PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA(LKS) MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI SISWA MA AL-KHOIRIYAH BALEN

Rahayu Wardaningsih

Abstract


Abstrak:Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi fungsi. Latar belakang penelitian ini adalah pada proses pembelajaran matematika, guru masih mengandalkan buku teks dari pada LKS, dan siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa matematika (LKS). Penelitian ini menggunakan model ADDIE: (1) tahap analisis (Analysis), (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. (Evaluasi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA AL-Khoiriyah Balen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKS telah berhasil dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE, (2) Tingkat kelayakan LKS Berbasis Masalah materi fungsi untuk siswa kelas X oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 78,89% . dengan kategori “Cukup”, oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 80,77% dengan kategori “Sangat Layak”, dan angket kepraktisan siswa diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 81,59% dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk fungsi pada siswa kelas X MA AL-Khoiriyah Balen.

 

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Problem Based Learning (PBL), Fungsi.


Full Text:

PDF

References


Fannie, R.D. & Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis POE (Predict, Observe, Exp

Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 144-151.

Hasanah, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Kelas Vii Smp/Mts (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Jemmi, A. (2014). pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata pelajaran matematika materi bentuk aljabar dengan pendekatan kontekstual untuk siswa smp kelas VII. Jurnal PP volum, 1.

Suriyana, S., & Zubaidah, Z. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1).

Tafari, N., & Sari, A. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Operasi Aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 257-268.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i2.2668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp