Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran 3D dengan Memanfaatkan Media Pop Up dan Aplikasi “Momentcam Kartun & Stiker” bagi Guru MTs. Bahrul Ulum Bulu Balen

Penulis

  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Fathia Rosyida IKIP PGRI Bojonegoro
  • Siti Ermawati IKIP PGRI Bojonegoro
  • Taufiq Hidayat IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.305

Kata Kunci:

media pembelajaran 3D, media aplikasi momentcam, media pop up, guru

Abstrak

ABSTRACT

The purpose of this service is so that 1) Teacher of Mts. Bahrul Ulum can operationalize the momentCam application, 2) Teacher of Mts. Bahrul Ulum can make 3D understanding media through pop ups. The method of implementation in this service is 1) Conducting pretest, 2) counseling and coaching, 3) holding postes, and organizing reflection. The service scheme starts from the pre-service, dedication and post-service steps. The results of dedication show the teachers in MTs. Bahrul Ulum can be a Momencam application and can make pop up media, this can be seen from the results of the posting In addition, teachers can create their own media and they will implement the results of this service program to students. The conclusions in this service are the teachers at Mts. Bahrul Ulum can create 3D learning media.

 Keywords: 3D learning media, momentcam application media, pop up media, teacher.

 

ABSTRAK

Tujuan pengadian ini adalah agar 1) Guru Mts. Bahrul Ulum dapat mengoprasionalkan aplikasi momentCam, 2) Guru Mts. Bahrul Ulum dapat membuat media pembelajaran 3D melalui pop up. Metode pelaksanaa pada pengabdian ini adalah 1) mengadakan pretes, 2) penyuluhan dan pembimbingan, 3) Mengadakan postes, dan mengadakan refleksi. Skema pengabdian dimulai dari langkah prapengabdian, pengabdian, dan pascapengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan guru-guru di MTs. Bahrul Ulum bisa mengoperasikan aplikasi momentcam dan dapat membuat media pop up, hal ini dapat dilihat dari hasil postes. Selain itu guru dapat menciptakan media sendiri dan mereka berkomitmen untuk menerapkan hasil program pengabdikan ini kepada peserta didik. Simpulan dalam pengabdian ini adalah guru-guru di Mts. Bahrul Ulum dapat membuat media pembelajaran 3D.

 

Kata kunci: Media pembelajaran 3D, media aplikasi momentcam, media pop up, guru.

Referensi

Dewie, R. (2015) https://www.kompasiana.com/rianadewie/552c31ae6ea83 43e128b4575/fenomena-momentcam-di-android-apa-ini

http://sahabatmembaca.org/2015/12/12/membuat-pop-up-book/

https://docs.google.com/presentation/d/19KwP9N396NirRoHy6WWImVp2pwls5-uH7ZoNb1Boz_s/edit?usp=sharing

https://www.liputan6.com/tekno/read/745237/cara-membuat-karikatur-dengan-aplikasi-momentcam#

https://www.youtube.com/watch?v=l-bh152aLPA&t=13s

Puleo, B. (2011). NEXT STOP:POP-UPS. Pennsylvania: Marywood University.

Van Dyk, S. and Hewitt, C. (2011). Paper Engineering: Fold, Pull, Pop & Turn. National Museum of American History Washington, DC: The Smithsonian Libraries Exhibition Gallery.

Diterbitkan

2018-10-31

Cara Mengutip

Hasanudin, C., Rosyida, F., Ermawati, S., & Hidayat, T. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran 3D dengan Memanfaatkan Media Pop Up dan Aplikasi “Momentcam Kartun & Stiker” bagi Guru MTs. Bahrul Ulum Bulu Balen. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 135–146. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.305

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.