Urgensi Menyimak Ekstensif di Kalangan Mahasiswa Pecinta Podcast

Harbeng Masni, Elsa Yuliana, Felisia Enggita Cahyani, Muchamad Baharudin Romadhoni, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Menyimak ekstensif dapat diartikan sebagai suatu kegiatan mendengarkan hal umum, serta terbuka terkait dengan apa yang dibicarakan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui urgensi menyimak ekstensif pada kalangan mahasiswa terutama bagi pecinta podcast. Penelitian ini menggunakan metode library research, data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder, teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simak, catat, libat, dan jenis teknik validasi artikel ini dilakukan dengan menggunakan Teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah menyimak ekstensif di kalangan mahasiswa pecinta podcast memiliki peran penting seperti: 1) Dapat menambah wawasan melalui menyimak podcast 2) Dapat mengembangkan kemampuan mendengar 3) Dapat memperluas jaringan dan informasi 4) Dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 4 urgensi menyimak ekstensif di kalangan mahasiswa pecinta podcast.

Kata kunci- Mahasiswa, Menyimak Ekstensif, Podcast

 

 

Abstract—Extensive listening can be defined as an activity of listening to general, open things related to what is being discussed. The purpose of this study is to find out the urgency of extensive listening among students, especially for podcast lovers. This research uses library research method, the data used in this research is secondary data, the techniques used in this research are listening, note taking, involvement, and the type of validation technique of this article is done by using triangulation technique. The results of this study are extensive listening among students who love podcasts has an important role such as: 1) Can add insight through listening to podcasts 2) Can develop listening skills 3) Can expand networks and information 4) Can improve language skills. The conclusion in this study is that there are 4 urgencies of extensive listening among students who love podcasts.

Keywords- Students, Extensive Listening, Podcasts


Full Text:

PDF

References


Anisyah, N., & Hendra, F. (2023). Metode pembelajaran audiolingual dengan podcas untuk meningkatkan kemahiran menyimak (Maharat Al-Istima’) pada maha-siswa. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(3), 573-582. https://doi.org/10.47353/bj.v3i3.265.

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1-15. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/7717.

Astuti, P. W., & Hasanudin, C. (2023). Implementasi Media Lectora Inspire sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Daring Sinergi,1(1), 1739-1744. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1902.

Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 88-97. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428.

Farhan, M. (2022). The Use of Podcasts as a Media for Learning Indonesian Litera-ture. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 64-71. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/estetika.v3i2.201.

Febriansyah, A. D. (2023, September). Mengembangkan media podcast untuk mer-eduksi kecemasan ujian akhir pada siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3). http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/13253.

Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, eksistensinya bagi mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 82-97. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jch.

Halawa, N. (2023). Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Me-nyimak Teks Berita Siswa: Cooperative Script, Menyimak, Berita. Ta'ehao: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 166-179. https://doi.org/10.56207/taehao.v2i1.165.

Hanafi, N., Mahawan, S., dan Azizah, N. (2022). Sosialisasi ragam keterampilan me-nyimak Bahasa Inggris bagi mahasiswa S1 Bahasa Inggris Universitas Mu-hammadiyah Mataram. Darma diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(1), 98-100. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i1.1325.

Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar siswa pada pembelaja-ran flipped class. Jurnal Pendidikan Edutama, 6 (1), 31- 36. https://scholar.archive.org/work/pu6raedroravjaizsmfm2rbyw4/access/wayback/http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/download/364/pdf_1.

Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan podcast sebagai media suplemen pembela-jaran berbasis digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Tera-pan, 2(2), 11. https://scholarhub.ui.ac.id/cgi/viewcontent.cgi?article=1056&context=jsht.

Ilana, V. R., Hidayat, E., & Mardasari, O. R. (2021). Pengembangan media podcast untuk keterampilan menyimak mahasiswa prodi pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(2), 151-161. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p151-161.

Jamaludin, Z. Z., & Saputra, E. R. (2021). Pengembangan podcast dengan model Addie pada materi cerita rakyat sebagai sumber belajar berbasis audio. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 120-127. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.3887.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Kurniaman, O., dan Huda, M. N. (2018). Penerapan strategi bercerita untuk mening-katkan keterampilan menyimak siswa kelas III SD Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 249-255. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6284.

Lailika, A. S., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur representatif dalam podcast Deddy Corbuzier dengan Nadiem Makarim-Kuliah Tidak Penting?. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 97-109. https://doi.org/10.31943/bi.v5i2.70.

Lutfia, D.D., & Rahadi, D.R. (2020). Analisis Magang Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8 (3), 199–204. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340.

Manurung, M., & Rahmadi, R. (2017). Penciptaan Faktor-faktor Pembentukan Karak-ter Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1 (1), 41 - 46. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720.

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., dan Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48-56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405.

Nesi, A., dan Rampung, B. (2019). Penyusunan kurikulum bahasa Indonesia untuk postulat OFM Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 85-104. https://doi.org/10.36928/jrt.v2i2.385.

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.

Partawibawa, A., Fathudin, S., & Widodo, A. (2014). Peran pembimbing akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 1-8. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i1.8851.

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran keterampilan menyimak dengan menggunakan media podcast berbasis model pembelajaran Projeck Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108-117. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Fitur Short pada Youtube se-bagai Penunjang Pembelajaran Menulis puisi pada Siswa SMA. In Seminar Na-sional Daring Sinergi, 1(1), 1- 8. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.

Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 67-81. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Sahabudin, A. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus: Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal e-bussiness Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65-73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63.

Salsabila, A. N., Kholimah, Z. S. N., Azzahro, S., Akbaryanto, F., & Sukasih, S. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Dialog Berita Dan Petunjuk Pada Anak Sekolah Dasar (SD). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(6), 41-53. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.467.

Sari, M. I., Lisiswanti, R., & Oktafany, O. (2017). Manajemen Waktu pada Maha-siswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(3), 525-529. https://doi.org/10.23960/jkunila13525-529.

Septiari, W. D. (2022). Keterampilan Menyimak Teks Prosedur Melalui Teknologi Informasi “Tik-Tok”. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 4(1), 41-48. https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i1.2246.

Septya, J. D., Widyaningsih, A., BB, I. N. K. B., dan Harahap, S. H. (2022). Pembelaja-ran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-368. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616.

Susmanto, S., Zainal, Z., & Munawir, M. (2018). Sistem Penerapan Fuzzy Multi At-tribute Decision Making (MADM) Dalam Mendukung Keputusan Untuk Menentukan Lulusan Terbaik Pada Sekolah Tinggi Teknik Poliprofesi Medan. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 1(1), 35-41. https://doi.org/10.32672/jnkti.v1i1.735.

Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. Komunike: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(2), 210-234. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/komunike/article/view/2739.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolingustik. Jurnal Pendidikan Tambusi, 6(2), 11393- 11402. https://doi.org./10.31004/iptam.v6i2.4253.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah da-sar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka olah Pikir Edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.

Zahid, I., & Selamat, M. N. (2022). Maksim perbualan dan keberkesanan komu-nikasi: Analisis Tekstual Podcast temu Bual Kesihatan: Conversational Max-ims and Effective Communication: Textual Analysis in Health Podcast Inter-view. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 12(2), 28-40. https://journal.ump.edu.my/ijleal/article/view/7765.

Zahroh, U., & Asyhar, B. (2014). Kecenderungan gaya belajar mahasiswa dalam me-nyelesaikan masalah fungsi bijektif. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pen-didikan, 2(1), 72-81. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1738.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.