Urgensi Menyimak Kritis dalam Pembelajaran Berbasis Diskusi bagi Mahasiswa
Abstract
abstrak— Menyimak kritis dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan untuk menafsirkan, memahami dan mengingat yang didengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya menyimak kritis saat sedang berdiskusi dikalangan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah study pustaka, menggunakan data sekunder, dan pengumpulan data menggunakan teknik simak, libat, dan catat, serta menggunakan teknik triangulasi untuk memvalidasi kebenaran penelitian ini. Hasil penelitian ini ialah menyimak kritis dalam pembelajaran berbasis diskusi bagi mahasiswa memiliki peran penting seperti: 1) Meningkatkan pemikiran kritis dalam berdiskusi, 2) Meningkatkan komunikasi antar mahasiswa dalam berdiskusi, 3) Meningkatkan partisipasi secara aktif dalam berdiskusi. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 3 urgensi menyimak kritis dalam pembelajaran berbasis diskusi bagi mahasiswa.
Kata kunci— Diskusi, Mahasiswa, Menyimak Kritis
Abstract— Critical listening can be interpreted as a form of activity to interpret, understand and remember what is heard. This study aims to remind the importance of critical listening when discussing among students. The method used in this research is literature study, using secondary data, and data collection using listening, engaging, and recording techniques, and using triangulation techniques to validate the truth of this research. The results of this study are critical listening in discussion-based learning for students has an important role such as: 1) Increase critical thinking in discussion, 2) Improve communication between students in discussion, 3) Increase active participation in discussion. The conclusion in this study is that there are 3 urgencies of critical listening in discussion-based learning for students.
Keywords— Discussion, Students, Critical Listening
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I. H. (2013). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66-75. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100.
Andriani, dan Haerani. (2019). Peningkatan keterampilan menyimak kritis menggunakan metode VAK (Visualisasi Auditory Kinestetic). Jurnal Peqguruang: Seri Konferensi, 1(2), 203-207. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i1.6338.
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.
Azzahra, A., Ibrahim, H., Rohimah, N., Nasution, F.S., & Zakiyyah, Z., (2023). Menguasai keterampilan menyimak yang kritis di kelas tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3 (3), 39–52. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1380.
Engka, I. G., Ngangi, C. R., & Pakasi, C. B. (2015). Partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan jalan pertanian di Aertrang kelurahan Malalayang i timur Manado. AGRI-SOSIOEKONOMI, 11(3), 15-24. https://doi.org/10.35791/agrsosek.11.3.2015.9569.
Erniati, E., Muslima, M., Rachim, N., & Shidiq, M. A. (2022). Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menyimak teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 26-39. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3437.
Halawa, N. (2023). Pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan menyimak teks berita siswa: Cooperative script, menyimak, berita. Ta'ehao: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 166-179. https://doi.org/10.56207/taehao.v2i1.165.
Hamid, A. H. (2015). Strategi Pembelajaran Menyimak. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 1-27. https://dx.doi.org/10.24042/albayan.v7i2.344.
Hanurawan, F. (2013). Sikap mahasiswa terhadap penggunaan diskusi isu-isu kontroversial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2). 135-141. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v18i2.3613.
Hanurawan, F. (2013). Sikap Mahasiswa terhadap penggunaan diskusi isu-isu kontroversial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 135-141. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v18i2.3613.
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56.
Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal pendidikan edutama, 6(1), 31-36. https://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i1.364.
Hastjarjo, D. (1999). Mengembangkan pemikiran kritis mahasiswa. Buletin Psikologi, 7(1), 1-12. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/viewFile/7398/5752.
Hidayati, A. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan komunikatif kelas V SD Padurenan II di Bekasi tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83-95. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.5.2.83-95.
Hudah, N. (2019). Upaya meningkatan hasil belajar matematika melalui metode diskusi pada siswa kelas VI SD Negeri 24 Indralaya. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 42-51. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.788.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Kawet, R. S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar mahasiswa terhadap hasil belajar manajemen konstruksi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 224-239. https://doi.org/10.21009/jtp.v19i3.6710.
Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41-46. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.
Moma, L. (2017). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui metode diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130-139. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402.
Mulyadi, M., & Diana, E. (2019, January). Meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi melalui model pembelajaran reading, questioning and answering (RQA). In Prosiding Seminar Nasional Biotik, 6(1). 710-715. http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4318.
Nissa, K., & Putri, J. H. (2021). Peran Guru dan strategi dalam meningkatkan partisipasi Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 51-58. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.27984.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.
Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), 29-43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158. https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490.
Oktariani, dan Ekadiansyah, E. (2020). Peran literasi dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Jurnal penelitian pendidikan, psikolog dan kesehatan (J-P3K). 1(1), 23-33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip 15(1), 56-63. https://smartlib.umri.ac.id/assets/uploads/files/0b112-12992-29990-1-sm.pdf.
Partawibawa, A., Fathudin, S., & Widodo, A. (2014). Peran pembimbing akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 1-8. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i1.8851.
Rahardianti, E. C., Santoso, K. I., & Wahyudiono, S. (2021). Rancang bangun website forum komunitas pecinta film drama Korea. TRANSFORMASI, 16(2). 1-11. https://doi.org/10.56357/jt.v16i2.224.
Sari, A. K. (2014). Analisis karakteristik gaya belajar vak (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan informatika angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.395.
Sari, I. T. P., & Sylvia, E. (2020). Analisis karakteristik mahasiswa dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa entrepreneur Kabupaten Garut. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(1), 28-40. https://doi.org/10.35899/biej.v2i1.60.
Suhandi, D. Y., Ibrahim, M. Y., & Budjang, G. (2013). Efektivitas penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(9), 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3129.
Syafruddin, S. (2017). Implementasi metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63-73. http://dx.doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3820
Refbacks
- There are currently no refbacks.