Pelatihan Implementasi Pendidikan Literasi Humanis dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Dina Mardiana Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Sapriline Sapriline Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Kuswari Kuswari Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Simpun Simpun Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Chairul Afif Universitas Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2147

Keywords:

pendidikan, literasi humanis, tematik terpadu, sekolah dasar

Abstract

ABSTRACT

 

The Lecturer Program for Assisting Community Empowerment (PDPPM) is one of the schemes in the community service activity at the Faculty of Teacher Training and Education, the University of Palangka Raya (FKIP UPR). This activity program was carried out by the lecturer team from the faculty to provide training to ten class-teachers at SD Muhammadiyah Pahandut and SDN-5 Panarung Palangkaraya through the implementation of humanist literacy education in the integrated thematic learning at both elementary schools. The purpose of this PDPPM program is to help fulfill the pedagogical and professional competencies of those class-teachers in applying learning in the digital era of the 21st century and in the disruption era through humanist literacy knowledge into learning activities at the elementary school. From the results of the evaluation given at the end of the activity regarding teachersperformance before being given the training, an average score of 61 was obtained. Then, there was an increase after being given the training, where an average score reached 78.1. Thus, the results of this training activity can improve teachers’ competence in mastering basic concepts and theories about humanist literacy education.

 

Keywords: education, humanist literacy, integrated thematic, primary  school

 

ABSTRAK

 

Program Dosen Pendamping Pemberdayaan Masyarakat (PDPPM) merupakan salah satu skim dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya (FKIP UPR). Kegiatan PDPPM ini dilaksanakan oleh Tim Dosen dari FKIP UPR guna memberikan pelatihan kepada sepuluh orang Guru Kelas di SD Muhammadiyah Pahandut dan SDN-5 Panarung Kota Palangkaraya tentang implementasi pendidikan literasi humanis dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Tujuan kegiatan PDPPM ini untuk membantu memenuhi kompetensi pedagogik dan profesional para Guru Kelas dalam mengaplikasikan pembelajaran era digital abad-21 dan era disrupsi tentang pengetahuan literasi humanis ke dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Dari hasil evaluasi yang diberikan terhadap aktivitas dan kinerja guru sebelum diberikan pelatihan dalam kegiatan PDPPM hanya memperoleh nilai rata-rata 61, dan mengalami peningkatan setelah diberikan pelatihan dalam kegiatan PDPMM, yakni rata-rata 78,1. Dengan demikian, hasil kegiatan PDPPM ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai konsep dasar dan teori tentang pendidikan literasi humanis.

 

Kata kunci: pendidikan, literasi humanis, tematik terpadu, sekolah dasar

Author Biographies

Dina Mardiana, Universitas Palangka Raya

Dosen FKIP Universitas Palangka Raya

Magister Pendidikan Bahasa di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Mahasiswa Prodi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Sapriline Sapriline, Universitas Palangka Raya

Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas Palangka Raya

Kuswari Kuswari, Universitas Palangka Raya

Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas Palangka Raya

Simpun Simpun, Universitas Palangka Raya

Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas Palangka Raya

Chairul Afif, Universitas Palangka Raya

Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Universitas Palangka Raya

References

Dikti. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007: Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.

Fauzi, I dan Mardiana, D. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bentuk PTK bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 37-48. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1526

Helaluddin. (2018). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. ESTETIK, 1(2), 111-116.

Kuswari, Mardiana, D., Simpun, dan Sapriline. (2021). Keefektifan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa di SD. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 39-48. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1735

Mardiana, D., Supryanto, T, RM., dan Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal PGSD. 6(2), 1-18. DOI : https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519

Mairing, dkk, (2021). Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat FKIP. Palangkaraya: FKIP UPR.

Nuryatin, A. (2021). “Kontribusi Mahasiswa untuk Keilmuwan” dalam Rokhman, F, dkk (ed.). Dialektika Filsafat Bahasa: Dari Strukturalisme ke Pascastrukturalisme. Semarang: LPPM Universitas Negeri Semarang.

Nyre, G. F., & Rose, C. (1979). CSE, MO, and AA: Three Evaluation Strategies. POD Quarterly. The Journal of The Professional and Organizational Development Network in Higher Education, Vol.1 No.4, 245-249. (Diakses 10 Mei 2021)

Oktavianti, I., Zuliana, E., dan Ratnasari, Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional GLN.

Pratiwi, A., Komaril, E.N., dan Asyarotin. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. 7(1): 65-8 doi: http://dx.doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Pratidhina, E, Herwinarso, Koswojo, J, dan Winarlim, H.S. (2019). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Sains Sekolah Dasar untuk Para Guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 139-148. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.630

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silabus Tematik Terpadu K13. (2016). pdf.Silabus Tematik Terpadu SD/MI:Edisi Revisi Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Soedjatmiko, T. (2018). Perlu Literasi Humanis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. https://www.krjogja.com/pendidikan/kampus/perlu-literasi-humanis-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia/

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun PGLN. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun MPLBT. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca-Tulis. Jakarta: Kemdikbud.

Tim UP3G. (2021). Panduan PLP dan Pendidikan Profesi Guru. Palangkaraya: FKIP Universitas Palangka Raya.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Mardiana, D., Sapriline, S., Kuswari, K., Simpun, S., & Afif, C. (2021). Pelatihan Implementasi Pendidikan Literasi Humanis dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 15–28. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2147

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.