Inovasi Taman Baca Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Desa Kedungmalang

Authors

  • Nur Afif Wahyudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Nanda Eka Saputra Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Nihlatun Niswah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Afinda Dwi Apriliani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Mohammad Irbabul Lubab Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Widi Sis Ardianto Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Muthya Octarisa Nur Andini Universitas islam nahdatul ulama Jepara, Indonesia
  • Rosyadiyyah Fitri Universitas Islam Nahdarul Ulama Jepara, Indonesia
  • Alif Fataya Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Siti Aminah Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara, Indonesia
  • May Maulidia Hana Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3672

Keywords:

Pemberdayaan, Taman Baca, STEAM, Smart Village

Abstract

ABSTRACT

This service activity aims to increase the literacy of the Kedungmalang Village community through STEAM-based reading park innovation. Partners for this PKM activity are Karang Taruna and IPNU IPPNU Kedungmalang Village. This PKM implementation method includes several stages, namely: socialization stage, training stage, mentoring stage, and evaluation (sustainability) stage. The results of this community partnership empowerment activity show that partners understand the implementation of the STEAM-based reading park program. At the socialization stage, partners actively express opinions and share related to literacy and STEAM. At the education and training stage, partners are given insight into how to implement a STEAM-based reading garden program. Next, the partner assistance stage was carried out in the form of practice in creating a reading garden with the STEAM concept. The evaluation stage is carried out by distributing questionnaires using Google Form to see the success of partners. This PKM provides benefits for partners in increasing the numeracy literacy of the Kedungmalang Village community.

Keywords: Empowerment; Reading Park; STEAM; Smart Village.

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat Desa Kedungmalang melalui inovasi taman baca berbasis STEAM. Mitra kegiatan PKM ini adalah Karang Taruna dan IPNU IPPNU Desa Kedungmalang. Metode pelaksanakan PKM ini meliputi beberapa tahap yaitu: tahap sosialisasi, tahap pelatihan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi (keberlanjutan). Hasil kegiatan pemberdayaan kemitraan masyarakat ini menunjukkan bahwa mitra memahami implementasi program taman baca berbasis STEAM. Pada tahap sosialisasi mitra aktif berpendapat dan sharing terkait  literasi dan STEAM. Pada tahap edukasi dan pelatihan mitra diberikan wawasan tentang cara mengimplementasikan program taman baca berbasis STEAM. Selanjutnya dilakukan tahap pendampingan mitra berupa praktik membuat taman baca dengan konsep STEAM. Tahap evaluasi dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form guna melihat keberhasilan mitra. PKM ini memberikan manfaat bagi mitra dalam meningkatkan literasi numerasi masyarakat Desa Kedungmalang

 

Kata Kunci: Pemberdayaan; Taman Baca; STEAM; Smart Village.

References

Cresswell, J. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, (4th ed). Belmont, CA: SAGE Publications, Inc.

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKI UIR. Jurnal Basicedu, 4(1).

Firdaus, W., Jamila, W. B., Maulidiyah, A., & Nuha, N. U. (2022). Meningkatkan minat baca pada anak usia sekolah melalui gerakan literasi rumah baca di dusun sentono. Development: Journal of Community Engangement, 1, 13–26

Gujimar, D. (2016). Penulisan karya ilmiah. Jurnal Asosiasi Penulis, 7(3), 61-74.

Ginting, Eva Susanti. 2020. Penguatan Literasi Di Era Digital. Digital Repository Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41217.

Irianto, P.O dan Febrianti,L.Y.2017.Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA dalam Seminar Internasional The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.

Kachru, Z. (2008). Norma, model dan identitas.

Jurnal Elektronik, 20 (10). Diakses 22 Maret 2008 dari http://jalt- publications. org/tlt/files/96/oct/index.ht ml.

Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.2021.Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. https://ditpsd.kemdikbud.go.id

Muhammad akmal. 2022. Kurangnya Literasi di Indonesia. https://kumparan.com/muhammad-akmal-1671002666930664381/kurangnya-literasi-di-indonesia-1zRD3UhcGVe.

Soetarjo. (2014). Penulisan artikel ilmiah. Dalam Sardi, B. dan Warsidi, Z. (Editor). Menulis artikel untuk jurnal pengabdian kepada masyarakat. Semarang: Cemerlang Press.

Utami, IS, dkk .2017. Pengembangan STEAM-A (Science,Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Local dalam Pembelajaran Fisika.Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.Vol. 6 no 1 https://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/1778/1732.

Wahab, A. & Lies, A. (1999). Menulis karya ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Wahyudin, N. A., Saputra, N. E., Niswah, N., Apriliani, A. D., Lubab, M. I., Ardianto, W. S., … Hana, M. M. (2023). Inovasi Taman Baca Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Desa Kedungmalang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(2), 191–198. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3672

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.