Pemanfaatan Aplikasi YouTube untuk Menumbuhkan Keterampilan Berbicara pada Anak Berkebutuhan Khusus

Bagas Romadhoni Sugiarto, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Keterampilan berbicara adalah kemampuan penyampaian pemikiran dan perasaan melalui bunyi dan kata kata dalam ujaran melalui kegiatan komunikasi. Penelitian ini memiliki tujuan dalam memanfaatkan aplikasi YouTube untuk menumbuhkan keterampilan berbicara pada anak berkebutuhan khusus. Metode studi pustaka dipakai dalam penelitian dengan memakai data sekunder, data bersumber pada buku dan artikel di jurnal lokal maupun internasional dalam internet. Data yang mengacu pada topik pembahasan. Topik pembahasan mencakup keterampilan berbicara, anak berkebutuhan khusus, dan aplikasi YouTube. Data ini bersumber pada buku dan artikel yang terbit di Indonesia maupun internasional. Dalam teknik mengumpulkan data memakai teori milik Mary W. George yang telah dimodifikasi oleh peneliti, 1) Pemilihan topik tentang implementasi keterampilan berbicara pada anak berkebutuhan khusus, 2) Peneliti membentuk suatu konsep yang menarik, 3) Penelitian menentukan strategi pemakaian aplikasi YouTube, 4) Peneliti memberikan simpulan. Pada penelitian ini mendapatkan simpulan tentang implementasi keterampilan berbicara pada anak berkebutuhan khusus pemakaian aplikasi YouTube. Strategi Pemakaian Aplikasi YouTube, dengan cara sebagai berikut, 1) buka aplikasi YouTube, 2) tautkan akun pada aplikasi YouTube, 3) klik logo plus dibawah, 4) klik upload video, 5) pilihlah video yang akan diunggah, 6) isilah keterangan video, 7) pilihlah pembatasan usia penonton dan klik upload, 8) bagikan link video yang telah diunggah.

Kata kunci— Keterampilan berbicara, anak usia dini, aplikasi YouTube

 

 

Abstract— Speaking skills are the ability to convey thoughts and feelings through sounds and words in speech through communication activities. This research aims to utilize the YouTube application to develop speaking skills in children with special needs. The literature study method is used in research using secondary data, data sourced from books and articles in local and international journals on the internet. Data referring to the topic of discussion. Topics for discussion include speaking skills, children with special needs, and the YouTube application. This data is sourced from books and articles published in Indonesia and internationally. In the technique of collecting data using Mary W. George's theory which has been modified by researchers, 1) Selection of topics regarding the implementation of speaking skills in children with special needs, 2) Researchers form an interesting concept, 3) Research determines strategies for using the YouTube application, 4) Researchers provide conclusions. In this study, conclusions were drawn about the implementation of speaking skills in children with special needs using the YouTube application. Strategy for using the YouTube application, in the following way, 1) open the YouTube application, 2) link an account to the YouTube application, 3) click the plus logo below, 4) click upload video, 5) select the video to upload, 6) fill in the video description, 7) select the age limit of the viewer and click upload, 8) share the video link that has been uploaded.

Keywords— Speaking skills, childern with special needs, YouTube applicaton


Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Aqilah, F., & Ardina, M. (2021). YouTube Approach Sebagai Media Pembelajaran Komunikasi Digital Preschool di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Audiens, 2(2), 166-173. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11863.

Bahri, S., & Mulyadi, M. (2022). Implementasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1304-1310. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4079.

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495-502. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3735.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 263-276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687.

Dermawan, O. (2013). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/view/2206.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Dewantara, I. P. M. (2016). Alternatif Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 38-49. https://www.neliti.com/publications/129551/alternatif-strategi-pembelajaran-keterampilan-berbicara#cite.

Faishol, L., & Budiyono, A. (2021). Peran Guru BK Dalam Membangun Psikoedukasi Di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Coution: journal of counseling and education, 2(2), 54-66. https://doi.org/10.47453/coution.v2i2.379.

Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Keterampilan Berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 34-46. http://dx.doi.org/10.24235/ibtikar.v7i1.3065.

Firlisa, U. D., & Hasanudin, C. (2022, July). Peran Media Youtube Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 38-46. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1252.

Hamidaturrohmah, H., & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8 (2), 247-278. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2697654https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2697654.

Handayani, I., & Asri, A. M. A. N. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 202-210. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning Untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis Di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 343-347. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hanana, A., Anindya, A., & Elian, N. (2020). Transformasi Media Youtube Dan Televisi (Analisis Fungsi Dan Konsumsi Media Youtube Dan Televisi Di Kota Padang). Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 4(2), 186-194. https://doi.org/10.25077/rk.4.2.186-194.2020.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56.

Hidayati, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V SD Padurenan II di Bekasi tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83-95. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.5.2.83-95.

Hikmah, S. N. A. (2021). Problematika Pencapaian Kompetensi Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(01), 59-67. https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i01.739.

Idhartono, A. R. (2020). Studi Literatur: Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 529-533. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.541.

Ikmawati, R., & Setiawati, S. D. (2020). Motif Penggunaan Media YouTube Sebagai Media Pembelajaran Dikalangan Guru ABK SLBN Cicendo Kota Bandung. VISIONER, 2(2), 288-297. http://103.78.9.46/index.php/vis/article/view/488.

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran media youtube sebagai sarana optimalisasi perkembangan kognitif pada anak usia dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi: Muhammadiyah University Press. 85-96. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9276.

Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2021). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus. Semarang: UNDIP press.

Maulinda, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif-Integratif di SMK Nusantara Plus Tangerang Selatan. GERAM, 9(1), 47-55. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(1).6283.

Maylanie, E. P. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SD dengan Menggunakan Metode Show and Tell. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1), 1004-1012. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1449.

Muammar. (2008). Pembelajaran Berbicara yang Terabaikan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar” dalam Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: UNY dan Tiara Wacana.

Nazirin, M., Susilowati, E., & Ramdani, D. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas X Man I Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(5), 1-16. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15466.

Ningsih, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4), 243-256. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3990.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632.

Nurfadhillah, S., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Manjaya, R. A. H., & Nasrullah, N. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota. BINTANG, 3(3), 459-465. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i3.1548.

Putri, R. N., & Hasanudin, C. (2022). Peran Aplikasi Karya Karsa Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 89-95. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1217.

Rediansyah, I. (2020). Manfaat Penggunaan Media Youtube Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar Di Asrama SPN Cisarua Bandung Barat. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 315-319. http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.4355.

Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40-53. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424.

Rhomadhona, H. (2017). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Sains dan Informatika, 3(1), 18-26. https://doi.org/10.34128/jsi.v3i1.66.

Rizkiani, A., & Darmawani, E. (2022). Keterampilan Berbicara Anak dengan Gangguan Bahasa Ekspresif. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-13. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9149.

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Purwaka & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and library journal, 4(2), 81-91. https://doi.org/10.20473/rlj.V4-I2.2018.81-91.

Setiawan, I. (2020). A to Z anak Berkebutuhan Khusus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sunarsih, S. (2012). Pembelajaran keterampilan berbicara model kooperatif teknik mencari pasangan dan teknik kancing gemerincing pada siswa introver dan ekstrover di SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 36-39. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/119.

Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Tarigan. & Guntur, H. (2008). Berbicara sebagai sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: angkasa.

Tejaningrum, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metakognitif Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 37-45. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1335.

Wahyuni, S. (2013). Wahyuni, S. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4) 220-227. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3519.

Wardiah, D. (2014). Psikolinguistik Dalam Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i2.86.

Wijiyanti, L., Firmansyah, M. B., & Sugianti, S. (2021). Penggunaan youtube sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara di era digital. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (Pro-Trapenas), 1(1), 406-417. https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/229.

Yunita, I., & Skripsi Yunita, I. (2014). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A1di Tk Kartika Iii-38 Kentungan. Depok, Sleman [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/33510824.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.