ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SOKO KABUPATEN TUBAN)

Nur Afnita Anggiasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Soko saat menyelesaikan materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) berdasarkan Teori Newman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 dari 32 siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Soko.Hasil penelitian menunjukkan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV masih mengalami kesalahan pada tahapan-tahapan Teori Newman, yaitu: kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan ketrampilan proses, kesalahan penulisan jawaban akhir. Kata kunci: Analisis kesalahan, Teori Newman, SPLDV.Abstract: The purpose of this study was to describe the types of errors made by class VIII-H students of SMP Negeri 1 Soko in solving the SPLDV (Two Variable Linear Equation System) material questions based on Newman's Theory. This type of research is qualitative. The subjects of this study were 8 students taken from 32 students of class VIII-H SMP Negeri 1 Soko. The results showed that students in solving SPLDV questions still experienced errors at the stages of Newman's theory, namely: reading errors, understanding errors, transformation errors, process skill errors, writing errors in the final answer.Keyword: error analysis, Newman theory, SPLDV. 

Full Text:

PDF

References


Akbar, Rofiq Faudy. 2018. “Studi Analisis Perilaku (Analisis Faktor-Faktor Komitmen Organisasional Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Madrasah Swasta Di Jawa Tengah.” Skripsi 121–80.

Arifani, Nurul Hidayati, Abdur Rahman As’ari, and Abadyo. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS Menurut Teori Newman : Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungbumi Bangkalan.” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 1(3):443–48.

Atikasari, Fenty. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Analisis Newman Pada Pembelajaran Model PBL.” Skripsi.

Hananta, Ong, Florencia Ivani, and Novisita Ratu. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 4(1):29. doi: 10.26737/jpmi.v4i1.900.

Hastuti, Isnani, Surantoro, and Dwi Teguh Rahardjo. 2012. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Kalor Pada Siswa Kelas X SMA.” Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika 2(10):1–11.

Manu, Salmi Fitria, Irmina Veronika Uskono, Meryani Lakapu, Maria Gracia Gawa, Wilfrudis Beda Dosinaeng, and Kornelis Bria. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Belah Ketupat.” ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika 3(1):57–65.

Maulana, Farouq, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa SMA Dalam Menjawab Soal Dimensi Tiga Berdasarkan Teori Newman.” MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(2):182–90.

Megawaty, Dyah Ayu, and Eko Setiawan. 2017. “Analisis Perbandingan Social Commerce.” Jurnal Teknoinfo 11(1):1–4.

Memenuhi, Diajukanguna, Salah Satu, and Syarat Mencapai. 2018. “Analisis Kesalahan Bahasa Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas Vii Smp Pab 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018 Skripsi.”

Moleong, Lysy Claudia. 2018. “Effect of Real Interest Rate and Leverage on Financial Distress.” Open Journal Systems 30(1):71–86.

Nawangsasi, Endah. 2015. “Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa S1 Manajemen Tahun 2011 Stie Aub Surakarta.” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Perbankan Vol. 1 No.(1):18.

Nurjanatin, Ina, Gatot Sugondo, and Mayor M. H. Manurung. 2017. “Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok Di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura.” Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya 2(1):22–31.

Pujiwidodo, Dwiyatmoko. 2016. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” III(2):2016.

Rasiman, and Fitri Asmarani. 2016. “Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(2):415–30.

Sari, Putri Purnama. Hasbi, M. Umam, Khairul. 2017. “Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika 2:81–90.

Sianipar, Sonya Grace Eveline. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikam Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Fase Newman.” MATHEdunesa 9(3):478–86. doi: 10.26740/mathedunesa.v9n3.p478-486.

Suharsimi, Arikunto. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta 48–67.

Unaenah, Een, and Muhammad Syarif Sumantri. 2019. “Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan.” Jurnal Basicedu 3(1):106–11. doi: 10.31004/basicedu.v3i1.78.

Utami, Nur, Y. L. Sukestiyarno, and Isti Hidayah. 2020. “Kemampuan Literasi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A.” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3:626–33.

Yayuk, Sri, and Sugiyono Sugiyono. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Dan Dampaknya Dengan Kompetensi Lulusan SMK Di Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7(1):84–96. doi: 10.21831/amp.v7i1.23758.

Yuliani, Reva, and Agatha Rinta Suhardi. 2020. “Analisis Daya Serap Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pengantar Akuntansi Sebagai Aplikasi Ilmu Matematika.” Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 4(2):206. doi: 10.31949/th.v4i2.1874.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i2.2665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp