Penggunaan Model Sinektika Analogi Langsung dalam Meningkat-kan Keterampilan Menulis Cerita Pendek (Cerpen) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasiman Tahun Ajaran 2021/2022

Mega Anissa Dwi Harnum Pitaloka, Fathia Rosyida, Abdul Ghoni Asror

Abstract


abstrak—Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA N 1 Kasiman dengan menggunakan model pembelajaran Sinetika Analogi Langsung. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran sinetika analogi langsung adalah dengan mengajak dan membimbing siswa melakukan penganalogian pada suatu topik tertentu. Semakin banyak penganalogian yang dilakukan, semakin banyak pula informasi dan ide yang didapatkan. Teknik pengambilan data menggunakan sistem tes yang dilakukan di setiap siklus. Analisis data menggunakan teknik statistik untuk mengetahui hasil dari penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan, pada pra-siklus didapatkan hanya ada 21% atau 6 siswa dari 29 siswa kelas XI MIPA 3 yang berhasil mencapai nilai yang ditentukan. Pada siklus I didapatkan 52% atau 15 siswa dari 29 siswa yang tuntas. Serta 86% atau 25 siswa kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 29 siswa pada siklus II mampu mengolah ide yang didapatkan dalam sebuah karya cerpen. Jadi, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran sinetika analogi langsung dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa dalam mencari dan mengolah informasi menjadi sebuah karya cerpen yang bernilai. Semakin banyak proses penganalogian yang dilakukan, semakin banyak informasi, kreativitas dan pemahaman yang didapatkan oleh siswa

Kata kunci— Peningkatan, Kemampuan Menulis Cerpen, Model Sinetika Analogi Langsung

 

 

Abstract— This research is a Class Action Research (PTK) which aims to improve the ability to write short stories in class XI students of SMA N 1 Kasiman by using the learning model Sinetika Analogi Langsung. Learning activities using the direct analogy cynics learning model are to invite and guide students to do analogy on a certain topic. The more analogy done, the more information and ideas you get. The data retrieval technique uses a system of tests that are carried out in each cycle.  Data analysis uses statistical techniques to find out the results of the research carried out.  The results showed that in the pre-cycle, only 21% or 6 students from 29 students of class XI MIPA 3 managed to achieve the specified score. In the first cycle, 52% or 15 students from 29 students were completed. As well as 86% or 25 students of class XI MIPA 3, totaling 29 students in cycle II, were able to process the ideas obtained in a short story work. So, the learning process using the direct analogy cynics learning model can increase students' creativity and understanding in finding and processing information into a valuable short story work. The more the analogization process is carried out, the more information, creativity and understanding students get.

Keywords— Improvement, Ability to Write Short Stories, Direct Analogy Cynics Model


Full Text:

PDF

References


Isti , S. N. D. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (jurnal online). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Vol.01.No.01. https://jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3160/1850/. 20- 04-2020

Joyce, Bruce et. al. (2009). Models of Teaching (Model-model Pengajaran). Yogyakarta : Pustaka Pelajar..

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.