Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional melalui Pembelajaran Case Method Berbantuan Platform Quizizz

Dwi Hasmidyani, Muhammad Akbar Budiman

Abstract


Abstract: This study aimed to determine the increase of student learning outcomes in International Economics courses after participating in case-method learning assisted by Quizizz. This research was an experiment with one group pretest-post test design. The sample in this study was 68 students of Sriwijaya University Economics Education. The data collection technique was test. To determine the significance, the data obtained were analyzed using N-gain and t-test. The results showed that student learning outcomes after participating in case method learning assisted by Quizizz experienced a significant increase. The increase of student learning outcomes were mostly in the medium category, with details as many as 33.33% of students were in the Low category, 53.97% were in the Medium category and 12.70% were in the High category. Based on these results, the case method learning assisted by Quizizz is recommended to be used in order to improve student learning outcomes.

Keywords: Case Method, Learning Outcomes, Quizizz

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Internasional setelah mengikuti pembelajaran case method berbantuan Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-post test. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 68 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Data dikumpulkan melalui tes tertulis. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, data dianalisis menggunakan N-gain dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran case method berbantuan Quizizz. Peningkatan tersebut sebagian besar berada pada kategori Sedang, dengan rincian sebesar 33,33% mahasiswa berada pada kategori Rendah, 53,97% berada pada kategori Sedang, dan 12,70% berada pada kategori Tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran case method berbantuan Quizizz direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Case Method, Hasil Belajar Mahasiswa, Quizizz



Keywords


Case Method; Hasil Belajar Mahasiswa; Quizizz

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, L. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunnikasi, 10(2), 181–195.

Bahri, S., Mutaleb, A., Gunawan, T., & Zainuddin, Z. (2021). Implementasi Game Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Menyenangkan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 2021(13), 180–188.

Borden, J. D. (2022). Education 3.0 and eLearning Across Modalities. IGI.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama. 021.

Evi Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.

Faishol, R., & Hidayah, F. (2021). Volume 01 , Number 05 February 2021. 01(05).

Fuadi, A. (2022). Motivasi Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring Di Mtss Se-Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun. Tesis. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Galuh, & Martadinata, R. E. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Student Created Case Studies Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pendahuluan. 3(1), 257–266.

Jamaludin, J., & Alanur, S. N. (2021). Pengembangan Civic Knowledge Dan Literasi Informasi Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Case Method Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 28.

Kundra, D., & Sureka, A. (2016). Application of Case-Based Teaching and Learning in Compiler Design Course. http://arxiv.org/abs/1611.00271

Leonard, E. C., & Cook, R. A. (2010). Teaching with cases. Journal of Teaching in Travel and Tourism, 10(1), 95–101. https://doi.org/10.1080/15313220903559296

Mahdi, O. R., Nassar, I. A., & Almuslamani, H. A. I. (2020). The role of using case studies method in improving students’ critical thinking skills in higher education. International Journal of Higher Education, 9(2), 297–308. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n2p297

Orhan Göksün, D., & Gürsoy, G. (2019). Comparing success and engagement in gamified learning experiences via Kahoot and Quizizz. Computers & Education, 135, 15–29.

Panggabean, S., & Halomoan Harahap, T. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Rahman, A., Herlina, L., Suroso Mukti Leksono, Rosiana Dewi, & Kusumaputr, N. R. (2020). Metode Pembelajaran Student Created Case Studies(Sccs) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sman Satu Baros. 4(November), 113–120.

Sila, I. M., Rai, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Menyongsong Link And Match Dunia Pendidikan. Widya Accarya, 13(1), 41–52.

Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. 8(2), 1397–1401. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3127/http

Tan, L. L., & Kallakuri, S. (2018). Lecture-Based Vs Case-Based Instruction Method in Optometry. A Four-Year Perspective. Austin Ophthalmol, 3(1), 1–7. www.austinpublishinggroup.com

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Wafi, M. N., Wuryadi, W., & Haryanti, E. H. W. (2020). Metode Pembelajaran Student-Created Case Studies Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 215–228. https://doi.org/10.26877/bioma.v9i2.7060

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

demo slot pg slot gacor slot gacor