Evaluasi Perkuliahan Daring Mata Kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesisa dengan Model Diskrepansi

Meilan Arsanti, Wagiran Suwito, Subyantoro Subyantoro, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstract: During the Covid-19 pandemic, lectures at the Indonesian Language and Literature Education Study Program (PBSI), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Sultan Agung Islamic University (Unissula) were held online. Language Error Analysis is one of the courses conducted online. The problems studied include planning, implementing, and evaluating the process and results of online lectures for these courses. The method used in this study is a policy research program evaluation type with a qualitative and descriptive approach with a discrepancy model. Data in the form of scores of all variables were analyzed using the Wilcoxon tiered sign test procedure, with this technique a large difference sign will be obtained indicating that at the online lecture planning stage an average score of 79.9% is obtained with a large difference of 20.1 then there is a gap of 20, 1% with a small category (K). At the stage of implementing online lectures, the average score obtained is 76.4% with a large difference of 23.6, so there is a discrepancy of 23.6% with a small category (K). In the process and results assessment stage, an average score of 80.3% was obtained with a large difference of 19.7, so there was a discrepancy of 19.7% and was classified in the very small category (K). This gap is generally caused by technical factors such as poor internet facilities, limited internet quota, and inadequate online course equipment.  Keywords: online lectures, language error analysis, discrepancy model

 

 

Abstrak: Selama pandemi Covid-19 perkuliahan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) dilaksanakan secara daring. Analisis Kesalahan Berbahasa merupakan salah satu mata kuliah yang dilaksanakan secara daring. Masalah yang diteliti meliputi perencanaa, pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil perkuliahan daring mata kuliah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kebijakan jenis evaluasi program dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif dengan model diskrepansi. Data berupa skor semua variabel dianalisis dengan menggunakan prosedur uji tanda berjenjang wilcoxon, dengan teknik ini akan didapatkan tanda beda besar yang menunjukan bahwa pada tahap perencanaan perkuliahan daring diperoleh rata-rata skor 79,9% dengan besar beda 20,1 maka terjadi kesenjangan sebesar 20,1% dengan kategori kecil (K). Pada tahap pelaksanaan perkuliahan daring rata-rata pemerolehan skor sebesar 76,4% dengan besar beda 23,6 maka terjadi diskrepansi sebesar 23,6% dengan kategori kecil (K). Pada tahap penilaian proses dan hasil diperoleh rata-rata skor sebesar 80,3% dengan besar beda adalah sebesar 19,7 maka terjadi diskrepansi sebesar 19,7% dan tergolong dalam kategori sangat kecil (K). Kesenjangan tersebut secara umum disebabkan karena faktor teknis seperti kurang bagusnya fasilitas internet, terbatasnya kuota internet, dan perangkat perkualiahan daring yang kurang memadai.

 

Kata kunci: perkuliahan daring, analisis kesalahan berbahasa, model diskrepansi


Keywords


perkuliahan daring, analisis kesalahan berbahasa, model diskrepansi

Full Text:

PDF

References


Ariningsih, Kt, I Wyn Suwatra, I Wyn Widiana. (2015). Analisis Diskrepansi Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 di SD Negeri 1 Busungbiu. Jurnal e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1 Tahun: 2015 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5794

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). PenggunaanMedia Pembelajaran Online – Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & KomunikasiDalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284

Candiasa. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Darodjat dan Wahyudhiana M. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. ISLAMADINA, Volume XIV, No. 1, Maret 2015 : 1-28. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/1665

Divayana, D.G.H, D.B. Sanjaya, A.A.I.N. Marhaeni, I.G. Sudirtha, “CIPP Evaluation Model Based On Mobile Phone In Evaluating The Use Of Blended Learning Platforms At Vocational Schools In Bali”, Journal of Theoretical and Applied Information Technology. Vol. 95, No 9, 2017, pp 1983 – 1995

Djuwita, W. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Lombok Barat, Indonesia: El Hikam Press Lombok.

Fitzpatrick, J. L. Sanders, J. R., Worthen, B. R. (2004). Program Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York: Pearson Education.

Gainau, M. B. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta, Indonesia: PT Kanisius.

Hasanudin, C. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis Selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27-38, DOI http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i2.191.

Kaufma, R. dan Thomas, S. (1980). Evaluation Without Fear. New York: New Viewpoints Division, Franklin Watts, Inc.

Madaus, G.F., Scriven, M.S., & Stufflebeam, D.L. (1993). Evaluation Models, View Points on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Marhaeni, AAIN. (2007). Evaluasi Program Pendidikan. Singaraja. Undiksha.

Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muryadi, Agustanico Dwi. Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah 2017 PENJAS, ISSN : 2442-3874 Vol.3 No.1, Januari 2017 http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538

Saleh, A. R. (2000). Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi dan Aksi. Jakarta, Indonesia: Gemawindu Pancaperkasa.

Salim dan Haidir (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Edisi pertama. Jakarta, Indonesia: Kencana.

Subasno, Yohanes. Provus’s Discrepancy Evaluation Model pada Pendidikan Inklusi. SAPA: Jurnal Kateketik dan Pastoral Vol 3 No 2 (2018) https://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/53

Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan. Medan, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Supriyantoko, I., Jaya, A., Kurnia, V., & Habiba, P. G. S. (2020). Evaluasi Implementasi Kebijakan Teaching Factory dengan Model Evaluasi CIPP di SMK Negeri DKI Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 1-10. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JVTE/article/view/10869/4557.

Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok, Indonesia: Holistica.

Tayipnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Widyaningsih, I Wayan. (2017). Evaluasi Diskrepansi Terhadap Implementasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PKN Tema Cita-Citaku di Kelas IV SD Se-Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2017) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11969




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i2.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats