Penggunaan Media Microsoft Teams dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X di SMAN 2 Kudus

Nurul Lailatul Aini, Haryadi Haryadi, Nas Haryati

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media microsoft teams dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X di SMAN 2 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media microsoft teams dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa pada kelas X MIPA 1 dikatakan berjalan dengan cukup baik, efektif dan efisien. Berbagai fitur dalam satu aplikasi yang membuatnya lebih mudah diakses oleh guru dan siswa, karena guru dapat menyampaikan materi menggunakan berbagai fasilitas atau fitur yang disediakan oleh tim, tidak hanya dalam bentuk teks tetapi juga dalam bentuk video. Selain itu, guru juga dapat menilai keaktifan siswanya dengan fitur obrolan, dan dapat secara efisien menetapkan tugas sebagai bahan evaluasi untuk melihat tingkat pemahaman siswa. Selain itu, tim juga dapat digunakan untuk reservasi video untuk pembelajaran tatap muka via online. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan microsoft teams cukup efisien dalam proses pembelajaran saat ini. Fitur-fitur yang digunakan dalam proses pembelajaran meliputi; 1. Aktivitas (activity), 2. Obrolan (chat), 3. Postingan (post), 4. File (files), 5. Tugas (assignment), 6. Nilai (grade), 7. Ekspor nilai, dan 8. Meet atau video conference.

Kata kunci— Microsoft Teams, Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi

 

 

Abstract— This study aims to determine the use of Microsoft Teams media in learning to write report texts on the observations of class X students at SMAN 2 Kudus. This type of research is qualitative research. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. The sample selected in this study was class X MIPA 1.

The results showed that the use of Microsoft Teams media in learning to write report texts on student observations in class X MIPA 1 was said to be running quite well, effectively and efficiently. Various features in one application that make it more accessible to teachers and students, because teachers can deliver material using various facilities or features provided by the team, not only in text form but also in video form. In addition, teachers can also assess the activeness of their students with the chat feature, and can efficiently assign assignments as evaluation materials to see the level of student understanding. In addition, the team can also be used for video reservations for face-to-face learning via online. This shows that learning using Microsoft Teams is quite efficient in the current learning process. The features used in the learning process include; 1. Activities, 2. Chats, 3. Posts, 4. Files, 5. Assignments, 6. Grades, 7. Export grades, and 8. Meet or video conferencing.

Keywords— Microsoft Teams, Writing, Observation Report Text

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431(2), 431-440. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/114.

Ambarawati, N. K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Pendekatan Integratif. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(1). 41-53. http://dx.doi.org/10.26418/jpp.v5i1.40638.

Dewi, N. P. E. P., Sutama, I. M., & Sriasih, S. A. P. (2015). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IIS. 1 SMAN 1 mendoyo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138-144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158.

Fahri, M. U. (2020). Meeting Online dengan Microsoft Teams.

Juliawati, N. K., Sutama, I. M., Gunatama, G., & Hum, M. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.6254.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356.

Listiani, F. D. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel dan Model Pembelajaran yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 112-128. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883.

Martin, S. E., & Emidar, E. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 86-92. https://doi.org/10.24036/104519-019883.

Musyafa, N. F. (2020). Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 37-46.

Mugianto, M., Ridhani, A., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Perencanan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 1(4), 353-366. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v1i4.769.

Nawii, A., & Hamidaton, U. (2020). Penerimaan Pelajar University Sains Islam Malaysia (Usim) Terhadap Penggunaan Microsoft Teams Sebagai Platform Pembelajaran Satu Tinjauan. E-Proceeding: Seminar Antarabangsa Islam Dan Sains (SAIS 2020), 315–330. https://oarep.usim.edu.my/jspui/handle/123456789/6838.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282-289. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.

Septarianto, T. W., & Subyantoro, S. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi yang Bermuatan Kearifan Lokal untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 216-224. https://doi.org/10.15294/seloka.v5i2.13087.

Sudrajat, R. T., & Firmansyah, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Pendekatan Discovery di Kelas X SMA XIX Kartika 1 Bandung. Semantik, 9(2), 157-162. https://doi.org/10.22460/semantik.v9i2.p%25p.

Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 713-720. https://doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.978.

Wardani, D. R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 202-211. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/231.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.