Pengembangan Digital Marketing Susu Kambing Telaga Rizqy melalui Konten Marketing

Mahrina MS, Indah Liza Rofiani, Reizha Nurul Huda, Muhammad Revvy Kurniawan, Febriana Febriana, Laily Nur Fitriyah, Reni Wulandari

Abstract


ABSTRACT

Telaga Rizqy is one of the dairy goat farms that breeds Etawah Crossbred Goats (PE) in the Lampung Province. Telaga Rizqy produces and markets its livestock products independently, but in the current era of digitalization, Telaga Rizqy requires support and guidance in terms of marketing. The goal of this activity is to assist the MSME business, Telaga Rizqi, in marketing and introducing digital platforms as promotional media through sharing sessions and training. The outcome of these sharing sessions and training is that Telaga Rizqy can maximize its marketing and business design through social media digitalization using TikTok and Canva applications.

Keywords: Dairy Goat Milk MSMEs, Marketing Digitalization, TikTok, Canva, Brand Awareness

ABSTRAK

Telaga Rizqy merupakan salah satu peternakan kambing perah yang mengembangkan Kambing Peranakan Etawa (PE) di Provinsi Lampung. Telaga Rizqy memproduksi serta memasarkan sendiri hasil ternaknya, namun di era digitalisasi saat ini Telaga Rizqy membutuhkan dukungan serta pendampingan dalam hal pemasaran. Tujuan kegiatan ini adalah membantu pelaku usaha UMKM yakni Telaga Rizqi dalam memasarkan serta mengenalkan platform digital sebagai media promosi melalui sharing session dan pelatihan. Hasil dari sharing session dan pelatihan ini adalah Telaga Rizqy mampu memaksimalkan pemasaran dan desain usahanya melalui digitalisasi sosial media dengan menggunakan aplikasi TikTok dan Canva.

Kata Kunci: UMKM Susu Kambing Perah, Digitalisasi Marketing, TikTok, Canva, Kesadaran Merek


Keywords


UMKM Susu Kambing Perah, Digitalisasi Marketing, TikTok, Canva, Kesadaran Merek

Full Text:

PDF

References


Kostaman, T., & Sutama, I. . (2006). Korelasi Bobot Induk dengan Lama Bunting, Litter Size, dan bobot lahir Anak Kambing Peranakan Etawah. In Makalah Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.

Statistik, B. P. (2023). Populasi Kambing Menurut Provinsi (Ekor), 2021-2022. Badan Pusat Statistik.

Tambunan T. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu penting. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Sudin, S., 2019. APA ITU digital marketing: Pengertian, Teknik, Contoh, Dan job Seorang digital marketer. Sukri Sudin.

Susanto B, Hadianto A, Chariri F N, Rochman M, Syaukani M M, Daniswara A A. 2020. Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42– 47.https://doi.org/10.31603/ce.4244

Wardhana A. 2015. Strategi digital marketing dan implikasinya pada keunggulan bersaing UMK di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV. April 2015:327–337

Kotler, Philip, dan Keller KL. 2017. Manajemen Pemasaran. Ed ke-1. Jakarta:Erlangga.

Shimp TA, Andrews JC. 2013. Advertising, Promotion, And Other Aspects Of Integrated Marketing Communications. Ed ke-9. South Western: Chengage Learning. [diakses 2021 Juni 20]. www.cengage.com/highered.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i1.4019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats