Urgensi Menyimak Sosial di Kalangan Karang Taruna di Daerah Pedesaan
Abstract
abstrak— Menyimak sosial dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan mendengarkan dan memahami terhadap lingkungan sosial atau masyarakat. Tujuan dari penelitian yakni ingin memahami dan mengetahui urgensi dari menyimak sosial dalam lingkup karang taruna terutama di daerah pedesaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode kepustakaan, jenis data dalam penelitian ini berupa data sekunder, teknik yang terdapat pada penelitian berupa menyimak, melibatkan, dan mencatat, sementara teknik untuk memvalidasi yang ada pada penelitian ini berupa teknik pengujian kreadibilitas (triangulasi). Hasil penelitian ini adalah menyimak sosial di kalangan karang taruna di daerah pedesaan memiliki peran penting seperti: 1) Memperlancar serta meringankan kegiatan yang ada dalam organisasi karang taruna di daerah pedesaan 2) Meningkatkan sikap empati atau kepedulian terhadap sesama dalam organisasi karang taruna di pedesaan 3) Menciptakan pedesaan yang rukun dan harmonis 4) Memajukan pedesaan 5) Menciptakan jiwa pemuda yang produktif dalam organisasi karang taruna. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 5 urgensi menyimak sosial di kalangan karang taruna di daerah pedesaan.
Kata kunci— Karang Taruna, Menyimak, Pedesaan, Sosial
Abstract— Social listening can be interpreted as a form of listening and understanding activities towards the social environment or society. The purpose of the research is to understand and know the urgency of social listening within the scope of youth organizations, especially in rural areas. The method used in this research is the library method, the type of data in this study is secondary data, the techniques contained in the research are listening, involving, and recording, while the technique to validate the existing research is in the form of reliability testing techniques (triangulation). The results of this study are social listening among youth organizations in rural areas has an important role such as: 1) Facilitate and alleviate activities in youth organizations in rural areas 2) Increase the attitude of empathy or concern for others in youth organizations in rural areas 3) Creating a harmonious and harmonious countryside 4) Advancing the countryside 5) Creating a productive youth spirit in youth organizations. The conclusion in this study is that there are 5 urgencies of social listening among youth organizations in rural areas.
Keywords— Youth Organization, Listening, Rural, Social
Full Text:
PDFReferences
Adiluhung, J.W. (2020). Sosiologi pedesaan di era coronavirus 19. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 12(2), 184 - 195. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/madani.v12i2.2007.
Adlini,M. N., Dinda, A.H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S.J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Almasri., & Deswimar, D. (2014). Peran program pemberdayaan masyarakat desa dalam pembangunan pedesaan. Jurnal El-Riyasah, 5(1), 41-52. http://dx.doi.org/10.24014/jel.v5i1.657.
Andriani, U., & Zulaika, T. (2019). Peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa. Jurnal Akademi Akuntansi (JAA), 2(2) ,119-144. https://doi.org/10.22219/jaa.V2i2.10510.
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.
Anisa, S.N., Artawan, G., & Indriani, M.S. (2021). Penerapan strategi omaggio dalam upaya meningkatkan hasil belajar menyimak cerita rakyat siswa kelas X multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 11(2), 152-160. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.34654.
Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2), 59-76. http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.363.
Arief, M.R., & Adi, A.S. (2014). Karang taruna dalam pembinaan remaja di dusun candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 190-205. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n2.p190-205.
Aswadi, D., & Lismayanti, H. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan karakter anak di era milenial. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 89-98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970.
Azca, M.N., & Rahardianto, O. (2012). Mengapa menerbitkan jurnal studi pemuda?. Jurnal Studi Pemuda, 1(1). 46-49. https://journal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/download/32077/19401.
Bawono, I.R. (2019). Optimalisasi Potensi Desa di Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
Budirman., Azhar, A.K., Nurlina, A., Zakia, A., & Insan C. (2020). Peran masyarakat taruna dalam pengembangan masyarakat Desa Cangkuang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 18(3), 82-90. https://doi.org/10.54783/dialektika.v18i3.83.
Claudiawan, S., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Filosofis apatis: Menyimak kajian filosofis Fahrudin Faiz. Jurnal Pendidikan Transformator (Jupetra), 2(1), 57-61. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.65.
Diana, S., & Tampubolon, A.E.J. (2023). Metodologi penelitian vokasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Girsang, M.L., Ridlo M.R., & Utari, A. (2019). Penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 2(2), 258-269. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.71.
Goma, I.E., Sandy, A.T., & Zakaria, M. (2021). Analisis distribusi dan interpretasi data penduduk usia produktif indonesia tahun 2020. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 6(1), 20-27. https://doi.org/10.32663/georaf.v6i1.1781.
Hasanudin, C. (2017). Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di kabupaten bojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 120-129. http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6963.
Hertanti, S. (2018). Pelaksanaan program karang taruna dalam upaya meningkatkan pembangunan di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jurnal Moderat, 4(4), 69-80. http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v4i4.1783.
Jatmiko, J. (2018). Pengaruh penggunaan multimedia dan penguasaan kosakata bahasa Jawa terhadap keterampilan menyimak cerita wayang. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(2), 1-10. https://doi.org/10.32585/.v4i2.165.
Juwita, S.A. (2019). Buku Pegangan Karang Taruna: Manajemen Organisasi hingga Pengelolaan Ekonomi Produktif. Yogyakarta: CV Hijaz Pustaka Mandiri.
Khairen, J.S. (2014). Tangguh. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kurniasih, D., & Suhendar, C. (2021). Karakteristik modeling/profiling wilayah pemilihan desa berdasarkan potensi demografis dan geografis di Kabupaten Bandung. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.47134/villages.v2i1.19.
Kurniawan, D., & Wustqa D.U. (2014). Pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap pretasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176-187. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674.
Laka, L., & Reresi, M. (2021). Penanaman nilai-nilai moral pada pemuda melalui kegiatan karang taruna. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 32-38. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JP3Kn/article/view/5085.
Lestari, A.P.I.Y., Kristiantari, M.G.R., & Suniasih, N.W. (2020). Kontribusi tindak pembelajaran guru kelas I SD pada keterampilan menyimak siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27419.
Lumbantoruan, W. (2011). Keadaan Desa Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Jurnal Geografi, 3(1), 39-46. https://doi.org/10.24114/jg.v3i1.7287.
Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., Asi, Y.E. (2021). Analisis Citraan daalm kumpulan puisi ku ajak kau ke hutan dan tersesat berdua karya Boy Candra. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 36-44. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2851.
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak (Studi kasus pada anak usia 3-4 tahun di KBI Al Madina Sampangan tahun ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115-122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.115-122.
Meuraksa, M.A.E., & Saputra, A.A. (2020). Peranan karang taruna dalam upaya penyelenggaraan dan pembangunan kesejahteraan sosial Kecamatan Pamulang. Humanika: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, 4(1), 7-33. https://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/80.
Noviana, L. (2013). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak pada anak kelompok bermain tunas bangsa di Desa Wotansari Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Jurnal Mahasiswa Unesa, 2(1), 1-20. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/902.
Novitasari, T., & Susanto, F. (2019). Bentuk kreativitas pemuda karang taruna dalam pembangunan Desa Bening. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(2), 25-28. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas/article/view/1835.
Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.
Parwati, D., & Pithaloka, D. (2022). Perilaku komunikasi kepala desa dalam pembangunan Desa Suka Makmur Kabupaten Kampar. Journal of Political Communication and Media, 1(1), 50–60. https://journal.rc-communication.com/index.php/JPCM/article/view/22.
Pink, D.H. (2019). A whole New Mind. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Puruhita, A.A., Suyahmo, S., & Atmaja, H.T. (2016). Perilaku sosial anak-anak jalanan di Kota Semarang. JESS (Journal of Educational Social Studies), 5(2), 104-112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/14073.
Purwaningsih E. (2012). Pentingnya Hidup Rukun. PT balai pustaka (Persero): Jakarta Timur.
Putri, B.I.N.W., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Discovery learning dengan memanfaatkan kemasan kudapan: Analisis keterampilan menulis teks persuasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 143-151. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3375.
Rahmatika, A., Manurung, A.A., & Ramadhani, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan empati anak usia dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(3), 122–130. https://doi.org/10.56211/sudo.v2i3.330.
Ramlan, P. (2020). Optimalis buasi karang taruna dalam pengembangan potensi generasi muda di Desa Tuncung. Mallomo: Journal of Community Service, 1(1), 42-49. https://doi.org/10.55678/mallomo.v1i1.307.
Ratnamulyani, I.A., & Maksudi, B.I. (2018). Peran media sosial dalam peningkatan partisipasi pemilih pemula di kalangan pelajar di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154-161. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965.
Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 66-81. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.
Roszi, J.P., & Mutia, M. (2018). Akulturasi nilai-nilai budaya lokal dan keagamaan dan pengaruhnya terhadap perilaku-perilaku sosial. FOKUS, Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 3(2), 171-198. https://doi.org/10.29240/jf.v3i2.667.
Sahrihatin, M. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(3), 235-243. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6703.
Saleha, Q. (2013). Kajian struktur sosial dalam masyarakat nelayan di pesisir Kota Balikpapan. Buletin PSP, 21(1), 67-75. https://journal.ipb.ac.id/index.php/bulpsp/article/view/10864.
Setiawan, E. (2021). Pemahaman masyarakat tentang penerapan akuntansi pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntasi 12(2), 580-590. https://doi.org/10.23887/jimat.v12i2.30643.
Sriyana dan Fernando, F. (2022). Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Sujai, A. (2017). Peran alumni Madrasah Al-jauharotunnaqiyyah Cibeber dalam membentuk homogenitas karakter keagamaan dan tradisi keagamaan masyarakat pedesaan di Kota Cilegon. Geneolologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 97-106. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v1i02.954.
Sulistyowati, S., & Simatupang, N. (2014). Meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui strategi simak-kerjakan. PAUD Teratai, 4(1), 1-5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/902.
Suradi, S., (2019). Karang taruna agen perubahan dan pengembangan masyarakat di Pandeglang. Sosio Konsepsi, 8(3), 241-254. https://doi.org/10.33007/ska.v8i3.1676.
Sutha, D.W. (2016). Analisis lingkungan sosial terhadap perilaku merokok remaja di Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang Madura. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 2(1), 43-59. http://dx.doi.org/10.29241/jmk.v2i1.50.
Syuhada, Z., Hartati, H., & Nopyandri, N. (2020). Fungsi kepala desa dalam pembangunan desa. Mendapo: Journal of Administrative Law, 1(3), 207-223. https://doi.org/10.22437/mendapo.V1i3.11064.
Tambunan, T.S. (2016). Glosarium Istilah Pemerintah. Jakarta: Prenada Media Group.
Umi, C. (2020). Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Grasindo: Jakarta.
Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.
Wadi, L.T. (2017). Perbedaan stratifikasi sosial (Gelar kebangsawanan) Sebagai penyebab terjadinya pencegahan perkawinan perspektif hukum islam. AL-IHKAM: Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal Al- Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram, 9(1), 106-133. https://doi.org/10.20414/alihkam.v9i01.1156.
Wadu, L.B., Ladamay, I., & Jama, S.R. (2019). Keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan melalui kegiatan karang taruna. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7546.
Widiansyah, S. (2017). Dampak keberadaan industri terhadap perubahan struktur sosial masyarakat (Studi masyarakat Desa Bojong, Cikupa, Kabupaten Tangerang). Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 3(2), 35-46. http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v3i2.3086.
Wulandari, R., Nursyamsiyah, S., Akhyadi, A.S., Jumiatin, D., & Sumitra, A. (2019). Media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun dengan metode bercerita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 37-43. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p37-43.
Zahroh, S., & Na'imah, N. (2020). Peran lingkungan sosial terhadap pembentukan karakter anak usia dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293g.
Zainudin, A. (2016). Model kelembagaan pemerintah desa. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(2), 338-351. https://doi.org/10.24905/jip.1.2.2016.338-35.
Zia, N.G. (2022). Mom's Produktivity Hacks: Panduan Sederhana untuk Menjadi Ibu yang Produktif dan Bahagia. Bandung: Mizan Publishing.
Zunaidi, M. (2013). Kehidupan sosial ekonomi pedagang di pasar tradisional pasca relokasi dan pembangunan pasar modern. The Sociology of Islam, 3(1), 51-64. https://doi.org/10.15642/jsi.2013.3.1.%25p.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3810
Refbacks
- There are currently no refbacks.