Peningkatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence Tali Bambuapus Giri bagi Komunitas Belajar Guru SD Islam 01 YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Abstract
ABSTRACT
Improving digital literacy is an urgent need in the modern era, especially for educators who must be ready to face technology-based learning. This community service activity aims to improve the digital literacy of teachers at SD Islam 01 YMI Wonopringgo, Pekalongan Regency, by utilizing the Tali Bambuapus Giri Artificial Intelligence (AI) platform. This program is implemented through training, mentoring, and monitoring/evaluation. Indicators of the success of this program include improving teachers' digital literacy, drafts of AI-based teaching modules that are developed, and the level of participation in the learning community. This program is expected to improve teachers' digital skills, create more interactive learning, and build a solid and sustainable learning community. Thus, teachers will not only improve their understanding of technology, but will also be able to utilize technology to support a more effective and interesting learning process for students.
Keywords: digital literacy, AI, Bambuapus Giri
ABSTRAK
Peningkatan literasi digital adalah kebutuhan mendesak di era modern, terutama bagi pendidik yang harus siap menghadapi pembelajaran berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru SD Islam 01 YMI Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, dengan memanfaatkan platform Artificial Intelligence (AI) Tali Bambuapus Giri. Program ini dilaksanakan melalui pelatihan, pendampingan, dan monitoring/evaluasi. Indikator keberhasilan program ini meliputi peningkatan literasi digital guru, draf modul ajar berbasis AI yang dikembangkan, dan tingkat partisipasi dalam komunitas belajar. Program ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan digital guru, menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, serta membangun komunitas belajar yang solid dan berkelanjutan. Dengan demikian, guru tidak hanya akan meningkatkan pemahaman teknologi, tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.
Kata Kunci: literasi digital, AI, Bambuapus Giri
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin, Fattacul Huda et al. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital. 7(1), 168-180. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS). https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/20697.
BBPMP Jatim. (2023). Komunitas Belajar, Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka yang Kaya Manfaat. Artikel Redaksi. https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/komunitas-belajar-bentuk-implementasi-kurikulum-merdeka-yang-kaya-manfaat
Chamalah, Evi et al. (2024). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi MGMP Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah di Kabupaten Demak. J-ABDIPAMAS, 8(2): 129-138. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS/article/view/4853/pdf
Kemdikbudristek. (2022). Petunjuk Awal Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. https://bpmpgorontalo.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/03/Petunjuk-Awal-Komunitas-Belajar-dalam-Sekolah-1.pdf
Kemdikbudristek. (2024). Materi Lokakarya Komunitas Belajar 2 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kusmaryono, Imam et al. (2024). The bridging understanding of language and mathematical symbols between teachers and students: An effort to increase mathematical literacy. Infinity Journal, 17 (1): 251-270. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/4150
Mampuono. (2023). Dampak Negatif ChatGPT dan Solusinya. Artikel. BBPMP Jawa Tengah. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/dampak-negatif-chatgpt-dan-solusinya/
Marsitin, Retno et al. (2018). Pelatihan IT melalui Pembuatan E-Modul Matematika bagi Guru Matematika SMK Kabupaten Malang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, Edisi Khusus, 3, 1-6. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/2647
Muhsinah, Annisa, et al (2024). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi Karakter pada Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS, 8(1), 146-154. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS/article/view/3596
Nurhidayat, Eka et al. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Pangurangan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1): 27-31.https://ejournal.papanda.org/index.php/pjcs
Novitasari, Nine Febrie dan David Nurfiqih. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Guru MTs Nurul Huda Paowan Situbondo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 178-187. https://jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/jppm/article/view/29
PG Dikdas. (2019). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Guru melalui MGMP dan KKG. Artikel. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Peningkatan-Kompetensi-Pembelajaran-Guru-Melalui-MGMP-dan-KKG
Rahmawati, Yelni dan Henny Suharyati. (2022). Peningkatan Literasi Digital dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia, 8 (2), 977-984. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/090
Roshonah, Adiyati Fathu et al. (2021). Pelatihan Literasi Digital untuk Guru PAUD di Wilayah Sukabumi Jawa Barat. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1): 48-56. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/9041/5644
Salsabila et al. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka, 3(1):33-41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384/320
Sekretariat GTK. (2018). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/undang-undang-republik-indonesia-nomor-14-tahun-2005-tentang-guru-dan-dosen
Siraj, Siraj et al. (2022). Penguatan Keterampilan Guru Dalam Merancang E-Modul Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 6(2), 158-162. https://e-jurnal.pnl.ac.id/vokasi/article/view/3061
Suranto et al. (2023). Pengelolaan Project Based Learning (PjBL) Berbasis New Teaching Factory (TEFA) di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 286–297. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19529
Susanto, Edi dan Nur Aliyyah Irsal. (2022). Worshop Penyusunan E-Modul Matematika Interaktif Penunjang Pembelajaran Bagi Guru SMP, INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 56-62. https://doi.org/10.56855/income.v1i2.45
Usmeldi, et al. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 8(3):614-622. DOI: 10.30653/jppm.v8i3.345
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v9i1.5129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats