PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 4 MAJENE

eriana eriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini dilaksankan di SMPN 4 Majene padasemester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 4 Majene, teknikpengambilan sampel penelitian ini menggunakan Sampling Purposive dimana kelas yang terpilih yaitu kelas IX.A sebagaikelas eksperimen dan kelas IX.C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi EksperimentalDesign. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya perbedaan pada keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa dimana padakelas eksperimen berada pada kategori sangat baik sedangkan kelas kontrol berada pada kategori baik. Selanjutnya hasilanalisis inferensial menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi matematika siswa padapembelajaran matematika antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yangmenggunakan model pembelajaran langsung, dengan nilai signifikansi pada kedua kelas yaitu 0,000 < 0,05. Adapun nilai N-Gain Score untuk kelas yang menggunakan model Problem Based Leraning (PBL) berada pada kategori tinggi sedangkankelas yang menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori sedang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i2.3709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp