Urgensi Menyimak Selektif di Kalangan Mahasiswa dalam Menghadapi Berita Hoax

Nurul Fatikhaturrohmah, Tutut Septia Wati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Menyimak selektif dapat diartikan sebagai kegiatan menyimak untuk memilih dan memfilter informasi yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi menyimak selektif di kalangan mahasiswa dalam menghadapi berita hoax. Metode dalam penelitian ini adalah metode library research, menggunakan data sekunder, dan pengumpulan data  menggunakan teknik simak, libat, dan catat, serta menggunakan teknik triangulasi untuk memvalidasi kebenaran penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah menyimak selektif di kalangan mahasiswa dalam menghadapi berita hoax penting dilakukan karena memiliki keuntungan tersendiri bagi mahasiswa seperti: 1) Mencari kebenaran dari berita di media sosial 2) Memilah informasi untuk mendapatkan berita yang akurat 3) Peranan mahasiswa untuk menekan penyebaran berita hoax. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 3 urgensi menyimak selektif di kalangan mahasiswa dalam menghadapi berita hoax.

Kata kunci— Berita Hoax, Mahasiswa, Menyimak Selektif

Abstract— Selective listening can be defined as listening activities to select and filter the information received. The purpose of this study is to determine the urgency of selective listening among students in dealing with hoax news. The method in this research is library research method, using secondary data, and data collection using listening, engaging, and recording techniques, and using triangulation techniques to validate the truth of this research. The results of this study are selective listening among students in dealing with hoax news is important because it has its own advantages for students such as: 1) Seeking the truth from news on social media 2) Sorting information to get accurate news 3) The role of students to suppress the spread of hoax news. The conclusion in this study is that there are 3 urgencies of selective listening among students in dealing with hoax news.

Keywords— Hoax News, Students, Selective Listening


Full Text:

PDF

References


Afifah, D. N. & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 63-73. https://doi.org/10.30734/jr.v2i1.3306.

Ali, M. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Mencegah Penyebaran Hoax di Era Milenial. Jurnal Ar- Rahmah, 1(1), 66-79. https://ejournal.pergunutanjabbarat.or.id/index.php/arrahmah/article/view/6.

Amal, R. (2019). Pengaruh media terhadap budaya tradisional, lokal, kontemporer, dan budaya popular. Journal Islamic Studies, 1(2), 133-146. https://doi.org/10.47766/atjis.v1i2.1718.

Arini, W. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pada materi cahaya siswa kelas delapan SMP Xaverius Kota Lubuklinggau. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(1), 23-38. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22. https://doi.org/10.30734/jr.v2i1.

Candra, I. S., Asbari, M., & Rozikin, P. R. (2023). Konsep Ekosistem Pendidikan Merdeka: Perspektif Filosofis dan Praksis Najelaa Shihab. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 89-92. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.839.

Choiroh, L. U. (2017). Pemberitaan hoax perspektif hukum pidana islam. Jurnal Hukum Pidana Islam, 3(2), 325-348. https://doi.org/10.15642/aj.2017.3.2.325-34.

Ebtanastiti, D. F., & Muis, T. (2014). Survei Pilihan Karir Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK, 4(3), 1-10. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/download/120/121.

Edward, E. (2021). Identifikasi berita hoax berbasis web menggunakan algoritma C4.5. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 9(1), 53-56. https://doi.org/10.24912/jksi.v9i1.11558.

Fadillah, E. N., & Wijayanti, T. F. (2023). Peran Majelis Perpustakaan dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan dalam Pencegahan Hoax Covid-19. Cendikia, 15(1). 109-122. https://doi.org/10.37850/cendikia.v15i01.369.

Fauziah, H. H. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453.

Fauziah, N. I. (2023). Pengaruh literasi dan budaya terhadap keputusan membeli produk halal di Kamboja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 54-62. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14784.

Grecya, E., Sinurat, B., Yahya, I. E., Ginting, N. A., Tambunan, M. Y. K. T., Al Ahmid, I., & Ivanna, J. (2021). Kontribusi Mahasiswa sebagai Aktor Pendidikan Dalam Menghadapi Rendahnya Literasi terhadap Berita Hoax: Aktor atau Penonton. Jotika Journal in Education, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.56445/jje.v1i1.14.

Halawa, N. (2023). Pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan menyimak teks berita siswa: Cooperative Script, Menyimak, Berita. Ta'ehao:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 166-179. https://doi.org/10.56207/taehao.v2i1.165.

Hanafi, N., Mahawan, S., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi ragam keterampilan menyimak bahasa Inggris bagi mahasiswa S1 bahasa Inggris universitas Muhammadiyah Mataram. Darma Diksani:Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(1), 98-100. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i1.1325.

Handoyo, L. D. (2014). Menumbuhkembangkan karakter mahasiswa melalui service learning program di mata kuliah ilmu gizi dan kesehatan. Widya Dharma: Jurnal Kependidikan, 26(2), 183-200. https://doi.org/10.21831/jppfa:v3i1.7811.

Hasanudin, C. (2019). Kajian sintaksis pada novel sang pencuri warna karya Yersita. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 19-30. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.191.

Ibrahim, S. (2001). Komunikasi sebagai faktor determinan dalam organisasi. Jurnal Komunikasi, 2(2), 291-301. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/738/405.

Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 128-144. https://doi.org/10.2317/jpis.v25i1.825.

Jazimah, H. (2014). Implementasi manajemen diri mahasiswa dalam pendidikan Islam. MUDARRISA:Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 221-250. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.221-250.

Kosasih, E., Raharusun, A. S., Dalimunthe, R. P., & Kodir, A. A. (2020). Literasi media sosial dalam pemasyarakatan moderasi beragama dalam situasi pandemi Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2(2), 1-11. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30707.

Koto, I. (2021). Hate speech dan hoax ditinjau dari undang-undang ite dan hukum islam. SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi, 2(1), 48-56. https://doi.org/10.55357/sosek.v2i1.125.

Nugroho, A., Bakti, C. A., Murti, P. D. B., & Belaon, M. Y. (2021). Edukasi bahaya berita hoax di masa pandemi pada wali siswa PAUD RUSA. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 65-76. https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p65-76.

Paramita, G. V. (2010). Studi kasus perbedaan karakteristik mahasiswa di universitas ‘x’-indonesia dengan universitas ‘y’-australia. Binus Journal Publishing, 1(2), 629-635. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2904.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Fitur Short pada YouTube sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMA. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1-8. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.

Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Keterampilan Literasi Informasi sebagai Upaya Pencegahan Hoax Mengenai Informasi Kesehatan di Media Sosial. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 9(1), 99-114. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28650.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku penggunaan dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 58-70. https://doi.org/10.26905/jmdkv5i1.1342.

Retpitasari, E. (2023). Dampak pemahaman keagamaan dan kemampuan literasi media terhadap sebaran berita hoax di komunitas Surabaya mengaji. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(2), 183-195. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.921.

Sari, Y. I. H. (2017). Proses pembuatan item tes OLIVE, mendengarkan online untuk latihan individu. Jurnal Lingua Applicata, 1(1), 84-103. https://doi.org/10.22146/jla.28314.

Septiana, N., & Wahyu, R. M. (2021). Dampak berita hoax pada masyarakat: studi fenomenologi Kelurahan Ngronggo Kota Kediri. NGARSA: Jurnal Pengabdian Berbasis Kearifan Lokal, 1(2), 207-216. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.268.

Sinaga, K., Junaidi, J., Saragi, S., & Batoebara, M. U.(2019). Pelatihan meminimalisir efek hoax media sosial di desa Namo Sialang Kecamatan Batang kabupaten Langkat Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 150-159. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3257.

Sultoni, S., Gunawan, I., & Sari, D. N. (2018). Pengaruh etika profesional terhadap pembentukan karakter mahasiswa. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 279-283. https://dx.doi.org/10.17977/um027v1i3018p279.

Sunarto, A. (2017). Dampak media sosial terhadap paham radikalisme. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 10(2), 126-132. http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v10i2.647.

Wahyuni, J. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan dari Kisah Haditsul Ifki dalam QS An-Nur Ayat 11-20 tentang Sikap Tabayyun dan Kehati-Hatian Menerima Berita di Era Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 66-73. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.171.

Wahyuni, W. S., Fithri, B. S., Harahap, D. A., & Kartika, A. (2021). Sosialisasi sanksi penyebaran berita bohong (Hoax) berdasarkan undang-undang Informasi dan transaksi elektronik. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 2(1), 42-45. https://dx.doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3115.

Wardani, W., & Anisyahrini, R. (2022). Peningkatan kemampuan literasi digital dalam upaya pencegahan paparan berita hoax di masa pandemi covid 19 pada kelompok lansia di kelurahan Cinunuk. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 856-860. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4919.

Wardhani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika mahasiswa Universitas Trunojoyo. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 42-54. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.215.

Widayat, P. A., Munthe, B., & Musthofa, T. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis kecerdasan interaksional untuk meningkatkan kompetensi berbahasa arab siswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 6(1), 39-53. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.310.

Winarno, R. A., & Yermiandhoko, Y. (2018). Pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada tema peduli lingkungan sosial kelas IIIB SDN Ujung V/30 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1-13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23823.

Zahroh, U. & Asyhar, B. (2014). Kecenderungan gaya belajar mahasiswa dalam menyelesaikan masalah fungsi bijektif. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 15-30. https://doi.org/10.22219/jkpp.v21.1738.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.