Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences: Studi Kasus Di Sekolah Internasional

Fibriani Endah Widyasari

Abstract


Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences: Studi Kasus di Sekolah Internasional. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penggunaan metode kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah internasional yang fokus pada strategi pembelajaran dan aktifitas belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mengungkap tentang strategi pembelajaran dan aktifitas belajar bahasa Inggris dengan menggunakan Multiple Intelligenges di sekolah internasional. Data diperoleh dengan pengamatan dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan di sekolah internasional mengacu pada pengembangan Multiple Intelligences yang didukung dengan kurikulum, materi pembelajaran, sumber daya manusia dan proses pembelajaran yang telah disesuaikan tanpa meninggalkan kurikulum Nasional dan dikombinasi dengan kurikulum internasional. Aktifitas belajar bahasa Inggris di sekolah internasional dirancang untuk mengembangkan kecerdasan majemuk siswa dan kemampuan berbahasa (berbicara, menulis, mendengar, membaca) secara bersama-sama dengan kegiatan yang sangat bervariasi, menyenangkan dan kreatif.

Key words: Strategi pembelajaran, aktifitas belajar, bahasa Inggris, Multiple Intelligences.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats