Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Keterampilan Menulis

Erviana Erviana, Cahyo Hasanudin

Abstract


Aplikasi Lectora Inspire adalah jenis aplikasi yang memiliki fungsi membuat materi pembelajaran secara interaktif. Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk membuat sebuah konsep pembelajaran interaktif mata kuliah keterampilan menulis dengan memanfaatkan aplikasi Lectora Inspire. Metode studi pustaka atau library research digunakan dalam penelitian, berkaitan dengan topik pembahasan, yaitu media pembelajaran interaktif, mata kuliah keterampilan menulis, dan aplikasi Lectora Inspire. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder, bersumber dalam buku serta artikel yang sudah dipublikasikan di Indonesia maupun internasional. Pada teknik mengumpulkan data menggunakan teori Zed yang telah dimodifikasi oleh peneliti, 1) Memiliki pemahaman umum tentang topik penelitian yang akan dilakukan, 2) Melakukan pencarian informasi yang relevan dan mendukung topik penelitian 3) Menetapkan fokus penelitian dengan jelas, 4) Melakukan pencarian dan seleksi bahan bacaan yang dibutuhkan dan mengelompokkannya secara sistematis, 5) Membaca dan membuat catatan penting dari bahan bacaan yang terkait dengan topik penelitian, 6) Melakukan review dan penambahan informasi dari bahan bacaan yang sudah dikumpulkan, 7) Mengelompokkan kembali bahan bacaan dan memulai proses penulisan ditetapkan berdasarkan arah dan tujuan penelitian. Jadi, aplikasi Lectora Inspire sangat membantu pada kegiatan pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis karena belum ada penelitian terdahulu yang memanfaatkan aplikasi Lectora Inspire.

Kata kunci— Media Pembelajaran Interaktif, Mata Kuliah Keterampilan Menulis, Aplikasi Lectora Inspire

 

 

 

Abstract— Lectora Inspire is a type of application that is used to make learning materials interactive. The purpose of this research is to develop an interactive writing skills course concept using the Lectora Inspire application. Studi Pustaka, or library research method, was used for this research, related to the discussion topic, interactive learning media, the writing skills course, and the Lectora Inspire application. Secondary data was used for technical data input, which came from books and articles published in Indonesian or other languages. At this technical level, we input data by using Zed theory that was modified by the researcher, 1.) Have a general understanding of the research topic that is to be done, 2.) Conducting a search for information that is relevant to and supports the research topic, 3.) Staying focused on the research, 4.) Doing the searching and selecting of the needed text materials and classifying them systematically, 5.) Read and make an important note about research, 6.) Do a review and add information from the text materials that have been collected, 7.) Regroup the text materials and start the writing process based on the direction and purpose of the research. So, this Lectora Inspire application is so helpful for the learning activities specialized for the writing skills course because there has been no previous research using the Lectora Inspire application.

 

Keywords— Interactive Learning Media, Writing Skills, Lectora Inspire Aplication


Full Text:

PDF

References


Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada sistem e-learning universitas negeri padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 17(2), 1-10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75.

Arsyad, M. N., & Fatmawati. (2018). Penerapan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap mahasiswa ikip budi utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 8(2), 188-198. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702.

Azizah, A., & Purwoko Budi. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif. (Doctoral dissertation, State University of Surabaya), 7(2), 1-7. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/230614535.pdf.

Batubara, H. H. (2015). Pengembangan media interaktif pada materi operasional bilangan bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah,1(1), 1-12. https://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.271.

Frananda, M., Kurnia, MD, Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. Retrived from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/2868.

Harvianto, Y. (2021). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar pendidikan jasmani selama masa pandemi covid-19. Jurnal Porkes, 4(1), 1-7. Retrived from https://scholar.google.com/scholar?q=Pengaruh+media+pembelajaran+interaktif+terhadap+hasil+belajar+pendidikan+jasmani+selama+masa+pandemi+covid-19&hl=id&as_sdt=0,5.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Hayati, N. A., & Hasanudin, C. (2022). Implementasi metode discovery learning berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 160-165. Retrived from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1260.

Kurniawan, P. Y, & Mumpuni, A. (2021). Pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar interaktif dengan menggunakan aplikasi lectora inspire pada guru-guru smp. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3410-3433. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4879.

Kurniawan, P. Y. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif dengan menggunakan aplikasi lectora inspire untuk mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 37-42. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10560.

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal Of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Latifah, S., Yuberti, Y., & Agestiana, V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 9-16. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.3851.

Lestari, A. (2017). Keefektifan media audio visual sebagai kreativitas guru sekolah dasar dalam menumbuhkan keterampilan menulis puisi siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 214-225. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7i3.p214-225.

Lubis, B. R., Wulandari, N., Dlt, T. J., & Ikhwan, A. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran interaktif lectora inspire untuk motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 1(2), 368-371. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.429.

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire papa materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas x akuntansi dan keuangan lembaga smk negeri 1 tempel tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97-111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515.

Maryani, D. (2013). Pembuatan media pembelajaran interaktif bangun ruang matematika. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(2), 18-24. https://dx.doi.org/10.3112/speed.v6i2.1301.

Miftah, M. (2018). Pengembangan dan pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran interaktif. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 14(2),147-156. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.117.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 7-8. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Munirah, M. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CV Budi Utama

Ngubaidillah, A., & Kartadie, R. (2018). Pengaruh media visual menggunakan aplikasi lectora inspire terhadap hasil belajar peserta didik siswa kelas xi di sma islam sunan gunung jati ngunut tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.15060.

Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire yang diintegrasikan dengan camtasia studio pada mata pelajaran geografi materi sistem informasi geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1). 1-8. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041.

Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196-208. https://doi.org/10.36928/jpkm.v7i2.35.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan aplikasi lectora inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101-115. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105.

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9-16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842.

Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81. Retrived from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42.

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94. https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.828.

Suryani, N. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis IT. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1-12. Retrived from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9033.

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 1(1), 1-9. Retrived from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran menulis di sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1-6. https://doi.org/10.21009/PIP.311.1.

Zulfiati, H. M. (2014). Pengaruh pembelajaran IPS bebasis ITC (Information and Communications Technology) dengan aplikasi lectora inspire terhadap hasil belajar siswa. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 39-58. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2878.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3310

Refbacks