Ilmu Pengetahuan dalam Syair Sidi Djamadi Kajian Hermeneutika Paul Ricoeur

Riyadin Nawang Sari, Hafrison Hafrison, Yosi Wulandari

Abstract


abstrak— Syair termasuk ke dalam salah satu puisi rakyat yang ada di Indonesia. Syair memiliki corak budaya yang sangat kental. Bahkan di daerah Melayu terutama daerah Minangkabau syair digunakan sebagai salah satu metode yang digunakan dalam penyebaran agama dan mencerminkan adat istiadat yang ada di sana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ilmu pengetahuan dalam syair Sidi Djamadi. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan menggunakan konsep kajian hermeneutika Paul Ricoeur dalam interpretasinya. Subjek dalam penelitian ini adalah syair Sidi Djamadi yang berasal dari Minangkabau. Objek penelitian ini membahas mengenai metafora ilmu pengetahuan dan simbol ilmu pengetahuan yang terdapat dalam syair Sidi Djamadi. Syarat ilmu pengetahuan yang akan dibahas penelitian menurut I.R. Poedjowijatno mengenai empat hal yakni: bermetode, berobjek, sistematis, dan universal. Hasil yang ditemukan bahwa syair Sidi terdapat metafora ilmu pengetahuan yakni berobjek, bermetode, sistematis, dan terakhir syarat universal. metafora yang terdapat dalam syair Sidi Djamadi dominan mengenai metode yang dipilih dalam mencari ilmu pengetahuan yakni bertanya kepada seorang guru dan ilmu pengetahuan yang terdapat dalam syair Sidi Djamadi berkaitan dengan ilmu pengetahuan keagaamaan. Sedangkan untuk objek simbol ilmu pengetahuan ditemukan tiga syarat ilmu pengetahuan yakni berobjek, bermetode, dan universal. Hal ini dapat disimpulkan bahwa simbol yang terdapat dalam syair Sidi Djamadi dominan dengan hukum-hukum islam, rukun islam, dan syariat-syariatnya.

Kata kunci— Ilmu Pengetahuan, Syair, Hermeneutika, Sidi Djamadi.

 

Abstract— Poetry is included in one of the folk poetry in Indonesia. Poetry has a very thick cultural pattern. Even in the Malay area, especially the Minangkabau area, poetry is used as one of the methods used in the spread of religion and reflects the customs that exist there. This study aims to describe science in Sidi Djamadi's poetry. This type of research is descriptive qualitative by using the concept of Paul Ricoeur's hermeneutic study in its interpretation. The subject of this research is Sidi Djamadi's poetry from Minangkabau. The object of this research discusses the metaphors of science and symbols of knowledge contained in Sidi Djamadi's poetry. The terms of science that will be discussed in research according to I.R. Poedjowijatno on four things, namely: method, object, systematic, and universal. The results found that Sidi's poetry contained a scientific metaphor, namely object, method, systematic, and finally universal requirements. The metaphor contained in Sidi Djamadi's poem is dominant regarding the method chosen in seeking knowledge, namely asking a teacher and the knowledge contained in Sidi Djamadi's poem is related to religious science. As for the object of the symbol of science, three conditions of knowledge were found, namely the object, the method, and the universal. It can be concluded that the symbols contained in Sidi Djamadi's poetry are dominant with Islamic laws, the pillars of Islam, and their laws.

Keywords— Science, Poetry, Hermeneutics, Sidi Djamadi.

 


Full Text:

PDF

References


Adib, Muhammad. (2010). Filsafat Ilmu, Ontologi, Epistemologi, Aksiologi & Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakry, Noor Ms. (1997). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Liberty.

Ihsan, Fuad. (2010) Filsafat Ilmu. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawan, H. (2013). Mistisme Cahaya. Purwokerto: Kaldera




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.