Pemanfaatan Teknologi AI dan Chat GPT dalam Penulisan Artikel Mahasiswa

Puad Fatoni, Ihsan Ferdinand, Fajar Sajidin, Jaja Jaja, Maya Dewi Kurnia

Abstract


abstrak - Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah mengubah paradigma dalam berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Keterkaitan antara kecerdasan buatan (AI) dan penulisan artikel oleh mahasiswa sangatlah signifikan dan berkembang pesat. AI dapat membantu mahasiswa dalam berbagai aspek penulisan artikel. Artikel ilmiah ini ditulis dengan tujuan ChatGPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sistem AI yang dirancang untuk interaksi percakapan berbasis teks. Pengoperasiannya sederhana: Anda hanya perlu memasukkan satu atau lebih pertanyaan, dan AI akan menyediakan jawaban yang sesuai dan relevan,  sebagai alat bantu dalam menulis karya ilmiah mahasiswa. Metode penelitian ini yang digunakan yakni studi pustaka dengan mengumpulkan informasi dari sumber jurnal. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang bersumber dari hasil penelitian  terpublikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang tahapan menggunakan Chat GPT dalam penulisan artikel.  Dengan demikian aplikasi tersebut membantu mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah

Kata kunci—AI, Chat GPT, penulisan artikel

 

Abstract - Artificial intelligence (AI) technology has changed the paradigm in various fields, including the world of education. The relationship between artificial intelligence (AI) and article writing by students is very significant and growing rapidly. AI can help students in various aspects of article writing. This scientific article was written with the aim of ChatGPT (Generative Pre-training Transformer) is an AI system designed for text-based conversational interaction. The operation is simple: you only need to enter one or more questions, and AI will provide appropriate and relevant answers, as an aid in writing students' scientific papers. The research method used is literature study by collecting information from journal sources. The data used is secondary data sourced from published research results. The results of this research explain the stages of using GPT chat in writing articles. In this way, this application helps students in writing scientific papers

Keywords—AI, Chat GPT, article writing


Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aliwijaya, A., & Suyono, H. C. (2023). peluang implementasi artificial intelligence di perpustakaan: Kajian Literatur. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 4(2), 1-17.

BBPMP, “Dampak negatif Chat GPT dan solusinya”, https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/ (diakses pada tanggal 05 November 2023).

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam menulis karya ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400-407. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Chat, G. P. T. Chat GPT, Kemajuan atau Ancaman di Bidang Pendidikan? Teknologi| Friday, 12 May 2023, 21: 39 WIB.

Iriyani, S. A., Patty, E. N., Akbar, A. R., Idris, R., & Priyudahari, B. A. P. (2023). Studi Literatur: Pemanfaatan teknologi Chat GPT dalam pendidikan. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 9-16. https://doi.org/10.30812/upgrade.v0i0.3151.

Kemenkeu, “Mengenal revolusi industri 5.0”, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/ (diakses pada tanggal 05 November 2023).

Maulana, M. S., Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). Pelatihan Chat GPT Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di Kelas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 16-19.

Musaljon, M., Rafli, Z., & Attas, S. G. (2019). Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah melalui model pembelajaran workshop dan kolaborasi (penelitian tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). SEMNASFIP. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5107.

Rangkuti, I. M. (2023). Mengenal artificial intelligence (AI): pengertian, sejarah, kegunaan, dan contoh penerapannya, 3-8 HTTPS://UMSU.AC.ID/ARTIKEL/

Septafi, G. (2021). Analisis kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar angkatan 2019. Educational Technology Journal, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p1-16.

Wahid, R., Hikamudin, E., & Hendriani, A. (2023). Analisis penggunaan Chat-GPT oleh mahasiswa terhadap proses pendidikan di perguruan tinggi. Jurnal Pedagogik Indonesia: Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Ksatria Siliwangi, 1(2), 112-117.

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan peluang penggunaan aplikasi Chat GPT Dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis dimensi 5.0. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69-76. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.