PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GAME WORD WALL MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK

Tika Septia, Rahma Wahyu

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah melatih dan mengasah skill peserta didik dalam matematika, terutama kemampuan literasi matematika. Hal ini dikarenakan sekolah belum memiliki media pembelajaran, yang dapat digunakan oleh siswa untuk berlatih mengerjakan soal-soal, yang biasanya hanya bersumbser dari modul ajar saja. Faktor lain penyebab rendahnya kemampuan literasi peserta didik adalah karena siswa terbiasa menghafalkan rumus dan terpaku pada langkah-langkah penyelesaian soal yang diberikan oleh guru saat pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan LKPD berbasis game wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam model penelitian ADDIE, yakni analisis, desain, Pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas VIII berjumlah 20 orang, dengan teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah LKPD berbais game wordwall pada materi statistika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik yang layak dan sangat praktis untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate pada Materi Trigonometri”. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3).

Adha Yusrika Widianti, Prima Mutia Sari. (2022) “Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif Menggunakan Maze Chase WORDWALL pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD”. Research and Development Journal Of Education, 8.

Bin Muksin Basarahil, M., & Masrurotullaily. (2022). Worldwall Mathematics Learning Evaluation Tool: Evaluasi Pembelajaran Matematika Wordwall. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 54-64. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i1.96

Farida, N. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika”. Aksioma, 10–17.

Kafifah, Anisa dkk. (2018). “Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship”. Kadikma.Vol. 9. No. 3.

Kumarawati, D. H. & Erlina P. (2018). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi SPLDV Berbasis Kontekstual Berbantuan Software Geogebra Untuk Siswa Kelas VIII SMP”. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 1, No. 1.

Lathifah, Miqro Fajari;, & Hidayat, Baiq Nunung; Zulandri. (2021). “Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan”. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).

Marinda Rosita Sari, dkk;.(2022). “Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1).

Oktariyanti, Dinatia; Aren Frima ;. Riduan Febriandi. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi WordwallTema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 5(5).

Purnama, Sigit. (2016). “Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab)”. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1).

Purwanto. (2018). “Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Untuk Penelitian Ekonomi Syariah”. Magelang: STAIA Press.

Rizki, Fitri; Indra Gunawan dan Amirudin. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Menggunakan Lectora Inspire”. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 03.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). “Pemanfaatan media pembelajaran E-Learning menggunakan Whastsapp sebagai solusi ditengah penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu”. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2).

Susilo, F (2018). Landasan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stacey, K. (2016). “The PISA view of mathematical literacy in Indonesia”. Journal on Mathematics Education, 2.

Theis, R. & Romiati, E. (2017). “Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik dan Strategi Pembelajaran PQ4R Pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 11 Kota Jambi”. Jurnal Edumatica, 7(1): 38.

Wardono, dkk. (2015). “Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No. 3.

Wulandari, K. N., & Raditya, A. (2017). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Geometri Transformasi Menggunakan Geogebra:”. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v4i1.3706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

btn4d

ada777

cukongbet