Upaya Pengembangan Karakter pada Generasi Muda di Era Digital
Abstract
abstrak— Era digital merupakan suatu zaman dimana segala sesuatunya menjadi serba digital dengan menggunakan teknologi yang canggih. Mengingat pentingnya upaya untuk mengembangkan karakter generasi muda di era digital telah dipaparkan di atas, jika melihat kondisi generasi muda saat ini yang lebih cenderung berkutat dengan teknologi tanpa adanya rasa ingin mengoptimalkan karakter yang sudah ada. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka ( library research). Berdasarkan dengan penelitian yang telah dilakukan, pada era digital ini memiliki dampak postif dan negatif terhadap generasi muda sekarang. Setelah mengetahui dan memahami uraian hasil penelitian data literatur upaya mengembangkan karakter generasi muda yang dapat disimpulkan sebagai berikut.
Kata kunci—era digital, generasi muda, karakter
Abstract— The digital age is a time when everything becomes digital using sophisticated technology. Given the importance of efforts to develop the character of the younger generation in the digital age, it is noted above, when you look at current youthful conditions that are more likely to go through technology with no sense of optimizing already existing characteristics. This study method USES library research. Based on the research that has been done, this digital age has hada negative and positive impact on today's younger generation. After learning and understanding the results of data research literature, efforts to develop a young generation character that can be summarized as follows.
Keywords— digital age, young generation, character
Full Text:
PDFReferences
Amelia, A., & Rudiansyah, R. (2021). Digitalisasi dan pembelajaran bahasa di era digital. Retrived from http://jerman.sastra.um.ac.id/selasar/index.php/pr.
Budiwibowo, S. (2016). Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(1). Doi http://doi.org/10.25273/pe.v3i01.57
Desstya, A. (2015). Penguatan karakter siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6018
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: Alfabeta
Handayani, A., Widiharto, C. A., & Yulianti, P. D. (2014, May). Penguasaan Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Upaya Pengembangan Karakter Siswa. In Seminar Nasional dan Bedah Buku. Retrived from http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/bedah_buku_14/2014/paper/view/348
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2). http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/AIJ/article/view/370
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference(Vol.1,No.1).http://lppmunissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282
Isnarmi, I. (2011). Pendekatan kritis-transformatif dalam PKn: Sebuah upaya pengembangan karakter (goodcharacter). Retrived from http://repository.unp.ac.id/196/1/PENDIDIKAN%20KARAKTER1.pdf
Jamaludin, A. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Kaho Indahcitra Garment Jakarta. JABE ( Journal of Applied Business and Economic), 3(3), 161-169. Retrived from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/viewFile/1767/1379
Mardlotillah, F. (2013). Implementasi Kebijakan Sekolah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2). Doi https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i2.1563
Maulidin, F. M. M. (2020). Peran keluarga pada pembentukan perilaku sosial remaja akibat dampak era digital: Studi kasus di Secang dan Wangkal Kalipuro Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/24846/
Nahriyah, S. A. (2017). Tumbuh kembang anak di era digital. Risalah, 4(1), 65-74. DOI:10.31943/jurnal_risalah.v4i1.51 https://www.neliti.com/publications/339824/tumbuh-kembang-anak-di-era-digital#cite
Nanggala, A. (2020). Peran Generasi Muda Dalam Era New Normal. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 81-92. https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v%25vi%25i.3827
Nawali, A. (2018). Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 325-346. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.955
Putri, A. E. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling: sebuah studi pustaka. Jurnal bimbingan konseling Indonesia, 4(2), 39-42. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1645324&val=14788&title=EVALUASI%20PROGRAM%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20SEBUAH%20STUDI%20PUSTAKA
Rafid, R. (2018). Konsep kepribadian muslim Muhammad Iqbal perspektif pendidikan Islam sebagai Upaya Pengembangan dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 711-718. Retrived from http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/367
Rahardja, U., Harahap, E. P., & Christianto, D. D. (2021). Pengaruh Teknologi Blockchain Terhadap Tingkat Keaslian Ijazah. Technomedia J, 4(2), 211-222. Retrived from https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=qUMZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA211&dq=pengertian+metode+studi+pustaka&ots=3tVewvu2C_&sig=HhtNpnXjGi9rKBsilADHK6sTFZ0
Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(01), 47-59. Doi https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Susanto, S. (2021). Upaya pengembangan karakter pesertadidik melalui pendidikan jasmani dan olahraga. Doi https://doi.org/10.31219/osf.io/9sn8v
Wahyudi, T. (2019). Paradigma pendidikan anak dalam keluarga di era digital (Perspektif Pendidikan Islam). Riayah : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 31-43. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1489
Wawan, S. (2017). Era digital dan tantangannya. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan 2017. 1-9. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/87779963.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2885
Refbacks
- There are currently no refbacks.