PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SERTA PANDANGAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Erycha Arsita Devi, Sujiran Sujiran, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstrak:

Pada awal tahun 2020, pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan adanya penyebaran virus Covid-19. Berdasarkan latar belakang kejadian, penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan fungsi dan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran matematika selama pembelajaran daring. Subjek merupakan siswa kelas IX-H dan guru matematika kelas IX-H. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Instrumen penelitiam terdiri dari angket penggunaan smartphone untuk siswa, angket penggunaan smartphone untuk guru, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu tematik induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran matematika selama daring dinilai kurang baik. Meskipun fitur-fitur smartphone dapat membantu siswa dan guru untuk mencari tambahan literasi materi dan mampu menjalin komunikasi yang baik, namun penggunaan smartphone pada pembelajaran matematika berdampak terhadap kurangnya pemahaman siswa akan materi yang disampaikan. Meskipun guru sudah memberikan tambahan video pembelajaran. Selain itu juga terjadinya penurunan respon dan semangat belajar matematika siswa sebanyak 30% dibandingkan pembelajaran secara tatap muka.

Kata kunci: penggunaan smartphone;media pembelajaran matematika;daring

Abstract:

In early 2020, face-to-face learning was replaced with online learning. This is due to the spread of the Covid-19 virus. Based on the background of the incident, this research is intended to describe the function and use of smartphones as a medium for learning mathematics during online learning. The subjects were students in class IX-H and mathematics teachers in grades IX-H. This research is a qualitative research with a phenomenological study approach. The research instrument consisted of a smartphone usage questionnaire for students, a smartphone usage questionnaire for teachers, and interview guidelines. The data analysis technique used is thematic inductive. The results showed that the use of smartphones as a medium for learning mathematics while online was considered less good. Although smartphone features can help students and teachers find additional material literacy and are able to establish good communication, the use of smartphones in mathematics learning has an impact on students' lack of understanding of the material presented. Even though the teacher has provided additional learning videos. In addition, there is also a decrease in the response and enthusiasm of students to learn mathematics by 30% compared to face-to-face learning.

Keywords: smartphone use;mathematics learning media;online


Full Text:

PDF

References


Arfianto, D. G. (2017). Pengaruh pemanfaatan handphone sebagai media pembelajaran pada materi keikhlasan beribadah dalam Al-Qur'an Surah Al-Bayyinah ayat 5 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMK Nasional Pati tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Arifin, A. S., & Sukati, S. (2020). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 150-158.

Asmurti, A., Unde, A. A., & Rahamma, T. (2017). Dampak Penggunaan Smartphone Di Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 225-234.

Ayu, F., & Lovita, Y. (2018). Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran (Studi Fenomenologi Mengenai Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara).

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Connolly, P. (2002). Aneka Pendekatan Studi Agama. LKIS PELANGI AKSARA.

Hajaroh, M. (2010). Paradigma, pendekatan dan metode penelitian fenomenologi. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 1-21.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163-180.

Helmi, M. (2020). Penemuan Hukum oleh Hakim Berdasarkan Paradigma Konstruktivisme. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 22(1), 111-132.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(3), 317-324.

Moleong, Lexy j. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Nasution, Y. R. (2019). Penerapan Aplikasi Online Angket Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Uin Sumatera Utara Medan. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology), 3(2).

Nugroho, E. (2013). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Tik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Pemanfaataan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Smk Rsbi Bidang Keahlian Teknik Elektro.

Pandia, E. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Sebagai Perangkat Pembelajaran Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 44-50.

Pardede, P. (2020). PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN TIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH DI JAKARTA DAN SEKITARNYA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 226-237.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif.

Rahayu, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Pemenuhan Informasi Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Angkatan 2015 (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Sari, D. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Hardiness pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau).

Septyawan, C. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Komunikasi Siswa Kelas IX di SMP Negeri 3 Sungguminasa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Shofiyah, S. (2016). Pengaruh penggunaan android dan e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Sihotang, D. O., Lumbanbatu, J. S., & Aziz, A. (2020, September). Analisis Kebijakan Penggunaan Smartphone Di SMA Kabupaten Simalungun. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 208-212).

Suliyanto, S. (2011, May). Perbedaan Pandangan Skala likert sebagai Skala Ordinal atau skala Interval. In Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro 2011 (pp. 51-60). Program Studi Statistika FMIPA Undip.

Sutomo, P., & Yahya, M. (2017). Penggunaan Smartphone Terhadap Proses Dan Efektivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Widodo, R. A. (2014). Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v1i1.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp