Information For Authors

Petunjuk Bagi (Calon) Penulis Jurnal Penelitian Edutama (JPE)

  1. Artikel yang ditulis meliputi hasil penelitian dan pengembangan di bidang ilmu-ilmu pendidikan dan kependidikan. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 11 pts dengan spasi  1,15, ukuran  kertas A4 ( margin left 3 cm dan top, right, bottom 2,5 cm) sepanjang maksimum 20 halaman. Artikel dapat di submit pada alamat http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/user/register  atau dikirim via email ke lppm@ikippgribojonegoro.ac.id  
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Sistematika artikel penelitian adalah judul; nama penulis; perguruan tinggi, email, abstrak disertai kata kunci; pendahuluan; metode penelitian; hasil dan pembahasan; kesimpulan serta referensi.
  3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 12 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan ukuran huruf 12 pts
  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau email.
  5. Abstrak dan  kata kunci  ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak 150-250 kata.
  6. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul; nama penulis (tanpa gelar akademik), abstrak (maksimum 150 kata) disertai kata kunci; pendahuluan (tanpa judul), metode, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar rujukan.
  7. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks telaah atau penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
  8. Bagian metode penelitian berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang  rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakuan oleh peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
  9. Bagian hasil dan pembahasan berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau penelitian sejenis. panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.
  10. Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
  11. Referensi memuat sumber-sumber berupa buku, artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis dan disertasi)
  12. Daftar Rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi).
  13. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

 

Buku:

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buku Kumpulan artikel:

Soelaiman, D.A.(Ed.).  2003. Warisan Budaya Melayu Aceh. Banda Aceh: Pusat Studi Melayu-Aceh (PUSMA). 

Artikel dalam jurnal:

Wiyono, M. 2009. Profesionalisme Dosen dalam Program Penjaminan Mutu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16 (1): 51-58.

Artikel dalam koran:

Catur, S. 14 Juli 2010. HKTI dalam Sandra Parpol. Jawa Pos, hlm.4.

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):

Kompas. 23 Januari 2004. Ijazah Penyetaraan Paket C Rawan Manipulasi, hlm,12.

Dokumen resmi:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Pendidkan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Karya Terjemahan:

Cochran, W. G. Tanpa Tahun. Teknik Penarikan Sampel. Terjemahan Rudiansyah. 2005. Jakarata. Universitas Indonesia Press.

Skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian:

Meter, G.I. 2003. Hubungan antara Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah dan Profesionalisme Guru dengan Motivasi Kerja Guru pada SMU Negeri di Provinsi Bali. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Makalah seminar, lokakarya, penataran:

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 agustus.

Internet (karya individual):

Noor, I.H.M. 2006. Model Pelatihan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Bahasa Inggris, (Online), (http://www.depdiknas.go.id/jurnal/30/modelpelatihangurudalam_menara.html), diakses 14 Mei 2006.

Internet (artikel dalam jurnal online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http//:www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000.

Internet (bahan diskusi):

Wilson, D. 20 Nopember 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 Nopember 1995.

  1. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari atau penyunting, Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
  2. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut

untuk lebih legkapnya panduan penulisan dan template artikel bisa download disini