi. Jurnal Pijar: Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). https://ejournal-leader.com/index.php/pijar/article/view/156

Aminah, S. (2018). Pentingnya mengembangkan ketrampilan mendengarkan efektif dalam konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 108-114. http://dx.doi.org/10.29210/120182203

Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v12i1.1930

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1). https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/70

AP, J., Asri, W.K, & Mannahali, M. (2023). Strategi pembelajaran menggali potensi belajar melalui model, pendekatan, dan metode yang efektif. Yogyakarta:CV Ananta Vidya.

Bahar, J., Sentinuwo, S., Karouw, S., Tuturoong, N., & Robot, J. (2020). Identifikasi dan Kuantifikasi Manfaat Teknologi Informasi di Kabupaten Talaud. Jurnal Teknik Informatika, 15(1), 23-32. https://doi.org/10.35793/jti.15.1.2020.29027

Bahridah, P., & Neviyarni, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan motorik dalam pembelajaran. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 13-19. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/194

Bakhri, S. (2019). Animasi interaktif pembelajaran huruf dan angka menggunakan model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130-144. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Fatimah, C. (2020). Penggunaan metode praktik dalam meningkatkan keterampilan teknik budi daya tanaman obat. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 25-32. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i1.1598

Fitri, S. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak: dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118-123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Handida, R. D., & Sholeh, M. (2018). Pengaruh tingkat pengetahuan, kualitas layanan, dan tingkat literasi keuangan syariah terhadap pengambilan keputusan masyarakat muslim menggunakan produk perbankan syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Economia, 14(1), 84-90. https://www.academia.edu/download/69824917/pdf.pdf

Handiyani, S., Wildan. (2008). Persiapan ujian nasional bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Bandung: GRAFINDO MEDIA PRATAMA.

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan kewirausahaan: konsep, karakteristik dan implikasi dalam memandirikan generasi muda. PILAR, 11(1), 101-103. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4909

Herlina, Utami, N. C. M. (2019). Teaching english to students of elementary school. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa: Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.1.

Juangsih, J. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi keterampilan menyimak bahasa Jepang dan pengajarannya. Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 12-22. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1244

Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Banyumas: Lutfi Gilang.

Makhmudah, S. (2018). Hakikat ilmu pengetahuan dalam perspektif modern dan islam. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(2), 202-217. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3173

Massitoh, E. I. (2021, October). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menyimak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 3(3). 330-333). https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/614

Moonti, U., & Bahsoan, A. (2021). Pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.37479/jeej.v3i1.8312

Munti, N. Y. S,. & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975-1805. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/655

Mustadi, A,. Amelia, R,. Budiarti, W. R,. dkk. (2021). Strategi pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra yang efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Nisak, F. (2016). Pengaruh pengetahuan, keterampilan, konsep diri dan karakteristik pribadi terhadap kinerja staf pada SMKN se kota Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 838-838. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13586

Nurmuharimah, S. (2007). Get smart pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Parsaorantua, P. H., Pasoreh, Y., & Rondonuwu, S. A. (2017). Implementasi teknologi informasi dan komunikasi (studi tentang web e-government di Kominfo kota Manado). Acta Diurna Komunikasi, 6(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/17378

Rosnawati, R., Syukri, A. S. A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. R. A. F. (2021). Aksiologi ilmu pengetahuan dan msnfaatnya bagi manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186-194. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.35975

Sari, A. W. (2016). Pentingnya ketrampilan mendengar dalam menciptakan komunikasi yang efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.572

Setiawan, A., Zebua, R.S.Y., Sunarti. (2022). Strategi pendidikan karakter anak usia dini menggunakan perangkat kepribadian genetik STIFIn. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1859-1872. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Setyawati, C.K. (2011). Pengembangan pembelajaran keterampilan membaca melalui penerapan teknik tari bambu. Jurnal Ilmiah Guru Cope Ceraka Olah Pikir Edukatif, 15(2), 17-18. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5513

Sutrisno, T. (2022). Konsep dasar bahsa Indonesia di SD/MI. Sumateta Barat: CV. Azka Pustaka.

Syafi’i, M. (2014). Implikasi pembelajaran mikro dalam pengembangan keterampilan mengajar di madrasah. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 228-250. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/422

Triwardhani, I.J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R.P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Wahyono, T., & Farahsani, Y. (2017). Penerapan pendekatan proses untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia bagi penutur asing. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 204-220. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010204

Widayat, P. A., Munthe, B., & Musthofa, T. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis kecerdasan internasional untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Arab siswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 6(1), 39-53. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.310.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.