Peran Menyimak Kritis dalam Diskusi antar Mahasiswa
Abstract
abstrak— Menyimak kritis adalah cara menyimak dalam menemukan kekurangan dalam bahan simakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran menyimak kritis dalam diskusi antar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode library research atau studi pustaka untuk mendapatkan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui simak, libat, catat, dan pembenaran (validasi) dilakukan dengan menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah peran menyimak kritis dalam diskusi mahasiswa meliputi 1) Mahasiswa mampu memahami argumen yang disampaikan oleh pemateri dengan menyimak kritis, 2) Mahasiswa dapat mengevaluasi informasi dalam diskusi melalui menyimak kristis, 3) Menyimak kritis dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa, 4) Menyimak kritis dapat membangun keterampilan berpikir kritis mahasiswa, 5) Menyimak kritis dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 5 peran menyimak kritis dalam diskusi antar mahasiswa.
Kata kunci— Diskusi, Mahasiswa, Menyimak Kritis
Abstract— Critical listening is a way of listening to find flaws in the listening material. The purpose of this study was to determine the role of critical listening in discussions between students. This research uses library research method or library study method to obtain secondary data with data collection techniques through listening, engaging, recording, and justification (validation) is done by applying triangulation techniques. The results of this study are the role of critical listening in student discussions includes 1) Students are able to understand arguments presented by the speaker by listening critically, 2) Students can evaluate information in discussions through critical listening, 3) Critical listening can enrich student knowledge and experience, 4) Critical listening can build students' critical thinking skills, 5) Critical listening can improve student communication skills. Conclusion in this study are there are 5 roles of critical listening in discussions between students.
Keywords— Discussion, Students, Critical Listening.
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2022). Model pembelajaran menyimak kritis melalui media interaktif pada mahasiswa tadris bahasa Indonesia IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 62-79. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i1.6338.
Azminah, S. N. (2018). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak kelompok A di TK siti khodijah Pucuk Lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3686.
Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV sekolah dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646-2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737.
Fauzi, H. (2021). Tempat ketiga bagi mahasiswa. Yogyakarta: Deepublish.
Gafur, H. (2015). Mahasiswa & dinamika dunia kampus. Bandung: Rasibook.
Gereda, A. (2020). Keterampilan bahasa Indonesia. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Haerazi. (2011). Pendekatan pembelajaran bahasa (approach of language learning). Yogyakarta: Samudra Biru.
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal purabaya surabaya dalam kajian sosiolinguistik. Jurnal Ilmiah Fonema: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). 51-51. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Kamil, F. A. (2013). Menatap Indonesia dari kampus Bulaksumur. Yogyakarta: BEM KM UGM via FGM.
Maghfirah, F. (2019). Pentingnya kemampuan menyimak pada anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11-16. https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i1.22444.
Malawi, I. , Tryanasari, D. , dan Kartikasari, A. (2017). Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Magetan: AE Media Garf.
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120-132. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965.
Martaulina, S.D. (2018). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyadi, Y. (2019). 1700 plus bank soal bahasa Indonesia SMA/MA-SMK. Bandung: Yrama Widya.
Mutasim, I. (2020). Upaya-upaya meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik. Likhitaprajna, 22(1), 1-12. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v22i1.170.
Poluakan, M. J., Saerang, D. P., & Lambey, R. (2017). Analisis persepsi atas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keinginan seseorang menjadi whistleblower (studi kasus pada mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis universitas sam ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2695-2705. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.17109.
Prasetyo, Y. A. B., & Arsanti, T. A. (2017). Sharing of knowledge: hambatan keterlibatan mahasiswa dalam diskusi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(1), 1-17. http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v7i1.319.
Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Fitur Short pada YouTube sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMA. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1-8). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.
Rahmat, P. S. (2019). Strategi belajar mengajar. Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka.
Resnani, R. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan media audio visual berbasis teknologi untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menyimak mahasiswa. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 141-149. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.141-149.
Riyanti, A., Hersusini., Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R. S., Rahmawati, Y., Musyawir., Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma. Ihsan, M. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. (n.d.). Bandung: Penerbit Widina.
Rizki, R. (2021). Merajut grahita kata. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Rosyadi, S. (2021). Mencari arti, menempa diri: catatan cipta karya mahasiswa BCB UIN SMH Banten di desa binaan kampung pelawad mandiri. Serang: Penerbit A-Empat.
Rusdiansyah, A. I. (2021). Kuliah lancar, prestasi oke, organisasi yes !. Gresik: GUEPEDIA.
Saputra, E. (2016). Peranan metode diskusi dalam pembentukan karakter mahasiswa melalui mata kuliah pendidikan kewarganegaraan (PKn). Tingkap, 11(1), 26-40. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/about.
Sari, M. (2019). Mengenal lebih dekat model blended learning dengan facebook (MBL-FB): model pembelajaran untuk generasi digital. Yogyakarta: Deepublish.
Sihabuddin. (2019). Terampil berbicara dan menulis untuk mahasiswa, guru, dosen, dan umum. Yogyakarta: Araska.
Sorraya, A., dan Anas, Y. Menyimak apresiatif. (2021). Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Sudirman, I. N. (2021). Modul seminar mata pelajaran. Bali: Nilacakra.
Sudiyono. (2021). Metode diskusi kelompok dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Indramayu: Penerbit Adab.
Syafruddin, S. (2017). Implementasi metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 65-66. http://dx.doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.
Tantawi, I. (2019). Terampil berbahasa Indonesia(untuk perguruan tinggi). Jakarta: Prenada Media.
Wiranty, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Komprehensif dan Kritis dengan Metode Resitasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 146-154. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.942.
Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan materi pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia mahasiswa s1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fkip universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 72-82. https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5559.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3842
Refbacks
- There are currently no refbacks.