PERMASALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL LOGARITMA TINGKAT SMA

Authors

  • Eza Putri Nandhiyah IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Umma Niswati IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Anita Dewi Utami IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j'thoms.v1i1.2324

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab atau permasalahan yang terjadi dalam mengerjakan soal logaritma. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA N 1 Cepu dan SMA N 1 Soko. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara melalui media online, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kesalahan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kesalahan yang dilakukan kedua siswa tersebut adalah (1) kesalahan statistik (2) kesalahan konsep dan kesalahan hitung. Permasalahan yang pertama yaitu belum faham dengan materi tersebut karena seorang guru hanya memberi tugas tanpa menjelaskan terlebih dahulu. Permasalahan yang kedua yaitu kesalahan hitung yang sering dilakukan oleh siswa, penyebab dari kesalahan tersebut adalah siswa ceroboh dalam menghitung atau kurang teliti dalam menuliskan hasil akhir.

Kata kunci: Analisis Kesalahan; Matematika; Logaritma

Abstract: This study aims to find out the causes or problems that accur in working on logarithmic problems. This research was conducted on students of SMA N 1 Cepu and SMA N 1 Soko.  Data collection techniques used were tests, interview through online media, and documentation. Based on the results of the error analysis that has been done, it can be concluded that the mistakes made by the two students were (1) statistical error (2) misconceptions and miscalculations. The first  problem is that they do not understand the material because a teacher only gives assignments without explaining it first. The second problem is counting errors that are often made by students, the cause of these errors is that students are careless in calculating or not being careful in writing the final result.

 

Keywords: Error Analysi; Mathematic; Logarithm

References

Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayu, Siti. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kesebangunan.” Jurnal e-DuMath Volume 2 No. 1

Zuldafrial dan Muhammad Lahir. (2012). Penelitian kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Downloads

How to Cite

Nandhiyah, E. P., Niswati, U., & Utami, A. D. (2022). PERMASALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL LOGARITMA TINGKAT SMA. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 1(1), 47–53. https://doi.org/10.30734/j’thoms.v1i1.2324

Citation Check