Optimalisasi Whatsapp Business untuk Meningkatkan Penjualan Mitra Samira Travel

Moh. Chairil Asmawan, Suranto Suranto, Rochman Hadi Mustofa, Habil Azhar Hendrawan, Kartika Thoyibbah

Abstract


One of the problems faced by Samira Travel's partners is marketing and skills in utilizing technology, especially WhatsApp business. This social media is very popular in Indonesian society, but not all Indonesian people, especially Samira Travel partners, know this application. For this reason, there needs to be a training activity so that Samira Travel partners can take full advantage of this application. This activity was carried out using the Training of Trainner (TOT) method which was carried out for approximately 6 hours which was divided into 2 sessions, lecture sessions and hands-on practice. The activity was held at the Samira Travel Soloraya branch office which was attended by the head of the Samira Travel Soloraya branch and 30 partners of Samira Travel. The purpose of this training activity is that Samira Travel's partners can implement strategies to take advantage of digital marketing through the WhatsApp business. The results of this training activity showed that 97% of those present already had a WhatsApp business account and 3% did not have a WhatsApp business account because cellphones were not supported. Samira Travel partners have proven to understand the use or management of whatsapp business as a sales medium. In addition, Samira Travel's partners feel that there is an increase in their skills on how to optimize various features in WhatsApp business. Suggestions from training activities are the need for follow-up activities with different materials, namely how to create promotional content


Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mitra Samira Travel adalah pemasaran atau marketing dan ketrampilan dalam memanfaatkan teknologi khususnya whatssapp business. Sosial media ini sangat popular di masyarakat Indonesia, namun tidak semua maysrakat Indonesia khususnya mitra Samira Travel mengetahui aplikasi ini. Untuk itu, perlu ada suatu kegiatan pelatihan agar mitra Samira Travel dapat memanfaatkan apliaksi ini secara maksimal. Kegiatan ini dilaksanakan dengan Metode Training of Trainner (TOT) yang dilaksanakankurang lebih selama 6 jam yang dibagi menjadi 2 sesi, sesi ceramah dan praktik secara langsung. Kegiatan dilaksakan di kantor cabang Samira Travel Soloraya yang dihadiri oleh kepala cabang Samira Travel Soloraya dan mitra Samira Travel yang berjumlah 30 mitra. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah mitra Samira Travel dapat menerapkan strategi untuk memanfaatkan digital marketing melalui whtassapp business. Hasil dari kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa 99% yang hadir telah memiliki akun whatssapp business dan 1% belum memiliki akun whatsssapp business dikarenakan handphone tidak support. Mitra Samira Travel terbukti sudah memahami dalam penggunaan ataupun pengelolaan whatsapp business sebagai media penjualan. Selain itu, mitra Samira Travel merasakan adanya peningkatan ketrampilan tentang cara mengoptimalkan berbagai fitur yang ada di whatssapp business. Saran dari kegiatan pelatihan adalah perlunya kegiatan tindak lanjut dengan materi yang berbeda yaitu bagaimana cara membuat konten promosi


Keywords


Whatsapp business, mitra Samira Travel, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i1.1559

Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 8(2), 246–270. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/Eksyar

Cant, M. C., & Wiid, J. A. (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: A South African perspective. Problems and Perspectives in Management, 14(1), 64–70. https://doi.org/10.21511/ppm.14(1).2016.07

Farhati, A., & Hendriyani, C. (2021). Peran Sosial Media Whatsapp Business Dalam Melayani Reservasi Pelanggan dan Meningkatkan Strategi Promosi oleh Kaum Milenial di Jungle Milk Lembang. November.

Hartarto, A. (2018). Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Menjadi Negara Maju. Jumat, 23 Nopember 2018. https://www.kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-butuh-4-juta-wirausaha-baru-untuk-menjadi-negara-maju

Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 5(2), 193. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171

Hermawan, D. (2018). Content Creator dalam Kacamata Industri Kreatif: Peran Personal Branding dalam Media Sosial. E-Jurnal Universitas Katolik Parahyangan, 1, 1–12. https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/7824/maklhsc472_Daniel_Content creator-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Kurniawan, Aries, M. A. (2018). Small and Medium Enterprises (SMES) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 1(2).

Kusnaeni, A. (2020). Pelatihan Bisnis Fashion Melalui Whatsapp Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Bagi Umkm Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 42. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3694

Paranoan, N., & Palalangan, C. A. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Produk Kuliner Di Makassar. Accounting Profession Journal, 4(1), 61–77. https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.33

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core. Cakrawala, 10(2), 107–122.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., Fahmi Johan Syah, M., Jatmika, S., Nur Wahyudi, T., Chairil Asmawan, M., Annang Setiyawan, Y., & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 123–136. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Syarif, Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56

UKM, K. K. dan. (2022). Fitur dan Cara Menggunakan WhatsApp Business untuk Meningkatkan Penjualan. https://smesta.kemenkopukm.go.id/fitur-dan-cara-menggunakan-whatsapp-business-untuk-meningkatkan-penjualan/

Vika Azkiya Dihni. (2022). 10 Negara dengan Jumlah Unduhan WhatsApp Bisnis Terbanyak, Ada Indonesia? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/23/10-negara-dengan-jumlah-unduhan-whatsapp-bisnis-terbanyak-ada-indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.3058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats