Pelatihan bagi Calon Guru SD Menyusun Teks Wacana Artefak bermuatan Literasi Budaya Pola Hidup Sehat

Dina Mardiana, Simpun Simpun, Hendrowanto Nibel, Orbit Thomas, Missesa Missesa, Fahrul Razzi, Iwan Fauzi

Abstract


ABSTRACT

 

The PDPPM program is one of the schemes in community service activities at the Faculty of Teacher Training and Education, the University of Palangka Raya (FKIP UPR). This activity program was carried out by the lecturer team from the faculty to provide training to 36 prospective elementary school teachers in the PGSD Study Program, FKIP UPR on the utilization of local cultural artifacts as cultural literacy of healthy lifestyles in the content of Indonesian language learning materials based on text genres in elementary schools. From the results of the evaluation given to the activities and performance of partners as training participants, improvements were obtained that included: (1) knowledge and skills about healthy lifestyles applied in the results of the analysis of local cultural artifacts, (2) knowledge and skills of healthy lifestyle concepts packaged in a local cultural artifact discourse text centered on the socio-cultural background of students in the class they teach, (3) knowledge and skills in using participatory learning methods by emphasizing independent learning through providing concrete examples of the content of artifact discourse material as cultural literacy of healthy lifestyles, and (4) knowledge and skills in using local sources as material for artifact discourse material based on text genres written to suit the characteristics of the artifacts used. This is indicated by the average class score obtained from the evaluation results of training participants, namely 87.5 with 100% completion and categorized as very good.

Keywords:    artifact discourse, cultural literacy, healthy lifestyle, language learning, elementary school

 

ABSTRAK

 

Program PDPPM merupakan salah satu skim dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya (FKIP UPR). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Dosen dari FKIP UPR guna memberikan pelatihan kepada 36 orang calon guru SD di Prodi PGSD FKIP UPR tentang pemanfataan artefak budaya lokal sebagai literasi budaya pola hidup sehat dalam muatan materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis genre teks di sekolah dasar. Dari hasil evaluasi yang diberikan terhadap aktivitas dan kinerja mitra sebagai peserta pelatihan diperoleh peningkatan yang mencakupi: (1) pengetahuan dan keterampilan tentang pola hidup sehat yang diaplikasikan dalam hasil analisis artefak budaya lokal, (2) pengetahuan dan keterampilan konsep pola hidup sehat yang dikemas dalam sebuah teks wacana artefak budaya lokal yang berpusat pada latar belakang sosial budaya peserta didik di kelas yang diampunya, (3) pengetahuan dan keterampilan menggunakan metode pembelajaran yang partisipatif dengan menggunakan penekanan pada belajar mandiri melalui pemberian contoh yang kongret dari muatan materi wacana artefak sebagai literasi budaya pola hidup sehat, dan (4) pengetahuan dan keterampilan tentang penggunaan sumber lokal sebagai bahan materi wacana artefak berbasis genre teks yang ditulis menyesuaikan dengan karakteristik artefak yang digunakan. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas dari hasil evaluasi terhadap peserta pelatihan, yaitu 87,5 dengan 100% tuntas dan berkategori sangat baik.

Kata Kunci: wacana artefak, literasi budaya, pola hidup sehat, pembelajaran bahasa, sekolah dasar


Keywords


artifact discourse; cultural literacy; healthy lifestyle; language learning; elementary school

Full Text:

PDF

References


Brown, H.D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Education, Inc. https://gustavorubinoernesto.com/wp-content/uploads/2020/06/H-Douglas-Brown-Principles-of-Language-Learning-and-Teaching.pdf

Fauzi, I., & Mardiana, D. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bentuk PTK bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. J-ABDIPAMAS (JurnalPengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 37-48. http://dx.doi.org/10.30734/jabdipamas.v5i1.1526

Helaluddin. (2018). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. ESTETIK, 1(2), 111-116. https://doi.org/10.29240/estetik.v1i2.582

Hermayati, N. R., Susilawati, & Samsudin, U. (2020). Pelaksanaan gerakan literasi sekolah berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter peserta didik. Jurnal PGSD, 6(1), 7-16. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1150

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Widuro, A., & Al-Ghan, M.J. (2022). The Application of Local Wisdom based Early Reading: Elementary School Teachers' Responses in East Java. Journal of Optoelectronics Laser, 41(8), 842-850. https://10050086.2022.08.99

Mardiana, D., Sapriline, Kuswari, Simpun, dan Afif, C. (2021). Pelatihan ImplementasiPendidikan Literasi Humanis dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. JurnalAbdipamas IKIP PGRI Bojonegoro, 5(2), 15-28. http://dx.doi.org/10.30734/jabdipamas.v5i2.2147

Mardiana, D., Sapriline, Kuswari, Simpun & Afif, C. (2021). Keefektivan Pendekatan Direct Instruction dalam Pelatihan Implementasi Pendidikan Literasi Humanis Bagi Guru Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 13(2), 153–162. https://10.37304/jpips.v15i1.9471

Mardiana, D., Sapriline, & Simpun. (2022). Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Berbasis Genre dan Clil Bermuatan Wacana Artefak Bagi Guru Kelas di SDN-2 Panarung, Palangka Raya. Pengabdian Kampus: Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 47–54. https://doi.org/10.52850/jpmupr.v9i2.7031

Mardiana, D., Wagiran, & Subyantoro. (2023). Evaluasi Model Countenance Stake Dalam Program Pelatihan Bagi Guru SD Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa: The Evaluation of Stake Countenance Model in a Training Program for Primary School Teachers by Applying Language Teaching Method. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah: Edumedia, 1(2), 13–27. https://doi.org/10.69743/edumedia.v1i2.17

Mardiana, D., & Fauzi, I. (2024). Makna Kultutal Benda-Benda Bersejarah Peninggalan Kesultanan Kutaringin Sebagai Wacana Artefak dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia. Retrieved from https://publisher.yayasandpi.or.id/index.php/dpipress/article/view/1584

Nugrahani, F., Imron, A., & Widayatic, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Karakter. Widyaparwa, 48(1), 50-64. https://doi.org/10.26499/wdprw.v48i1.438

Nibel, H., Mardiana, D., & Missesa. (2024). Exploration Of The Concept Of Literacy Education In Out-Of-School Education. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 13(1), 397-409. https://doi.org/10.22202/mamangan.v13i1.7754.g3536

Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional GLN. https://www.researchgate.net/publication/318760691_MENGGAGAS_KAJIAN_KEARIFAN_BUDAYA_LOKAL_DI_SEKOLAH_DASAR_MELALUI_GERAKAN_LITERASI_SEKOLAH

Pratiwi, A., Komaril, E.N., dan Asyarotin. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. 7(1), 65-8. http://dx.doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Simpun, Mardiana, D., and Sapriline. 2023. Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Teks Bermuatan Pendidikan Literasi Humanis. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 15(1), 50-58. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS

Syafdaningsih and Pratiwi, W. 2022. Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199-4209. https://10.31004/obsesi.v6i5.2336

Tim Penyusun GLN. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Penyusun PGLN. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170

Zamzami, N.D, Nurhayati, N., Safiyulloh, M.W., and Sallimi, M. 2017. “Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal”. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11187




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v9i1.5110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats