Urgensi Menyimak Intensif Pada Kurikulum Merdeka di Kalangan Pelajar

Desi Novitasari, Natasya Erdina Zilla, Rindu Ajeng Pramesti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak intensif dapat diartikan sebagai bentuk menyimak yang melibatkan ketekunan , perhatian, serta ketelitian. Sehingga penyimak memahami secara luas. Penelitian ini bertujuan agar memahami urgensi menyimak intensif pada kurikulum merdeka di kalangan pelajar. Metode yang digunakan merupakan metode library research, dengan menggunaan data sekunder, teknik penelitian berupa teknik simak, libat dan catat, sementara jenis validasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah menyimak intensif pada kurikulum merdeka di kalangan pelajar memiliki peran penting seperti: 1) meningkatkan kemampuan menyimak intensif 2) peningkatan pemahaman terhadap materi pembelajaran 3) peningkatan konsentrasi dan fokus 4) pengembangan kemampuan analisis 5) peningkatan kemampuan berbicara dan berkomunikasi. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 5 upaya urgensi menyimak intensif pada kurikulum merdeka di kalangan pelajar.

Kata kunci—Kurikulum Merdeka, Menyimak Intensif, Pelajar

Abstract— Intensive listening can be interpreted as a form of listening that involves diligence, attention, and thoroughness. So that listeners understand widely. This study aims to understand the urgency of intensive listening to the independent curriculum among students. The method used is a library research method, using secondary data, research techniques in the form of listening, engaging and recording techniques, while the type of validation uses triangulation techniques. The results of this study are intensive listening to the independent curriculum among students has an important role such as: 1) improving intensive listening skills 2) increasing understanding of learning material 3) increasing concentration and focus 4) developing analytical skills 5) improving speaking and communication skills. The conclusion of this study is that there are 5 urgent efforts to listen intensively to the independent curriculum among students.

Keywords— Independent Curriculum, Intensive Listening,  For Students


Full Text:

PDF

References


Amin, Susan, Sumendap, l. Y. S. (2022). Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat penerbit LPPM .

Aswadi, D & Lismayanti, H. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan karakter anak di era milenial. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 89-98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970.

Bafirman, (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Jakarta: Kencana.

Chairilsyah, D. Solfiah, Y. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta : Penerbit Deepublish.

Darmadi, (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650.

Fadhlurrahma, F. (2019). Keterampilan Berbahasa Menyimak Berita. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Habits Of Mind Pada Siswa. (n.p.): Media sahabat cendikia.

Halimah, N. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk implementasi kebijakan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019-5019. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552.

Jannah, M. dan Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka persepsi guru pendidikan anak usia dini. Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210.

https://10.31004/obsesi.v7i1.3800.

Jatiyasa, I. wayan. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak Di Sekolah Dasar. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu.

Khusnaini, Sumitro, Hasan, Rahmawati, Suryani, Suryana, Andyka, Sujud, Maemanah, Purwira, Rohdiati, dan Saputra. (2023). Pembangunan manusia Indonesia. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., Asi, Y. E. (2021). Analisis Citraan Daalm Kumpulan Puisi Ku Ajak Kau Ke Hutan Dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 36-44. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2851.

Musdalifah, A. (2017). Menekan Angka Kematian Ibu. Yogyakarta: Samudra Biru.

Mulyani , Hamer W, Irianto. U. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Banten: PT Sada kurnia pustaka.

Mustadi, A. Dkk. (2008). Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Gfafindo Media Pratama.

Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 17308-17313. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4139.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Competitive: Journal of Education, 2(3), 201-211. https://competitive.pdfaii.org/.

Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, 4(1), 54–59.

https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/36/36.

Prasetianto, M. (2023). Lets Talk! English For Agroforest. Malang: UB press.

Rahman, T. (2018). Kiat-Kiat Menulis Karya Ilmiah Remaja. Semarang: CV Pilar Nusantara

Riyanti, A., Hersusini, Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I,. Wahyuni, R. S., Rahmawati, Y., Musyawir, Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma, Ihsan, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi pengaturan profil pelajar pancasila dimensi berkebhinekaan global di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124.

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan modul ajar kurikulum merdeka mata pelajaran bahasa Inggris SMK kota Surabaya. Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 49-62. OI: https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.

Setiawati, L. (2014). Hakikat Menyimak. Modul Universitas Terbuka.

Suherman, Ayi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Teori Dan Praktik Kurikulum Merdeka Belejar Penjas SD. Bandung: Indonesia Emas Group. Acarya Hindu Nusantara.

Sakinah, D. dan Vebrianto, R. (2022). Media Edukasi Ipa. Riau : Dotplus Publisher.

Subagyo, A (2021). Media Enikki Dalam Pembelajaran Ips - Jejak Pustaka. Jejak Pustaka.

Suharti, S. (2021). Kajian Psikolinguistik. (n.p.): Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bandung: Indonesia Emas Group

Sujinah. (2017). Menjadi Pembicara Terampil. Yogyakarta : Penerbit Deepublish.

Sukma, W. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam penilaian hasil belajar siswa mata pelajaran pjok pada tingkat satuan pendidikan tingkat atas kelas x kabupaten sintang. Doctoral dissertation, ikip pgri pontianak).

http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1748.

Sukma. 2019. Menjadi Pelajar Terbaik. Medan: Gerhana Media Kreasi.

Supartini, T. A., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2019). Mengembangkan keterampilan menyimak melalui kegiatan bercerita dengan big book pada anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 7(2).https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36369.

Susila, K. 2023. Literat Dan Tangguh Di Era Modern. Jakarta Barat: Perkumpulan.

Syafilu. Dkk. (2019). Biologi Dan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri. Kendari: Utlo Edu Press.

Syarifah, E. V. A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Intensif Siswa Kelas Iv Dengan Media Audiovisual Edukatif Di Sdn Cijengkol 01 Setu. Kabupaten Bekasi. Universitas Negeri Jakarta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keerampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.

Yaelasari, M., & Astuti, V. Y. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pada cara belajar siswa untuk semua mata pelajaran (studi kasus pembelajaran tatap muka di smk infokom bogor. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(07), 584-591.

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i07.104.

Yessy, R. (2022). Komunikasi Kesehatan. (n.p.): Get Press.

Yudha, P. R. dkk (2023). Panduan P5 Ayo Bermain Ala Indonesia Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish Digital.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.