mijil.id: Inovasi Media Pembelajaran Daring untuk Society 5.0

Arif Setyawan, Ari Suryawati Secio Chaesar, Masnuatul Hawa

Abstract


Abstrak— Era society 5.0 menjadi hal yang tak mungkin tertolakkan. Intensitas dan kemasifan masyarakat dalam penggunaan media digital menjadi penannda era tersebut. Hal ini juga terjadi dalam pembelajaran, yang mana banyak media digital yang dimanfaatan sebagai media pembelajaran daring. mijil.id merupakan inovasi media pembelajaran daring, khususnya berkenaan dengan pemanfaatannya sebagai sistem manajemen pembelajaran daring layaknya Learning Management System (LMS). Penelitian ini memanfaatakan studi pustaka yang sumber datanya berupa data sekunder yang memiliki korelasi terhadap topik penelitian. Kelayakan mijil.id sebagai inovasi media pembelajaran daring, antara lain sebagai berikut (1) memiliki kemudahan dalam pengoperasian, (2) pengadminitrasian pembelajaran daring yang rapi; (2) mijil.id memiliki pengoperasian yang ringan; (3) tampilan bersahabat dengan telpon genggam (handphone); (4) pendokumentasian aktivitas diskusi yang rapi; (5) fasilitas emoticon yang membuat pembelajaran daring lebih humanis; dan (6) fasilitas pemantaun pengunjung ‘kelas’ ‘course’. Hasil penelitian mengurai-jelaskan mengenai lima tahapan dalam pengimplementasian mijil.id sebagai inovasi media pembelajaran daring, khususnya berkenaan dengan sistem manajemen pembelajaran daring. Lima tahapan tersebut meliputi (1) pendaftaran akun, (2) pembuatan tautan unik kelas virtual, (3) pembuatan kelas virtual tahap awal, (4) pembuatan kelas vitual tahap lanjut, (5) membagikan tautan kelas virtual mijil.id. Simpulan dari penelitian ini bahwa merupakan inovasi media pembelajaran daring, khususnya berkenaan dengan sistem manajemen pembelajaran daring layaknya LMS.

Kata kunci— mijil.id, inovasi, media pembelajaran, society 5.0

 

 

 

Abstract— We can not denied the Society 5.0 era. An intensive and massive on digital media utility by the society is the sign of this era and this is also occur in learning process. Numerous digital medial used on online learning media. mijil.id is an online learning media innovation specially for Learning Management System. This research takes literature study where the secondary data has corelation with this research topic. This research explain and describe about five stages in mijil.id implementation as innovation in Learning Management System that focus on online LMS. mijil.id is appropriate as an innovation in online learning media because (1) accessibility in operation, (2) well-organization in online learning administration; (2) easy in operation; (3) mobile phone user-friendly interface; (4) well-organization in documenting the discussion activity; (5) emoticon feature that support civilize online learning; and (6) monitoring facility for course visitor.These five stages are (1) registration new account, (2) creating unique link for virtual classroom, (3) initial process on virtual classroom creation, (4) further process on virtual classroom process, (5) sharing the virtual classroom link. As the conclusion, mijil is an innovation in online learning media especially for most of online LMS application.

Keywords— mijil.id, innovation, learning media, society 5.0

 


Full Text:

PDF

References


Afifah, D.N., & Hasanuddin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 63-73. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/3306.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., dan Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Canals, L., & Al-Rawashdeh, A. (2019). Teacher training and teachers attitudes towards educational technology in the deployment of online English language course in Jordan. Computer Assisted Language Learning, 32(7), 639-664. https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1531033.

Ellis, K. Ryann. 2009. A Field Guide to Learning Management System. American Society for Training and Development (ASTD).

Fauziyyah, S.G., Kurnia, M.D., Cahyo Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Webtoon untuk Meningkatkan Minat Baca bagi Peserta Didik. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 63-73. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/2870.

Imawan, AP. & Prasongko, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Daring: Analisis Muliti-Level Perspective dalam Flatform Digital Pembelajaran Daring Di Indonesia. Matra Pembaruan. 6(2), 147-158. https://doi.org/10.21787/mp.6.2.2022.147-158.

Moorhouse, B.L. (2020). Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemi. Journal of Education for Teaching, 0(0), 1-3. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1755205.

Mutoharoh, T., Kurnia, M.D., Jaja, J., Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Youtube untuk Media Pembelajaran. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 63-73. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/2883.

Osman, M.E. (2020). Global impact of COVID-19 on education system: the emergency remote teaching at Sultan Qaboos University. Journal of Education for Teaching, 46(4), 463-471. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1802583.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.