Pemanfaatan Aplikasi Wattpad sebagai Penguatan Literasi Baca-Tulis di Sekolah Dasar untuk Mendukung Gerakan Literasi Nasional

Neli Aprillia Ayu Puspitasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Gerakan Literasi Nasional merupakan program pemerintah bertujuan untuk memperkuat minat literasi masyarakat. Gerakan Literasi Nasional dibagi menjadi literasi digital, literasi sains, literasi numerasi, literasi finansial, literasi budaya, dan literasi baca tulis. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat keberhasilan aplikasi Watpad sebagai penguatan Literasi baca tulis siswa di sekolah dasar. Penulis memanfaatkan studi pustaka (library research) pada metode penelitian yang merupakan teknik pembacaan literasi yang berasal dari sumber tertulis. Data yang didapat merupakan data sekunder yang bersumber dari buku terbitan dan jurnal nasional serta jurnal internasional. Pada teknik pengumpulan data, teori yang digunakan mengacu terhadap teori dari Mary W. Geroge yang akan dijabarkan sebagai berikut. 1) Pemilihan topik mengenai kemampuan literasi baca tulis menggunakan aplikasi Wattpad, 2) Penulis merancang konsep untuk membuat Wattpad sebagai sarana penguatan literasi baca tulis, 3) Penulis menyusun hasil dari konsep aplikasi Wattpad, 4) Menyimpulkan hasil dari data yang telah dikumpulkan. Hasil pada penelitian ini yaitu aplikasi Wattpad dapat berperan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis seseorang. Aplikasi Wattpad ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran literasi baca-tulis di sekolah dasar. Cara untuk mengakses aplikasi Wattpad yaitu dimulai dari tahap register, mulai penulisan, lalu diakhiri oleh tahap publikasi tulisan.
Kata kunci—Gerakan Literasi Nasional, Literasi baca-tulis, Sekolah Dasar, Wattpad.


Abstract— The National Literacy Movement is a government program that aims to strengthen people's interest in literacy. The National Literacy Movement is divided into digital literacy, numeracy literacy, cultural literacy, scientific literacy, financial literacy, literacy reading. This study aims to find out how the success rate of the Watpad application as strengthening students' literacy in elementary schools. The method that the authors use in this recearch is library research , which is a literacy reading technique that originates from written sources. The data obtained is secondary data sourced from published books and national and international journals. In data collection techniques, the theory used refers to the theory of Mary W. Geroge which will be described as follows. 1) Selection of topics regarding literacy skills using the Wattpad application, 2) The author designed a concept to make Wattpad a means of strengthening literacy, 3) The author compiled the results of the Wattpad application concept, 4) Concluded the results from the data that had been collected. The results of this study are that the Wattpad application can play a role in improving one's reading and writing skills. It turns out that the Wattpad application can also be used as a learning medium in the learning process of reading and writing literacy in elementary schools. The way to access the Wattpad application is to start from the register stage, start writing, then end with the writing publication stage.
Keywords—National Literacy Movement, Literacy, Elementary School, Wattpad.

 


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Apriyani, T. (2020). Pembelajaran sastra populer berbasis wattpad sebagai upaya peningkatan kemampuan literasi baca tulis. Suar bétang, 15(1), 107-116. https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152.

Artajaya, G. S. (2022). Inovasi media wattpad dalam pembelajaran sastra Indonesia. In Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 173-184). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2011.

Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8-16. Retrieved from http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/388.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=masalah+pada+siswa&oq=#d=gs_qabs&t=1684822372334&u=%23p%3D-SGsaUoxy1MJ.

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 17-32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685.

Handaka, I. B., & Maulana, C. (2017). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Gerakan Literasi Nasional. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 227-237). Retrieved from https://pasca.um.ac.id/conferences/snbk/article/view/224.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=cahyo+hasanudin&oq=cahyo+ha#d=gs_qabs&t=1685847338296&u=%23p%3D7iY_xs_STbAJ.

Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431-442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208.

Hidayah, L. (2019). Revitalisasi partisipasi masyarakat dalam Gerakan Literasi Nasional: studi pada program kampung literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 87-98. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2819.

Ifadah, A. S. (2020). Literasi: pemahaman literasi baca-tulis anak usia dini pada mahasiswa PIAUD semester 4 Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Golden Age, 4(02), 290-296. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2419.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108-118. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519.

Kusripinah, R. R. E., & Subrata, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491-498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2). Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=sekolah+dasar+adalah&oq=#d=gs_qabs&t=1684741612738&u=%23p%3DYty_MYmdMNAJ.

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103-113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133.

Narahawarin, M. F., & Winarsih, S. (2019). Gerakan literasi sekolah di SD YPPK Yos Sudarso Kuper sebagai upaya menyukseskan program Gerakan Literasi Nasional. Musamas Journal of Language and Literature, 2(1), 79-88. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id.

Purnama, H. M., & Yuliafitri, I. (2019). Efektivitas Gerakan literasi keuangan Syariah dalam mengedukasi masyarakat memahami produk keuangan Syariah. Banque Syar'i: Jurnal llmiah Perbankan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32678/bs.v5i1.1937.

Putri, I. I. M., & Ningsih, E. R. (2020). Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 87-99. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12836.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i1.2697.

Rahayu, T. (2017). Pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/9552.

Sanusi, S., & Prasetyo, A. (2019). Pengenalan Gerakan Literasi Pada Masyarakat. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 162-166. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3352.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141-152. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.

Simanjuntak, N., Naibaho, P., & Arif, S. (2021, July). Pemanfaatan wattpad sebagai media pembelajaran menulis cerita pendek. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar (pp. 223-228). FBS Unimed Press. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43404.

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508-1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453.

Sutarini, S., & Dwi, D. F. (2022). Efektivitas Aplikasi Wattpad Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 78-84. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.751.

Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116.

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9. Retrieved from https://training.unmuhkupang.ac.id/Index.Php/Jpdf/Article/View/217.

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022, June). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9). Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022, June). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266.

Wahyulestari, M. R. D. (2018, July). Ketrampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1). Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2770.

Widiyarto, S., Cleopatra, M., Sahrazad, S., Ati, A. P., Sandiar, L., & Widiarto, T. (2021). Penyuluhan Literasi Baca Tulis Pada Siswa SMA. Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri, 5(1), 122-126. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.