ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS BERDASARKAN TEORI POLYA

Jety Oktavia, Ristia Dwi Safitri, Anita Dewi Utami

Abstract


Abstrak: Geometri adalah salah satu cabang ilmu matematika yang berkaitan dengan titik, garis, bentuk bidang dan ruang. Geometri yang berkaitan dengan bentuk ruang adalah materi bangun ruang, terkhusus yang akan dibahas adalah bangun ruang kubus. Dalam belajar bangun ruang kubus pasti akan menemukan suatu masalah, oleh karena itu kemampuan menyelesaikan masalah adalah suatu cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas siswa dalam memahami materi bangun ruang kubus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya bangun ruang kubus berdasarkan teori Polya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah berupa pemberian soal dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang kubus berdasarkan teori Polya adalah “baik”. Siswa dapat menyelesaikan masalah dengan cara mengidentifikasi masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa dapat terbantu dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang kubus berdasarkan teori Polya.

 

Kata kunci: Menyelesaikan Masalah; Kubus; Teori Polya.

 

Abstract: Geometry is a branch of mathematics that deals with points, lines, shapes and spaces. Geometry related to the shape of space is the material of building space, especially what will be discussed is the shape of a cube. In learning to build a cube, you will definitely find a problem, therefore the ability to solve problems is the right way to improve the quality of students in understanding the material for building cubes. This study aims to determine how the students' ability to solve mathematical problems, especially to build a cube based on Polya's theory. This study uses a qualitative descriptive approach. The data collection technique used is to test students' ability to solve problems in the form of giving questions and interviews. Based on the results of the analysis, it was found that the level of students' ability to solve mathematical problems in the material of building a cube based on Polya's theory was "good". Students can solve problems by identifying problems, planning problem solving, solving problems, and checking again. From these results it can be concluded that students can be helped in solving mathematical problems in the material of building a cube space based on Polya's theory.

 

Keywords: Solve the problem; Cube; Polya's Theory

Full Text:

PDF

References


Dian Fitri Argarini. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91-99.

Emilia Silvi Indrajaya, dkk. Strategi Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII Di SMP Kristen 2 Salatiga. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.

I Pt Eka Sugiantara, Ni Wyn Arini, I Dw Kade Tastra. (2014). Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Berbasis Teori Polya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Kadir. (2009). Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Lampung, Universitas Lampung.

Khusnul Safrina, M. Ikhsan, dan Arizar Ahmad. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika.

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181 – 190.

Rany Widyastuti. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183 – 193.

Romika, Yuli Amalia. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Teori Van Hiele. Jurnal Bina Gogik, 1(2).

Siti Imroatun. (2014). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga ditinjau dari Langkah Polya. Jurnal tidak diterbitkan. Salatiga : UKSW.

Z. Rofiqoh, Rochmad, A. W. Kurniasih. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Discovery Learning berdasarkan Gaya Belajar Siswa. UNNES Jurnal of Mathematics, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v1i1.2319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

pengeluaran sgp