Optimalisasi Peran Guru dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual dan Intoleransi Melalui E-Comic ‘Bhineka’ Berbasis Literasi Digital Sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila

Mixghan Norman Antono

Abstract


The educational environment is a place to develop children's character. Apart from that, education is also used as a forum for developing various aspects that support human life, including economics, social, culture, technology, morality and the glory of the nation. Schools that are considered a comfortable and safe place for children are not entirely true. In fact, in the world of education, there is still a lot of sexual violence, intolerance and bullying carried out by education staff and students. This can have an impact on a person's physical and psychological well-being, especially students who attend elementary school because they are still in the process of character formation. Therefore, it is necessary to hold community service to increase the awareness of teachers to prevent sexual violence, intolerance and bullying from occurring in the teaching environment which is carried out at Putren 1 State Elementary School. The results obtained from this community service activity were an increase in teachers' understanding of the importance of preventing sexual violence, intolerance and bullying, in addition to the result of a 60% change in mindset after receiving the material and responses provided by the teacher.

Keywords: sexual violence, intolerance, bullying, community service

ABSTRAK

Lingkungan pendidik merupakan wadah untuk mengembangkan karakter anak. Selain itu pendidikan juga digunakan sebagai wadah untuk mengembangkan berbagai aspek yang menunjung kehidupan manusia, meliputi ekonomi, sosial, budaya, teknologi, moralitas, dan kejayaan bangsa. Sekolah yang dianggap sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi anak ternyata tidak sepenuhnya benar. Pada faktanya di dunia pendidikan masih banyak ditemui perilaku kekerasan seksual, intolerasi, dan perundungan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan maupun peserta didik. Hal tersebut dapat berdampak pada fisik dan psikis seseorang, terutama pada peserta didik yang bersekolah di sekolah dasar karena masih dalam proses pembentukan karakter. Maka dari itu perlu diadakannya pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kesadaran para guru untuk mencegah kekerasan seksual, intoleransi, dan perundungan terjadi di lingkungan pendidik yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Putren. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya peningkatan pemahaman guru dalam pentingnya mencegah kekerasan seksual, intoleransi, dan perundungan, selain itu hasil dari perubahan pola pikir  sebesar 60% setelah menerima pemberian materi dan respon tanggapan yang disampaikan oleh guru.

Kata Kunci: kekerasan seksual, intoleransi, perundungan, pengabdian masyarakat


Keywords


kekerasan seksual, intoleransi, perundungan, pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Awatiszahro, A., Nirwana, B. S., Rofiah, K., & Lutfiasari, D. (2024). Upaya Perlindungan Dari Kekerasan Fisik dan Seksual di SDN Pojok 2 Kota Kediri. 5(1), 448–453.

Balebu, D. W., Novryanto, S., & Bidja, I. (2023). Peningkatan Pengetahuan Siswa Mengenai Kekerasan Seksual , Perundungan , dan Intoleran Melalui Kegiatan Penyuluhan Increasing Student ’ s Knowledge About Sexual Violence , Bullying and Intolerance Through Counseling Activities. 6(12), 1654–1659. https://doi.org/10.56338/jks.v6i12.4544

Hinga, I. A. T. (2019). Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Melalui Edikasi Kespro Berbasis Media pada Murid Sekolah PAUD. Gemassika, 3(1), 83–98.

Irfan, M., Rahman, A., Jannah, M., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., & Makassar, U. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan tentang Pencegahan Kekerasan Seksual pada Siswa SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX(XX), 1–9.

Jumeisya Setiawan, A., Ilma Permana, A., Lindi Artikasari, M., Ula, J., Atika Fadiyah, G., Kharisma, E., Delvin Tinasari, N., Putri, A., Indrianti, P., Wahyuni Wulansari, N., Wida ningsih, I., Puspita pratiwiagni, I., & Musta’in, M. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Perawat, 1(2), 43–49. https://doi.org/10.32584/jpp.v1i2.1836

Mohamad Anas, Galieh Damayanti, Destriana Saraswati, & Albar Adetary Hasibuan. (2024). Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Penguatan Karakter Toleransi Pada Generasi Z. Wisesa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.21776/ub.wisesa.2024.03.1.9

Mustaqimah, N., & Usman, N. F. (2024). Upaya Pencegahan Tiga Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan melalui Kegiatan Sosialisasi di SDN 25 Kota Gorontalo. Jurnal Transformasi Pendidikan …, 25, 206–213. https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jtpi/article/view/88%0Ahttps://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jtpi/article/download/88/85

Nuriafuri, R., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam upaya pencegahan terjadinya 3 dosa besar dunia pendidikan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 659–669.

Purwosekar, S. D. N., Malang, K., Budiono, D., & Hadi, A. P. (2022). Sosialisasi Pencegahan 3 Dosa Besar Pendidikan untuk Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman di SDN 1 Purwosekar, Kabupaten Malang. 2021, 47–51.

S. Salsabila, N. Magfirah, P. Febriana, A. ulistyo. (2016). SOSIALISASI LEWASPADAAN REMAJA DALAM MENGHADAPI BULLYING PADA MEDIA SOSIAL. 19(5), 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
demo slot pg slot gacor slot gacor