Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang

. Mulyadin

Abstract


Abstrak: Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan pembelajaran tematik terpadu yang dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan dibantu menggunakan data statistitik dengan rancangan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini diambil dari hasil kuesioner dan wawancara pada responden dan observasi pelaksanaan pembelajarannya. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Guru. Berdasarkan data hasil penelitian bahwa implementasi kebijakan pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang sudah dikategorikan baik, hal ini dilihat dari aspek penguasaan, pemahaman dan kemampuan guru dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar begitupun pada proses pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah sudah berjalan maksimal sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya seperti yang ada pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.


Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tematik Terpadu dan Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alawiyah, Faridah (2014) kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI)

Bennie, K. & Newstead, K. (1999). 'Obs/acles to implementing a new curriculum."dalam M.J. Smith & A.S. Jordaan (Eds.) Proceedings of the National SubjectDidactics Symposium (pp. 1 50-157). Siellenbosch: University of Stellenbosch.

Baharudin (2014). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Analisis terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di MI se Kota Bandar Lampung).Terampil, Vol 3, Nomor 3, Desember 2014

Depdikbud, (2013), Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta

Fadlillah (2014), Implememntasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Hosnan, (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor, Ghalia Indonesia

Hajar, Ibnu (2014). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik Untuk SD/MI. Yogyakarta Diva Press.

Irianto, Y B. (2011). Kebijakan Pembaruan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Kemendikbud (2013), Panduan Teknis Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Memahami Buku Siswa dan Buku Guru. Jakarta

Kemendikbud, (2013). Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lasmawayan, I.W. (2013). Telaah Kurikulum. Singaraja: Surya grafika.

Majid, Abdul (2014), Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya

Matra, S.D., Sidqi, F dan Ulya, I. (2014).Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Tingkat Satuan Pendidikan Dasar/ Sekolah Dasar Di Kota Pekalongan. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan Tahun 2014

Mayasari L. (2014). Persepsi guru terhadap perubahan pembelajaran bahasa inggris pada kurikulum 2013 di SDN Kota Malang. Tesis: MKPP PPs Unmuh Malang.

McLaughlin, (1995). “Approaches to School Administrationâ€. John Smityh and Richard Bates,Eds., Educational Leadership in Schools. Raeder 1. Geelong, Australia: Deakin Publication.

Muzamiroh, Mida L. Kupas Tuntas Kurikulum 2013 Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013, (Kota Pena, 2013), cet. 1. hal. 112.

Miles B,Matthew dan Huberman (2007), Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press,

Mulyasa, (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung, PT. Remaja Rosda Karya

_______ (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah No. 19 dan PP No. 32 tahun 2013 “Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikanâ€

Permendikbud (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 tentang Standar Proses.

Purwanto, (2006).AdministrasiPendidikan, Jakarta: Usaha Nasional.

Rachman, Taufik (2014), Wali Kota Malang Pembatalan Kurikulum 2013 Membingungkan Pemda. Republika.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats