Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode Amati Tiru Modifikasi (ATM) dengan Media Gambar pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 1 Sambong Tahun Pelajaran 2021/2022

Lilik Hariyanti, Fathia Rosyida, Abdul Ghoni Asror

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan proses peningkatkan belajar siswa dengan menggunkan metode ATM, 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode ATM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi Penelitian SMP Negeri 1 Sambong. Metode penelitian metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian kelas VII G yang terdiri dari 27 siswa. Sumber data yang diperoleh dari RPP, Silabus, dan KKM. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Sambong. Hal ini dapat dilihat peningkatan nilai hasil belajar siswa pada siklus I siswa belum tuntas sebesar 56%, siswa tuntas sebesar 44% dan hasil test siklus II siswa belum tuntas sebesar 8%, siswa tuntas sebesar 92%.

Kata kunci— Menulis Teks Deskripsi, Amati Tiru Modifikasi (Atm)

 

 

Abstract— This study aims to 1) to describe the process of improving student learning by using the ATM method, 2) to describe student learning outcomes in writing description texts using the ATM method. This type of research is Classroom Action Research (PTK). Research Location of SMP Negeri 1 Sambong. Research methods qualitative research methods using a qualitative approach. The subject of the study of class VII G consisting of 27 students. Data sources obtained from RPP, Syllabus, and KKM. Data collection uses observation and interview techniques. Data processing techniques use qualitative methods. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an increase in the ability to write description texts in grade VII G students of SMP Negeri 1 Sambong. This can be seen in the increase in the value of student learning outcomes in the first cycle of students has not been completed by 56%, students are completed by 44% and the results of the second cycle test of students have not been completed by 8%, students completed by 92%.

Keywords— Write A Description Text, Observe Imitation Of Modifications (Atm)


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyanti. 2016. Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profesi Keguruan, 2(1), 1-9.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewantara, Ki Hajar. 2004. Karya K.H Dewantara Pendidikan dan Pengajaran Nasional. Yogyakarta: Multi Presindo.

Hakim, A. 1993. Karanganyar Deskripsi. Bandung: Angkasa.

Idris, Yudita Putri Kinanti. (2019). Penerapan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Pada Pembelajaran Tehnik Dasar Tari Motaro Untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X SMAN 3 Poso. Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Kurniadi dkk. 2016. Penerapan Metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1-10.

Kustandi, C., Sutjipto, B. 2011. Teknik Membaca Buku Membuka-buka Buku. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Wiarawan, Abdul Karim. (2018). Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Untuk Pembelajaran Menulis Puisi Berwawasan Lingkungan. Hasta Wijaya Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1-10.

Wright, Mary W. 2000. Getting More Out Of Less: The Benefist of Short-Them Experiential Learningin Undergraduate Sociology Courses. Teaching Sociology, 28(2) 116-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.