Analisis Efektivitas Aplikasi Duolingo sebagai Media Pembelajaran Bipa Tingkat Dasar

Dady Kurniawan, Aray Faqih Ibrahim, Jaja Jaja, Maya Dewi Kurnia

Abstract


Abstrak— Pada saat ini eksistensi bahasa Indonesia di kancah internasional semakin menguat hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya penutur asing yang mulai belajar bahasa Indonesia lewat program BIPA. Tetapi pada praktiknya banyak penutur asing yang merasa kesulitan dalam belajar bahasa Indonesia terutama bagi mereka yang baru belajar pada tingkat dasar. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini pengajar BIPA dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan menggunakan aplikasi Duolingo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas aplikasi Duolingo dalam membantu proses pembelajaran BIPA di tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menganalisis konten-konten yang ada di aplikasi Duolingo. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa Duolingo memiliki banyak fitur yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan materi pembelajarannya juga sudah sesuai dengan standar kompetensi untuk pemelajar BIPA tingkat dasar. Dapat disimpulkan bahwa Duolingo cukup efektif dan dapat digunakan dan sebagai media pembelajaran BIPA di tingkat pemula.

Kata kunci— Pembelajaran BIPA, Media Pembelajaran, Duolingo

 

Abstract—Currently, the existence of the Indonesian language in the international arena is getting stronger as evidenced by the increasing number of foreign speakers who are starting to learn Indonesian through the BIPA programme. But in practice many foreign speakers find it difficult to learn Indonesian, especially for those who are just learning at the basic level. By utilising current technology, BIPA teachers can make learning easier and more fun by using the Duolingo application. This research aims to find out how the effectiveness of the Duolingo application in helping the BIPA learning process at the basic level. This research uses a qualitative descriptive analysis method by analysing the content in the Duolingo application. The results of this study found that Duolingo has many features that can make learning more fun and the learning materials are also in accordance with the competency standards for basic level BIPA learners. It can be concluded that Duolingo is quite effective and can be used as a medium for learning BIPA at the beginner level.

Keywords— BIPA learning, Learning media, Duolingo


Full Text:

PDF

References


Abdillah Rahman, Kurniawan Indra. (2021). Tinjauan Analisis Aplikasi Pembelajaran Perangkat Lunakdari Sudut Pandang Gamifikasi. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(1).

Adji, M. dkk (2018). Budaya Dalam Pengajaran Bipa: Respons Orang Asing Terhadap Budaya Sunda Dalam Hubungan Lintas Budaya. METAHUMANIORA, 8(2). DOI: https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v8i2

Ahmed, H. B. E. (2016). Duolingo as a Bilingual Learning App: a Case Study. Arab World English Journal (AWEJ, 7(2). DOI: h ttps://dx.doi.org/10.2139/ssrn.2814822

Ardiansyah, M. (2021). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2021, 6(1). DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5082

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Kemendikbud. (2021). Bakti BIPA. Tersedia pada https://bipa.kemdikbud.go.id/bakti.php (diakses pada 21 Oktober 2023)

Kumala dewi, Budiana. (2018). Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: Tim UB Press.

Kurniawan, K., Puspitasari, D. A., Batubara, D. H., Hernina, H., & Larasati, L. (2019). Pelaksanaan Program BIPA dan Hasil Pembelajarannya. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 11. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1692

Kusmiatun. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Mulyati. (2015) Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. In: Hakikat keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-34

Parwati. (2021). Budaya Bali Sebagai Media Motivasi Dalam Pembelajaran Bipa Tingkat Pemula. 33(2), 358. DOI: 10.29255/aksara.v33i2.654.357—368

Pradana, F. & Priyambadha, B., 2018. Pengarun Elemen Gamification Terhadap Hasil Belajar Siswa pada E-Learning Pemrograman Java. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 6(1).

Putra, M. G. L., & Octantia, H. (2021). Analisis dan Perencangan Aplikasi E-Learning Berbasis Gamification (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi Kalimantan). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(3), 571–578. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2021834368

Ramliyana, R. (2016). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1). https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1006

Sitasari, Novendawati Wahyu. "Mengenal Analisa Konten dan Analisa Tematik dalam Penelitian Kualitatif." Forum Ilmiah, 9(1).

Sudaryanto dan Widodo. (2020). Common European Framework of Reference for Laguages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 3(2). https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/777/555

Suyitno, Imam. (2008). Pembelajaran BIPA: Isu Strategis Implikasinya dalam Pembelajaran BIPA. Modul Perkuliahan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Tanwin, S. (2020). Pembelajaran Bipa (Bahasa Indonesia PenuturAsing) Dalam Upaya Internasionalisasi Universitas Di Indonesia Pada Era Globalisasi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2). DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1215

Utami dan Rahmawati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelejar BIPA Tingkat A1. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2). DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4747

Widiatmika, M., Gede, I., Darmawiguna, M., & Putrama, I. M. (2019). Pengembangan Film Seri Animasi 3d “Cerita Made” Sebagai Media Pembelajaran Bipa Di Universitas Pendidikan Ganesha. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(1). DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i1.16982

Widyastuti dan Kusumadewi. (2018). Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Kamampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega Sains Institut. 1(2). DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3899.g2487




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.