Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Teks Deskripsi melalui Pembelajaran Experiential Learning

Adinda Windi Triani, Kaswadi Kaswadi, Kijat Setyaningsih

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII-C di SMPN 3 Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran Experiential Learning yang dikombinasikan dengan pendekatan diferensiasi produk. Metode pada penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran Experiential Learning dapat mengembangkan kepercayaan diri peserta didik dalam berbicara dan menyampaikan hasil diskusi. Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari pembelajaran siklus I ke siklus II; pada siklus I, nilai terendah adalah 65 dan tertinggi 70 dengan rata-rata kenaikan 15%, sedangkan pada siklus II, nilai terendah 85 dan tertinggi 91 dengan rata-rata peningkatan 31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning) yang terintegrasi dengan diferensiasi produk efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada materi teks deskripsi.

Kata Kunci – Keterampilan berbicara, teks deskripsi, experiential learning, diferensiasi produk

 

Abstract— This study aims to enhance the speaking skills of seventh-grade students in class VII-C at SMPN 3 Surabaya by implementing the Experiential Learning model combined with a product differentiation approach. The research method used is Classroom Action Research (CAR), which consists of four steps: planning, action, observation, and reflection. The results indicate that the Experiential Learning model can develop students' confidence in speaking and presenting discussion outcomes. This improvement is evident from the increase in scores from Cycle I to Cycle II; in Cycle I, the lowest score was 65 and the highest was 70, with an average increase of 15%, while in Cycle II, the lowest score was 85 and the highest was 91, showing an average improvement of 31%. The conclusion of this study is that the experiential learning model integrated with product differentiation is effective in enhancing students' speaking skills on descriptive text material.

Keywords – Speaking skills, descriptive text, experiential learning, product differentiation


Full Text:

PDF

References


Ardiawan, I. K. N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya). Nilacakra.

Haryadi dan Zamzani. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2000.

Hidaya, K. N., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Komik Digital. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 37-45. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4264.

Hoerudin, C. W. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Melalui Pendekatan Student Centered Learning. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 128-136. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/114.

Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Pearson Education.

Mardizal, J., Anggriawan, F., Al Haddar, G., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994-3003. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5195.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta didik. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/419.

Rohmawati, R., Udin, S., & Sholehhudin, M. (2024). Efektivitas Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Editorial Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Parengan Tahun Pelajaran 2023/2024. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 150-160. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4380.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, I. R. Y., Maulidah, Y., Puspitasari, N. K., Jaja, J., & Kurnia, M. D. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 125-132. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4121.

Simbolon, B. R., Hidayat, H., Hartiningsih, H., Hoerudin, C. W., Imran, I., & Aina, M. (2023). E-Learning: Succeeding amid the pandemic period, forgotten in the Post-Pandemic Era. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 903-910. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.3094.

Sulistiowati. (2008). Skripsi: Model Pembelajaran Menulis Karangan dengan Metode Karya Wisata. Bandung: Universitas Bale Bandung.

Surya, C. M., Momon, M., & Athiroh, W. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9-14. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/253.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/glasser/article/view/1481.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88.

Ardiawan, I. K. N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya). Nilacakra.

Haryadi dan Zamzani. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2000.

Hidaya, K. N., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Komik Digital. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 37-45. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4264.

Hoerudin, C. W. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Melalui Pendekatan Student Centered Learning. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 128-136. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/114.

Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Pearson Education.

Mardizal, J., Anggriawan, F., Al Haddar, G., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994-3003. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5195.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta didik. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/419.

Rohmawati, R., Udin, S., & Sholehhudin, M. (2024). Efektivitas Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Editorial Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Parengan Tahun Pelajaran 2023/2024. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 150-160. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4380.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, I. R. Y., Maulidah, Y., Puspitasari, N. K., Jaja, J., & Kurnia, M. D. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 125-132. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4121.

Simbolon, B. R., Hidayat, H., Hartiningsih, H., Hoerudin, C. W., Imran, I., & Aina, M. (2023). E-Learning: Succeeding amid the pandemic period, forgotten in the Post-Pandemic Era. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 903-910. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.3094.

Sulistiowati. (2008). Skripsi: Model Pembelajaran Menulis Karangan dengan Metode Karya Wisata. Bandung: Universitas Bale Bandung.

Surya, C. M., Momon, M., & Athiroh, W. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9-14. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/253.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/glasser/article/view/1481.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i2.4773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

demo slot pg slot gacor slot gacor