Efektivitas Model Discovery Learning berbantuan Media Website Interaktif terhadap Keterampilan Menulis Teks Sederhana Berisi Ungkapan Saran, Masukan, dan Penyelesaian Masalah
DOI:
https://doi.org/10.30734/jr.v4i2.5235Keywords:
discovery learning, teks sederhana, website interaktifAbstract
abstrak—Kecakapan menulis teks sederhana masih menjadi hambatan bagi siswa madrasah ibtidaiyah, khususnya ketika mereka harus merumuskan saran, masukan, serta solusi suatu persoalan. Kesulitan ini dipicu oleh kegiatan belajar yang kurang bervariasi dan terbatasnya media pendukung kemandirian belajar. Penelitian ini berfokus pada efektivitas model Discovery Learning berbasis website interaktif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III. Menggunakan desain quasi-eksperimental one-group pretest–posttest, penelitian melibatkan 25 siswa. Data diperoleh melalui tes menulis yang menilai ketepatan isi, struktur, kebahasaan, ejaan, dan kreativitas. Hasilnya menunjukkan peningkatan nyata dari nilai rata-rata 66,72 menjadi 86,4. Nilai N-Gain 0,58 berada pada kategori sedang, sementara uji t menghasilkan thitung 19,093 > ttabel 2,063. Temuan ini menegaskan bahwa Discovery Learning berbantuan website interaktif efektif memperbaiki kemampuan menulis siswa.
Kata kunci—discovery learning, teks sederhana, website interaktif
Abstract—The ability to write simple texts remains a challenge for madrasah ibtidaiyah students, especially when they have to formulate suggestions, input, and solutions to a problem. This difficulty is triggered by learning activities that lack variety and limited media to support independent learning. This study focuses on the effectiveness of the Discovery Learning model based on interactive websites in improving the writing skills of third-grade students. Using a one-group quasi-experimental pretest–posttest design, the study involved 25 students. Data were obtained through writing tests that assessed content accuracy, structure, language, spelling, and creativity. The results showed a significant increase from an average score of 66.72 to 86.4. The N-Gain score of 0.58 was in the moderate category, while the t-test produced a t-count of 19.093 > t-table 2.063. These findings confirm that interactive website-assisted Discovery Learning is effective in improving students' writing skills.
Keywords— discovery learning, simple texts, interactive websites
References
Abid, H. A. (2023). Imla’Aplikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas 10 Madrasah Aliyah Darul Faizin. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, Jombang. 8(2), 69-81. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i2.4963
Alamsyah, N., & Yusuf, D. U. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri Kota Makassar. Education and Information Technologies, 1(1), 22-28. https://jurnal.aaapublisher.com/index.php/EIT/article/view/68.
Alfianto, D. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita. Journal of Education Action Research, 5(1), 33-39. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.30338.
Angeling, A., Mahadiva, T., Ghinarahima, C. N., Azzura, C. D., Idulfilastri, R. M., & Marella, B. (2024). Flashcard: Pengenalan Jenis Dan Regulasi Emosi Pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14795-14810. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12300
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan media pembelajaran era digital. Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arrasyid, I. A., Hikmah, A. N., Elsa, E., Dalimunthe, R. M., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan Sumber Belajar Digitalisasi Bagi Kemandirian Siswa Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 6(2), 184-195. https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14010.
Ayunda, V., Jannah, A. M., & Gusmaneli, G. (2024). Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Pendidikan Dasar. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 259-273. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.139.
Bustam, B. M. R., Astari, R., Yulianto, N., Aisyah, U. N., & Ali, N. S. (2024). Inovasi media pembelajaran bahasa Arab berbasis pemanfaatan teknologi. Yogyakarta. UAD PRESS.
Darwin, D. (2025). Efektivitas Micro Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Era Digital. Surabaya: PT. Nawala Gama Education.
Ekosantoso, F., Cholik, M., Soeryanto, S., & Arizal, H. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 10(2), 1565-1572. https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.7615.
Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social Media Marketing Trends. Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fauziah, L. A. N., Tuni'mah, N. K., Amalia, R. L., Orchidea, H. A., Habibah, K. M., & Yulia, N. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi dan Kolaborasi Nusantara, 6(2). https://ejurnals.com/ojs/index.php/jikn/article/view/2479.
Fithriyah, N. N., & Isma, U. (2024). Analisis keterampilan berfikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Sidoarjo. 2(2), 225-235. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1321
Hakim, L. (2023). Ragam Media Pembelajaran Sejarah, Interaktif dan Menyenangkan. Bogor. Guepedia.
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 1-15. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15m
Hasanudin, C. (2025). Revolusi Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Mendorong Pembelajaran berbasis Teknologi. Seval Literindo Kreasi.
Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi pembelajaran: Menggali potensi belajar melalui model, pendekatan, dan metode yang efektif. Yogyakarta: Ananta Vidya.
Karyati, A. (2023). Efektivitas penggunaan website pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1665-1674. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1665-1674.2023.
Manapa, G. E. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IX. A SMPN 4 SUNGGUMINASA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 345-353. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4281
Martir, L., Sayangan, Y. V., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757-766. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1829
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188.
Maulidina, N., Imamah, T. A., & Dewi, I. Y. M. (2025). Strategi guru melalui penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas 4 SDN Bangselok 1. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(2), 217-230. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.4287.
Nurjihan, D. S., & Bunawan, W. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(3), 1120-1127. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i3.3133
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model pembelajaran kooperatif dengan strategi Team Games Tournament (Tgt) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan romawi bagi siswa tunarungu kelas IV Sdlb (penelitian eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design di SLB B Sukapura Kota Bandung). Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 19(1), 40-51. https://doi.org/10.17509/jassi.v19i1.22711
Pradana, S., Septiyani, E. R., Safitri, B., & Rohmawati, N. (2024). Strategi Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Sekolah Dasar dalam Perspektif Pendidikan Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah: Kajian Pustaka. ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus, 2(1), 28-32. http://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/138
Raissa, K. P., Armanusya, E. A., Rahmawati, L. E., Arifin, Z., & Wahid, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi malalui Model Discovery Learning pada Siswa SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19428.
Rostinah, R. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Informasi Dan Teks. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 6(2), 157-165. Enrekang: Universitas Muhammadiyah Enrekang. https://doi.org/10.33627/pk.62.1279.
Samaloisa, H. A. S., & Bilo, D. T. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Kristen: Mengintegrasikan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 3(1), 80-98. https://doi.org/10.55606/lumen.v3i1.317.
Sapitri, S., & Suriani, A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 282-292. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1844.
Sekarsari, F. D. F. P., & Wicaksono, A. G. (2023). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 213-225. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.648.
Selfiana, D., Najah, S., Wulandari, S., & Rif'iyati, D. (2025). Efektivitas Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 268-277. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.502.
Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web" quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 50-55. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.49324.
Susanti, D. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Jurnal Dedikasi Pengabdian Pendidikan, 1(1), 35-41. https://doi.org/10.64008/f027xc28
Wulandari, A. B., Kusmiarti, R., & Asmara, A. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Model Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 417-430. https://doi.org/10.58230/27454312.1971
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with the Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran) agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)