PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK SISWA

Nikmatul Jannah, M Zainudin, Novi Mayasari

Abstract


Abstrak: Tujuannya (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe learning togerther menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, (2) untuk mengetahui kecerdasan majemuk manakah yang menghasilkan prestasi  belajar matematika yang lebih baik linguistik, matematis logis, atau interpersonal, (3) untuk mengetahui pada model pembelajaran langsung, kecerdasan majemuk manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik linguistik, matematis logis atau interpersonal, (4) untuk mengetahui pada model pembelajaran kooperatif tipe learning together, kecerdasan majemuk manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik linguistik, matematis logis atau interpersonal, (5) untuk mengetahui pada tipe kecerdasan linguistik, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe learning together atau model pembelajaran langsung, (6) untuk mengetahui pada tipe kecerdasan matematis logis, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe learning together atau model pembelajaran langsung, (7) untuk mengetahui pada tipe kecerdasan interpersonal, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe learning together atau model pembelajaran langsung.Populasinya siswa VIII semester genap SMP Kartayuda Kedungtuban sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampelnya adalah kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Analisis datanya adalah uji ANAVA dua jalan sel tak sama dan uji scheffe.Kesimpulannya: (1) model pembelajaran kooperatif tipe learning together memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, (2) kecerdasan linguistik, matematis logis dan interpersonal memberikan prestasi belajar matematika sama, (3) pada model pembelajaran langsung, kecerdasan linguistik, matematis logis dan interpersonal memberikan hasil belajar matematika sama baiknya, (4) pada model pembelajaran kooperatif tipe learning together, kecerdasan linguistik, matematis logis dan interpersonal memberikan prestasi belajar matematika sama, (5) pada tipe kecerdasan linguistik, model pembelajaran kooperatif tipe learning together dan model pembelajaran langsung memberikan prestasi belajar matematika sama, (6) pada tipe kecerdasan matematis logis, model pembelajaran kooperatif tipe learning together dan model pembelajaran langsung memberikan prestasi belajar matematika sama, (7) pada tipe kecerdasan interpersonal, model pembelajaran kooperatif tipe learning together dan model pembelajaran langsung memberikan prestasi belajar matematika sama.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together; Prestasi Belajar Matematika; Kecerdasan Majemuk.

 

Abstract: The objectives of this research are: (1) to know which learning model give better learning achievement of mathematics, student with direct learning model or cooperative model of Learning Together, (2) to know which multiple intelligences can produce better mathematics learning achievement of linguistic, mathematical logical, or interpersonal, (3) to knowing in the direct learning model, which plural intelligence can provide better linguistic, logic mathematical or interpersonal, (4) to know on cooperative learning model type learning together, which multiple intelligences can provide better linguistic, logic mathematical or interpersonal, (5) to know the type of linguistic intelligence, which can provide better learning achievemen to mathematics, cooperative learning model type learning together or direct learning, (6) to know the logical type of mathematical intelligence, which can provide better learning achievement of mathematics, cooperative learning model type learning together or direct learning, (7) to know the type of interpersonal intelligence, which can provide better mathematics learning achievement, cooperative learning model type learning together or direct learning.The population in this study are students of class VIII SMP Kartayuda Kedungtuban Blora 5 classes. The sampling technique used is cluster random sampling. Selected 2 sample classes, namely class VIII A as experimental class  and class VIII D as control class. The data analysis used is ANOVA test of two different cell path and scheffe test. The results showed that: (1) cooperative learning model of learning together type can give better the achievement of learning  mathematics, (2) linguistic, logical and interpersonal intelligence give as same as the achievement of learning mathematics, (3) on direct learning models, linguistic intelligence, logical and interpersonal mathematics give as same as the achievement of learning  mathematics, (4) in cooperative learning model of learning together type, linguistic intelligence, logical and interpersonal mathematics give as same as the achievement of learning  mathematics, (5) on linguistic intelligence type, cooperative learning model type learning together and direct learning model gives the same mathematics learning achievement, (6) in logical mathematical type, cooperative learning model of learning together type and direct learning model gives the same mathematics learning achievement, (7) on the type of intelligence Interpersonal, cooperative learning model type learning together and direct learning model gives the same mathematics learning achievement.

 

Keywords: Cooperative Learning Type Learning Together; Achievement of Mathematics Learning, Multiple Intelligence.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Jasmine, Julia. (2007). Metode Mengajar Multiple Intelligence. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sarnapi. 2016. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. (Online), (http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendidikan-Indonesia-masih-rendah-372187), diakses 14 November 2016.

Septiana, A. (2016). Hubungan Belajar dan Prestasi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa-Siawi Kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur. Ejournal Psikologi, 4 (2). (Online), (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/01/eJournal%20Anisa%20Septia na%20(01-26-16-06-30-48).pdf, diakses 30 Oktober 2016.

Setianingsih, Ani. (2011). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok FPB dan KPK Melalui Learning Together Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Ejurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 6 (1). (Online), (http://dispendik.surabaya.go.id/surabayabelajar/jurnal/199/6.5.pdf), diakses 5 November 2016.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v1i1.2320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp