Efektivitas Model Discovery Learning berbantuan Media Website Interaktif terhadap Keterampilan Menulis Teks Sederhana Berisi Ungkapan Saran, Masukan, dan Penyelesaian Masalah

Authors

  • Tri Inayah Maula IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/jr.v4i2.5235

Keywords:

discovery learning, teks sederhana, website interaktif

Abstract

abstrak—Kecakapan menulis teks sederhana masih menjadi hambatan bagi siswa madrasah ibtidaiyah, khususnya ketika mereka harus merumuskan saran, masukan, serta solusi suatu persoalan. Kesulitan ini dipicu oleh kegiatan belajar yang kurang bervariasi dan terbatasnya media pendukung kemandirian belajar. Penelitian ini berfokus pada efektivitas model Discovery Learning berbasis website interaktif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III. Menggunakan desain quasi-eksperimental one-group pretest–posttest, penelitian melibatkan 25 siswa. Data diperoleh melalui tes menulis yang menilai ketepatan isi, struktur, kebahasaan, ejaan, dan kreativitas. Hasilnya menunjukkan peningkatan nyata dari nilai rata-rata 66,72 menjadi 86,4. Nilai N-Gain 0,58 berada pada kategori sedang, sementara uji t menghasilkan thitung 19,093 > ttabel 2,063. Temuan ini menegaskan bahwa Discovery Learning berbantuan website interaktif efektif memperbaiki kemampuan menulis siswa.

Kata kunci—discovery learning, teks sederhana, website interaktif

 

 

Abstract—The ability to write simple texts remains a challenge for madrasah ibtidaiyah students, especially when they have to formulate suggestions, input, and solutions to a problem. This difficulty is triggered by learning activities that lack variety and limited media to support independent learning. This study focuses on the effectiveness of the Discovery Learning model based on interactive websites in improving the writing skills of third-grade students. Using a one-group quasi-experimental pretest–posttest design, the study involved 25 students. Data were obtained through writing tests that assessed content accuracy, structure, language, spelling, and creativity. The results showed a significant increase from an average score of 66.72 to 86.4. The N-Gain score of 0.58 was in the moderate category, while the t-test produced a t-count of 19.093 > t-table 2.063. These findings confirm that interactive website-assisted Discovery Learning is effective in improving students' writing skills.

Keywords— discovery learning, simple texts, interactive websites

References

Abid, H. A. (2023). Imla’Aplikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas 10 Madrasah Aliyah Darul Faizin. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, Jombang. 8(2), 69-81. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i2.4963

Alamsyah, N., & Yusuf, D. U. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri Kota Makassar. Education and Information Technologies, 1(1), 22-28. https://jurnal.aaapublisher.com/index.php/EIT/article/view/68.

Alfianto, D. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita. Journal of Education Action Research, 5(1), 33-39. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.30338.

Angeling, A., Mahadiva, T., Ghinarahima, C. N., Azzura, C. D., Idulfilastri, R. M., & Marella, B. (2024). Flashcard: Pengenalan Jenis Dan Regulasi Emosi Pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14795-14810. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12300

Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan media pembelajaran era digital. Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arrasyid, I. A., Hikmah, A. N., Elsa, E., Dalimunthe, R. M., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan Sumber Belajar Digitalisasi Bagi Kemandirian Siswa Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 6(2), 184-195. https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14010.

Ayunda, V., Jannah, A. M., & Gusmaneli, G. (2024). Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Pendidikan Dasar. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 259-273. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.139.

Bustam, B. M. R., Astari, R., Yulianto, N., Aisyah, U. N., & Ali, N. S. (2024). Inovasi media pembelajaran bahasa Arab berbasis pemanfaatan teknologi. Yogyakarta. UAD PRESS.

Darwin, D. (2025). Efektivitas Micro Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Era Digital. Surabaya: PT. Nawala Gama Education.

Ekosantoso, F., Cholik, M., Soeryanto, S., & Arizal, H. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 10(2), 1565-1572. https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.7615.

Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social Media Marketing Trends. Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fauziah, L. A. N., Tuni'mah, N. K., Amalia, R. L., Orchidea, H. A., Habibah, K. M., & Yulia, N. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi dan Kolaborasi Nusantara, 6(2). https://ejurnals.com/ojs/index.php/jikn/article/view/2479.

Fithriyah, N. N., & Isma, U. (2024). Analisis keterampilan berfikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Sidoarjo. 2(2), 225-235. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1321

Hakim, L. (2023). Ragam Media Pembelajaran Sejarah, Interaktif dan Menyenangkan. Bogor. Guepedia.

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 1-15. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15m

Hasanudin, C. (2025). Revolusi Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Mendorong Pembelajaran berbasis Teknologi. Seval Literindo Kreasi.

Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi pembelajaran: Menggali potensi belajar melalui model, pendekatan, dan metode yang efektif. Yogyakarta: Ananta Vidya.

Karyati, A. (2023). Efektivitas penggunaan website pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1665-1674. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1665-1674.2023.

Manapa, G. E. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IX. A SMPN 4 SUNGGUMINASA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 345-353. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4281

Martir, L., Sayangan, Y. V., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757-766. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1829

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188.

Maulidina, N., Imamah, T. A., & Dewi, I. Y. M. (2025). Strategi guru melalui penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas 4 SDN Bangselok 1. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(2), 217-230. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.4287.

Nurjihan, D. S., & Bunawan, W. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(3), 1120-1127. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i3.3133

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model pembelajaran kooperatif dengan strategi Team Games Tournament (Tgt) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan romawi bagi siswa tunarungu kelas IV Sdlb (penelitian eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design di SLB B Sukapura Kota Bandung). Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 19(1), 40-51. https://doi.org/10.17509/jassi.v19i1.22711

Pradana, S., Septiyani, E. R., Safitri, B., & Rohmawati, N. (2024). Strategi Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Sekolah Dasar dalam Perspektif Pendidikan Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah: Kajian Pustaka. ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus, 2(1), 28-32. http://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/138

Raissa, K. P., Armanusya, E. A., Rahmawati, L. E., Arifin, Z., & Wahid, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi malalui Model Discovery Learning pada Siswa SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19428.

Rostinah, R. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Informasi Dan Teks. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 6(2), 157-165. Enrekang: Universitas Muhammadiyah Enrekang. https://doi.org/10.33627/pk.62.1279.

Samaloisa, H. A. S., & Bilo, D. T. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Kristen: Mengintegrasikan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 3(1), 80-98. https://doi.org/10.55606/lumen.v3i1.317.

Sapitri, S., & Suriani, A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 282-292. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1844.

Sekarsari, F. D. F. P., & Wicaksono, A. G. (2023). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 213-225. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.648.

Selfiana, D., Najah, S., Wulandari, S., & Rif'iyati, D. (2025). Efektivitas Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 268-277. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.502.

Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web" quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 50-55. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.49324.

Susanti, D. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Jurnal Dedikasi Pengabdian Pendidikan, 1(1), 35-41. https://doi.org/10.64008/f027xc28

Wulandari, A. B., Kusmiarti, R., & Asmara, A. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Model Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 417-430. https://doi.org/10.58230/27454312.1971

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

Maula, T. I., & Hasanudin, C. (2025). Efektivitas Model Discovery Learning berbantuan Media Website Interaktif terhadap Keterampilan Menulis Teks Sederhana Berisi Ungkapan Saran, Masukan, dan Penyelesaian Masalah . Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(2), 56–68. https://doi.org/10.30734/jr.v4i2.5235

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.