Pelayanan Administrasi Digital untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan Administrasi di Desa Kalisidi

Authors

  • Rini Muzayanah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhammad Syauqi Al-Haqqi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Apri Dwi Lestari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhammad Daffa Izzuddin Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Yuliana Putri Setyowati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Fidya Nur Styaningsih Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nur Afan Syarifudin Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ahmad Raihan Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wiyan Herra Herviana Universitas Negeri Semarang
  • Adam Satrio Kanza Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhammad Iqhbal Abdillah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rafael Vito Adrian Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Gading Nur Salmi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Cecep Bagus Surya Karta Atmaja Universitas Negeri Semarang
  • Budi Prasetio Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2826

Keywords:

Digitalisasi, Administration, Desa, Pelatihan

Abstract

ABSTRACT

Village is the smallest element in the goverment administration which has an obligation to realize the welfare of the village community. To create the welfare of the community, administrative services must be carried out effectively by implementing digitalization. This activity will identify training activities on digitizing administrative services carried out in Kalisidi Village and analyze the extent of the influence of digitalization on improving village government performance. The methods that the researcher uses in writing this article include Forum Group Discussion (FGD), demonstration, and evaluation. The surveys carried out included an analysis of service needs in Kalisidi village, demonstration of the use of services, and observation of satisfaction with the service system of Kalisidi Village that had been developed. The results of the training activities carried out can be seen from the understanding of the skateholder of Kalisidi village in using the Kalisidi village information management service system. The existence of training on digitizing administrative services should maximize the use of digital service information systems so that the performance of the Kalisidi village government increases..

 

Kata Kunci: Digitalization; Administration; Village;Training.

 

 

 

ABSTRAK

Desa merupakan unsur terkecil dalam tata kelola pemerintahan yang memiliki kewajiban untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat desa. Untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, tata kelola pelayanan administrasi harus dilakukan secara efektif dengan mengimplementasikan Digitalisasi. Kegiatan ini akan mengidentifikasi kegiatan pelatihan digitalisasi pelayanan administrasi yang dilaksanakan di Desa Kalisidi untuk mengetahui sejauh mana pengaruh digitalisasi terhadap peningkatan kinerja pemerintahan desa dalam kegiatan pelayanan administrasi. Metode yang peneliti gunakan dalam penulisan artikel ini antara lain Forum Group Discussion (FGD), demonstrasi, dan evaluasi. Survei yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan layanan di desa Kalisidi, demonstrasi penggunaan layanan, dan observasi kepuasan terhadap sistem pelayanan Desa Kalisidi yang telah dikembangkan. Hasil dari kegiatan pelatihan yang dilakukan dapat dilihat dari pemahaman perangkat desa Kalisidi dalam menggunakan sistem layanan manajemen informasi desa kalisidi. Adanya pelatihan digitalisasi pelayanan administrasi hendaknya memaksimalkan penggunaan sistem informasi pelayanan digital agar kinerja pemerintah desa Kalisidi meningkat.

 

Kata Kunci: Digitalisasi; Administration; Desa; Pelatihan.

References

Agustin, W., Rio, U., Muzawi, R., Nasution, T., & Haryono, D. (2021). Penguatan Pengelolaan Website Desa Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi Kependudukan di Desa Pasir Baru Rokan Hulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 8–17. Retrieved October 8, 2022, from http://abdiformatika.org/index.php/home/article/view/132

Anita, & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus terhadap GuruSekolah Dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1–12. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Retrieved September 25, 2022, from https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/2509/570

Fattah, F., & Azis, H. (2020). Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 15–20. Retrieved October 5, 2022, from https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/article/view/771/0

Hajar, S., Ali, K., & Saputra, A. (2022). Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa di Desa Pematang Johar. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 6(1), 136–142. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/muqoddimah

Mansur. (2017). Implementasi Sistem Layanan Informasi Profil Desa Melalui Media Online Untuk Meningkatkan Tranparansi Informasi Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 3(1), 22–27. Retrieved October 6, 2022, from http://ejournal.fikom-unasman.ac.id

Martadala, D. A., Neneng, Susanto, E. R., & Ahmad, I. (2021). Model Desa Cerdas Dalam Pelayanan Administrasi (Studi Kasus : Desa Kotabaru Barat Kecamatan Martapura Kabupaten Oku Timur). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 40–51. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Mayowan, Y. (2019). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa (Studi Kasus di Kabupaten Lamongan). Retrieved September 25, 2022, from https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/554

Praseptiawan, M., Nugroho, E. D., & Iqbal, A. (2022). Pelatihan Sistem Informasi Desa untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Perangkat Desa Taman Sari. Retrieved October 7, 2022, from https://journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/1206

Purba, H. S., Sukmawati, A., Adini, M. H., & Sari, D. P. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Lingkungan Pemerintahan Desa di Kecamatan Sungai Pandan (Vol. 7). Retrieved September 26, 2022, from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bisnispembangunan/article/view/4743

Ramadhaniati, N. S. (2022). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Digitalisasi Desa Mojomalang (Studi Kasus : Layanan Mandiri). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5673–5678. Retrieved October 5, 2022, from https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1942

Riyanto, S., & Kurniawati, I. I. (2018). Rancang Bangun Website Desa Kresek-Madiun Untuk Media Informasi Potensi Wisata Alam dan Kuliner. Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima) (Vol. 1). Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php?journal=JUSIKOM

Wahyuni, H. C., Astuti, M., & Astuti, M. (2018). Sistem Informasi Berbasis Android untuk RW 5 Desa Gelam, Candi, Kabupaten Sidoarjo. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 83.

Wijayanti, D. T., Witjaksono, A. D., Juniarti, R. P., Kusumaningrum, T. M., & Ridlwan, A. A. (n.d.). Peningkatan Daya Dukung Pemerintahan Desa Melalui Manajemen Sistem Informasi Desa Berbasis Website. Retrieved November 8, 2022, from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS/article/view/159

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Muzayanah, R., Al-Haqqi, M. S., Lestari, A. D., Izzuddin, M. D., Setyowati, Y. P., Styaningsih, F. N., … Prasetio, B. (2023). Pelayanan Administrasi Digital untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan Administrasi di Desa Kalisidi. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2826

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.