Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Komik Digital

Kamalin Naufi Hidaya, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak— Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa dalam kesukaran penguasaan berbahasa. Oleh karena itu, perlu dicari solusi agar masalah dapat teratasi dengan pengaplikasian model pembelajaran quantum learning. Tujuannya untuk mendeskripsikan bentuk peningkatan kemampuan bercerita siswa dengan menerapkan model quantum learning berbantuan komik digital. Metode penelitian ini yaitu PTK. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan bercerita diketahui bahwa pada pratindakan tidak ada siswa yang tuntas, kemudian pada siklus I terdapat 3 anak tuntas dengan persentase 37,5% dan pada siklus II semua siswa dikatakan tuntas dengan persentase 100%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran quantum learning berbantuan komik digital bisa menaikkan kemampuan bercerita siswa.

Kata kunci — Bercerita, Quantum Learning, Komik Digital

 

Abstrak— This research is motivated by the problem of students in the difficulty of language mastery. Therefore, it is necessary to find a solution so that the problem can be resolved by applying the quantum learning model. The purpose is to describe the form of improvement in students' storytelling ability by applying the quantum learning model assisted by digital comics. This research method is PTK. Based on the results of the storytelling ability research, it is known that in the pre-action no students were complete, then in cycle I there were 3 complete children with a percentage of 37.5% and in cycle II all students were said to be complete with a percentage of 100%. The conclusion of this research is that the application of quantum learning model assisted by digital comics can improve students' storytelling ability.

Keywords— Telling Stories, Quantum Learning, Digital Comics

Full Text:

PDF

References


Azzahra, A. H. (2022). Perancangan komik digital mengenai dampak belajar online selama pandemi terhadap mahasiswa. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.6.

Andriani, N. (2019). Penerapan media komik digital terhadap pemahaman pembelajaran matematis siswa SMP. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/229.

Duilan, D. (2017). Peningkatan keterampilan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas IX 1 SMP Negeri 3 Pujut Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 13-27. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v2i2.206.

Deporter, B., Reardon, M., & Nourie, S., S. (2010). Quantum teaching: Mempratekkan quantum learning di ruang kelas-kelas. Bandung: Kaifa

Gea, T. (2018). Kemampuan siswa dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita dengan metode artikulasi di kelas vii SMP Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 258-267. https://doi.org/10.32696/ojs.v3i1.76.

Hasanudin, C., & Asror, A. G. (2017). Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa Kelas I MI Se-Kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(2), 150-159. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.907.

Maulidi, A. (2022). Implementasi model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan motivasi belajar. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 13-22. http://dx.doi.org/10.28944/fakta.v2i1.698.

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan media pembelajaran komik digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305-317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Noviana, L. (2013). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak pada anak kelompok bermain Tunas Bangsa di Ds. Wotansari Kec. Balongpanggang Kab. Gresik. Jurnal Mahasiswa Unesa, 2(1), 1-20. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/902.

Novitasari, H., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menulis teks drama dengan pembelajaran quantum. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 179-190. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.179-190.2020.

Oktalia, U. C. (2013). Penggunaan video monolog untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(8). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1219.

Purnama, U. B., Mulyoto, M., & Ardianto, D. T. (2015). Penggunaan media komik digital dan gambar pengaruhnya terhadap prestasi belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa. Teknodika, 13(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6793/4649.

Sari, L. T., Syamsiah, N., & Maruti, E. S. (2022). Peningkatan keterampilan berbicara unggah-ungguh bahasa jawa menggunakan komik digital di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 356-362. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2751/2107.

Sukidi, S. (2016). Peningkatan kemampuan bercerita dengan menggunakan media gambar bagi siswa kelas VII A SMP Bhayangkari Karangpandan Kabupaten Karanganyar Semester Gasal Tahun Pelajaran 2009/2010. Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 135-147. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v1i2.603.

Susanti, A. (2023). Penerapan strategi quantum learning untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 246-260. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i1.27536.

Trisnowati, S. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan bercerita dengan teknik tutur bersambung pada siswa kelas IX D Smp Negeri 1 Patikraja Semester 1 Tahun 2014-2015. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2). http://dx.doi.org/10.30595/mtf.v1i2.279.

Trisusilawati, T. (2021). Peningkatan keterampilan menulis prosa deskriptif melalui model quantum learning: Increasing description prose writing skills through quantum learning model. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 39-44. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i2.2775.

Willya, A. R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., & Marini, A. (2023). Peran media pembelajaran komik digital untuk menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 449-454. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i3.4518.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.