Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Teks Hikayat Kelas X SMA Nurul Huda Pucuk

Moh. Nizam Nasrullah Fanani, Risnawati Risnawati, Maulida Tifani. A.N.H.

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran Google Sites adalah platform pembuatan website yang dapat digunakan sebagai alat media pembelajaran yang menarik. Penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran berbasis website diharapkan dapat mengatasi masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks hikayat, di SAM Nurul Huda Pucuk yang saat ini masih menggunakan pendekatan teks yang terbatas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model 4-D, yang terdiri dari empat tahap: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Namun, tahap penyebaran tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian terdiri dari tiga validator, yang terdiri dari dua dosen dan satu guru Bahasa Indonesia dari SMA Nurul Huda Pucuk, serta peserta didik kelas X dari SMA Nurul Huda. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Google Sites yang difokuskan pada pembelajaran Bahasa Indinesia dengan materi teks hikayat di SMA Nurul huda Pucuk. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang telah dikembangkan dinilai baik dan layak untuk digunakan, berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa materi mencapai tingkat kelayakan sebesar 88% dengan rerata nilai 4,4, sementara hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran mencapai tingkat kelayakan sebesar 71% dengan rerata nilai 4, produk media ini telah terbukti dapat diterima dan diaplikasikan dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran teks hikayat.

Kata kunci— Pengembangan, Google Sites, Teks Hikayat

 

Abstract— This research aims to develop learning Google Sites is a website creation platform that can be used as an interesting learning media tool. The use of Google Sites as a website-based learning medium is expected to overcome problems in Indonesian learning, especially saga text material, at SAM Nurul Huda Pucuk which currently still uses a limited text approach. This research is a type of development research (Research &; Development) that uses a 4-D model, which consists of four stages: the defining stage (Define), the design stage (Design), the development stage (Develop), and the deployment stage (Disseminate). However, the dissemination stage was not implemented in this study. The research subjects consisted of three validators, consisting of two lecturers and one Indonesian teacher from SMA Nurul Huda Pucuk, as well as class X students from SMA Nurul Huda. The learning media used in this study is Google Sites which is focused on learning Indonesian language with saga text material at SMA Nurul huda Pucuk. Based on the results of the study, the learning media that has been developed is considered good and suitable for use, based on validation from material experts, media experts, teachers, and students. The results of material validation show that the material reaches a feasibility level of 88% with an average value of 4.4, while the results of media validation show that learning media reaches a feasibility level of 71% with an average value of 4, this media product has proven to be acceptable and applicable in learning, especially in the study of saga texts

Keywords— Development, Google Sites, Tale Text


Full Text:

PDF

References


Arief, R. (2017). Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table dan Gmail. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan V 2017, 137–144. https://core.ac.uk/download/pdf/289705217.

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 2(1), 49–56. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/71

Audia, C., Yatri, I., Aslam, Mawani, S., & Zulherman. (2021). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1783/1/012114

Rijal, A. S., & Jaya, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(1), 81. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238

Sari, Heni Vidia, and Hary Suswanto. ―Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan.‖ Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2, No. 7 (2017):1008–1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9734/4593.

Taufik, M., Satriao, S., Ayub, S,. Sahidu, H., & Hikamaeati, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru IPA SMP Kota Mataram Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, (2012).

Mukti, Widya Mutiara, Yudhia Bella Puspita N, and Zanetti Dyah Anggraeni. “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis.” FKIP E-PROCEEDING 5, no. 1 (2020): 51–59.

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.