Dampak Menyimak Estetik bagi Penonton dalam Pertunjukan Pentas Seni
Abstract
abstrak— Menyimak estetik dapat diartikan sebagai sebuah pengalaman bagi penonton untuk memahami lebih dalam tentang pertunjukan pentas seni. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dampak dari menyimak estetik bagi penonton dalam pertunjukan pentas seni. Penelitian ini menggunakan metode library research atau study pustaka. Perolehan data memerlukan data sekunder yang mengumpulkan data menggunakan teknik simak, libat, catat. Kemudian divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah efek menyimak estetik bagi penonton dalam pertunjukan pentas seni seperti: 1) Penonton akan mendapatkan pengalaman visual dan emosional yang mendalam, 2) Penonton dapat menikmati keindahan visual, harmoni, dan ekspresi artistik yang mampu membangkitkan perasaan dan pemikiran baru, 3) Estetik mampu memperkaya persepsi suatu penonton terhadap sebuah pentas seni serta memberikan pengalaman artistik yang memuaskan, 4) Mampu menyampaikan isi pertunjukan kepada khalayak tanpa adanya keresahan, 5) Dapat menyimak dengan santai pada pertunjukan pentas seni, 6) Meningkatkan nilai-nilai estetik bagi penonton. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat enam dampak menyimak estetik bagi penonton dalam pertunjukan pentas seni.
Kata kunci— Estetik, Menyimak, Penonton, Pentas seni
Abstract— Aesthetic listening can be interpreted as an experience for the audience to understand more about performing arts performances. The purpose of this research is to find out the impact of aesthetic listening for the audience in performing arts performances. This research uses library research method or library study. Data acquisition requires secondary data that collects data using the technique of listening, engaging, recording. Then validated using triangulation techniques. The results of this study are the effects of aesthetic listening for the audience in performing arts performances such as: 1) The audience will get a deep visual and emotional experience, 2) The audience can enjoy visual beauty, harmony, and artistic expression that can evoke new feelings and thoughts, 3) Aesthetics can enrich an audience's perception of an art performance and provide a satisfying artistic experience, 4) Able to convey the content of the performance to the audience without any anxiety, 5) Can listen casually to the performance of art performances, 6) Increase aesthetic values for the audience. The conclusion in this study is that there are six impacts of aesthetic listening for the audience in performing arts performances.
Keywords— aesthetic, listening, audience,art performances
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual siswa kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.44.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Almuzakir, F., Rohmah, B., Suharminingsih, S., Fadhillah, J., Setiawan, M. A., Damayanti, L., Sultanmahdi, M., Masita, M., & Budhiarta, I. W. (2023). Pelatihan dan pentas seni budaya tari dan lagu daerah sebagai bentuk upaya pengembangan wisata budaya di Desa Buwun Sejati Narmada Lombok Barat. Prosiding Seminar Nasional Gelar Wicara, 1(1), 780-784. https://proceeding.unram.ac.id/index.php/wicara/article/view/259.
Anshari, F., Syafira, U. F. T., Abbabil, A., Evangelina, J., & Dzakwan, M. D. (2023). Kreasi buku panduan buat penonton dalam upaya menciptakan tayangan esports yang kondusif. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 16-26. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/abdi/article/view/4013.
Aristi, N. (2020). Upaya promosi pariwisata daerah melalui pelatihan penyelenggaraan pentas seni sekolah di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 239-248. https://doi.org/10.30653/002.202051.258.
Azzami, M. R., Setiyaki, A. A., Sultan, M. Y., Maricar, A. K., Julian, A., & Samudra, B. (2022). Pengadaan pentas seni dan budaya oleh unit kegiatan mahasiswa Institut Teknologi Bandung pada masa pandemi covid-19. Sublim: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-9. https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/view/778.
Claudiawan, S., Asbari, M., & santoso, G. (2023). Menyimak kajian filosofis Fahruddin Faiz. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 57-61. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.65.
Damarjati, F. X. (2023). Relasi subjek, objek, dan nilai pada penciptaan karya fotografi seni Nico Dharmajungen. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 19(2), 235-252. https://doi.org/10.25105/dim.v19i2.16454.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233.
Enggarwati, A., & Utomo, A. P. Y. (2021). Fungsi, peran, dan kategori intaksis Bahasa Indonesia dalam kalimat berita dan kalimat seruan pada naskah pidato Bung Karno 17 Agustus 1945. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 37-54. http://doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2209.
Fathurrohman, M. F., & Sari, M. P. (2021). Seni fotografi sebagai ekspresi baru budaya. Specta: Journal of Photography, Arts, and Media, 5(2), 144-150. https://doi.org/10.24821/specta.v5i2.5493.
Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal of Education and Humanity, 1(2), 120–128. https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19.
Gloriani, Y. (2014). Pengkajian puisi melalui pemahaman nilai nilai estetika dan etika untuk membangun karakter siswa. Jurnal Semantik, 3(2), 97 - 113. https://doi.org/10.22460/semantik.v3i2.p97%20-%2011.
Hamid, H. A. (2015). Strategi pembelajaran menyimak. Jurnal Al Bayan: Jurnal jurusan pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 1-27. http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v7i2.344.
Hanafi, N., Mahawan, S., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi ragam keterampilan menyimak Bahasa Inggris bagi mahasiswa S1 Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(1), 98-100. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.
Handayani, L. (2022). Fenomena pergelaran seni pertunjukan era media baru sebagai roll model pembelajaran seni budaya di Sman 5 Kota Bukittinggi. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.47233/jishs.v1i1.240.
Hasnidar, S. (2019). Pendidikan estetika dan karakter peduli lingkungan sekolah. Jurnal serambi ilmu, 20(1), 97-119. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997.
Hasyyati, N. S., & Setiawan, K. (2023). Pengaruh source likability konten kanal youtube hidup alami ala momi Ike terhadap sikap sadar lingkungan penonton. KARIMAH TAUHID, 2(5), 2202-2216. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/10510.
Hidayat, Y. A. (2018). Motivasi dan persepsi penonton Hellprint United Day 2018 di Bandung. Jurnal Tata Kelola Seni, 4(1), 32-48. https://doi.org/10.24821/jtks.v4i1.3081.
Jabnabillah, F., Aswin, A., & Fahlevi, M. R. (2023). Efektivitas situs web pemerintah sebagai sumber data sekunder bahan ajar perkuliahan statistika. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 59-70. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3373.
Jatiyasa, I.W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Jurnal lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal pendidikan jasmani Indonesia, 3(1). 89-99. https://doi.org/10.21831/jpji.v3i1.6176.
Jatmiko. (2018). Pengaruh renggunaan multimedia dan penguasaan kosakata Bahasa Jawa terhadap meterampilan menyimak cerita wayang. Jurnal Stilistika Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.32585/.v4i2.165.
Julia, J., dan Aryati, S. (2021). Kegiatan pagelaran seni di SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Cross-border, 4(1), 600-607. https://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/907.
Komariyah, I., Wiyoso, J. (2017). Nilai estetika barongan wahyu arom joyo di desa Gunung Sari kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati. Jurnal seni tari, 6(1), 2-5. https://doi.org/10.15294/jst.v6i1.12106.
Lestari, U. I., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2018). Pengaruh menonton tayangan FTV kuasa ilahi terhadap perilaku masyarakat. Jurnal Komunikatio, 4(1), 1-12 https://ojs.unida.ac.id/JK/article/view/1212.
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291-305. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709.
Maranisya, U., & Putri, S. A. (2022). Pengaruh harga dan sistem penjualan tiket terhadap kepuasan penonton di event konser Be The Sun In Jakarta 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3225-3232. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8709.
Mariani, N. (2021). Upaya meningkatan nilai estetika pembelajaran pendidikan agama Islam melalui seni budaya. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 23-32. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/14.
Melik, S. (2016). Efek tayangan stand up comedy metro TV terhadap perilaku penonton usia muda di Loa Janan Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 1-14. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id.
Mubarat, H., & Ilhaq, M. (2021). Telaah nirmana sebagai proses kreatif dalam dinamika estetika visual. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 125-139. http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.397.
Musrikah, S. (2016). Pengelolaan supervisi artistik kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Selojari Klambu Grobogan. Jurnal Varidika, 28(1), 51-58. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/2404.
Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh nilai nilai estetika pada penataan pojok baca terhadap minat baca anak usia dini. Jurnal Al Abyadh, 4(2), 81-88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321.
Nimatupang, L. A. (2010) Perspektif antropologi dalam seni dan estetika. Jurnal acintya , 2(1). https://doi.org/10.33153/acy.v2i1.87.
Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.
Prayudi, M. A. (2023). Peranan kesenian terhadap pengembangan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. JURNAL NUSANTARA, 4(2), 7–13. https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara/article/view/33.
Puspayanti, A., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Konsep Tri Hita Karana untuk pengembangan budaya harmoni melalui pendidikan karakter. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 11(1), 87-98. https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.314.
Rahayu, S.(2018). Estetika dalam lagu sindhenan karawitan Jawa. Jurnal Seni Budaya, 16(1), 42-49. https://doi.org/10.33153/glr.v16i1.2338.
Rohmah, F. N., Iryanti, V. E. (2015). Nilai estetik pertunjukan kesenian sintren retno asih budoyo di desa Sidareja kecamatan Sidareja kabupaten Cilacap. Jurnal seni tari, 4(1), 1-15. . https://doi.org/10.15294/jst.v4i1.9642.
Rosdawita, R. (2015). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 66-81 . https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.
Rosidah, L. (2014). Peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia dini melalui permainan maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281-290. https://doi.org/10.21009/JPUD.082.
Savira, S. I., Wagino, W., & Laksmiwati, H. (2019). Apa yang berbeda? Kemampuan kognitif pada anak tunanetra tanpa pengalaman visual (congenital visual impairment). JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 20-39. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p20-39.
Sebastian, D. P., & Widodo, E. (2023). Analisis strategi public relations teater koma dalam menjaga minat penonton selama pandemi covid-19. Jurnal InterAct, 12(1), 22-35. https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/4290.
Setiawan, A., & Hadiwono, A. (2022). Ruang terapi seni sebagai solusi penyembuhan stres di Jakarta Barat. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 4(1), 381-390. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8592.
Setiawan, H., Rakhmawati, A., Anindyarini, A. (2020). Pertunjukan ketoprak lakon pedhut jatisrana sebagai media pendidikan karakter. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35 (3), 331-336. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i3.1008.
Sidhartani, S. (2016). Literasi visual sebagai dasar pemaknaan dalam apresiasi dan proses kreasi visual. Jurnal Desain, 3(03), 155-163. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i03.709.
Simangunsong, Y. I. R., Panggabean, S., & Bangun, K. (2022). Analisis nilai nilai estetika, etika, dan karakter dalam novel ladang perminus karya Ramadhan KH. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477-16491. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5098.
Sinaga, S. B. B., & Kurniawati, D. (2023). Studi deskripstif kuantitatif fenomena perilaku penonton drama Korea di kalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 381-389. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4148.
Sri, O., & Noor, B. N. (2022). Tingkat pengetahuan agama penonton tayangan Buya Yahya menjawab pada channel Youtube Al-Bahjah TV di masa pandemi Covid-19. Jurnal Penyuluhan Agama, 9(2), 169-194. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ipa/index.
Subagio, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional, motivasi kerja, dan sikap kerja terhadap kinerja karyawan pada PT IT haca resources. Jurnal Manajemen, 19(1), 101-120. https://doi.org/10.24912/jm.v19i1.108.
Sundari, R., & Rahmalia, D. R. (2022). Artsteps.com: Inovasi pameran virtual karya seni rupa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1866–1873. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6872.
Supriyanto. (2023). Pengembangan implementasi pembelajaran diferensiasi melalui pentas kreasi di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya humaniora (JPTWH), 2(3), 1710-1729. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/189.
Suryawati, M. (2018). Estetika tari sekapur sirih sebagai tari penyambutan tamu di Kota Jambi. Jurnal Ilmu Humaniora, 2(2), 365-377. https://doi.org/10.33153/acy.v2i1.87.
Susanti, W. (2016). Peningkatan kemampuan menyimak cerita anak melalui penggunaan media film animasi. Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(9), 904-912. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1360.
Syam, S. (2022). Jurnalisme investigasi: Elemen, prinsip dan teknik reportase. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(2), 127-137. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i2.3960.
Tarsa, A. (2016). Apresiasi seni: Imajinasi dan kontemplasi dalam karya seni. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 1(1), 50- 56. https://doi.org/10.29210/0248jpgi0005.
Trianton, T. (2013). Estetika profetik Ahmad Tohari dalam khazanah budaya cablaka. Jurnal kajian Islam dan Budaya, 11(2), 211-226. https://doi.org/10.24090/ibda.v11i2.80.
Winansih, E. (2010). Estetika simbolis-sensori pada ruang publik di alun-alun Malang. Local Wisdom Jurnal Ilmiah Online, 2(1), 20-28. https://doi.org/10.26905/lw.v2i3.1377.
Wulandari, L., & Widyastutieningrum, S. R. (2019). Bentuk dan fungsi tari Gatholoco kelompok seni cipto budoyo Kabupaten Temanggung. Greget, 17(2), 175-189. https://doi.org/10.33153/grt.v17i2.2307.
Yulianty, P. (2021). Peningkatan kemampuan menyimak melalui media wayang dolanan (Penelitian tindakan pada anak kelompok B di PAUD Cifor ceria kota Depok). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 119-126. http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.12801.
Yunita, F.T. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui mendongeng dengan media wayang kertas. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 41- 42. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.42-50.
Yunus, P. P. (2020). Komunikasi ekspresif estetik karya seni. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 3(2), 70-77. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i2.77.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3813
Refbacks
- There are currently no refbacks.