Guru dan Peserta Didik: Evaluasi Diagnostik dalam Penerapan Metode Ceramah

Moralman Gulo, Talizaro Tafonao

Abstract


abstrak— Proses pembelajaran merupakan inti utama dalam mencapai pendidikan yang maksimal bagi peserta didik. Dengan demikian pembelajaran harus terwujud dengan semestinya sesuai pada targetnya.Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk mengevaluasi metode ceramah yang diterapkan oleh seorang guru bagi peserta didik melalui materi pembelajaran dan untuk memberi ide dan gagasan bagi para pendidik dalam melaksanakan metode ceramah yang penuh kreatif  sehingga mampu mengatasi masalah-masalah yang dialami oleh para peserta didik didalam proses pembelajaran. seperti suasana yang membosankan, mengantuk dan sulit menyimak penjelasan materi dari seorang guru yang terus menerus aktif dalam pemaparan. Adapun metode yang digunakan penulis dalam artikel ini adalah metode deksriptif kualitiatif dengan pendekatan pada data pustaka yang bersumber dari jurnal, buku, website, dan lainya. Hasil dari tulisan ini adalah para pendidik mampu melakukan evaluasi diagnostik bagi peserta didik dan memiliki upaya dalam meningkatkan metode ceramah, sehingga melalui metode ini peserta didik dapat lebih aktif lagi dan mencapai kemaksimalan belajar.

 

Kata kunci— Guru, Peserta didik, Evaluasi, Metode ceramah

 

 

Abstract— The learning process is the main core in achieving maximum education for students. Thus learning must be realized properly according to its target. The purpose in writing this article is to evaluate the lecture method applied by a teacher for students through learning materials and to provide ideas and ideas for educators in implementing a creative lecture method so that they are able to overcome the problems experienced by students in the learning process. such as a boring, sleepy atmosphere and difficulty listening to material explanations from a teacher who is continuously active in the presentation. The method used by the author in this article is a qualitative descriptive method with an approach to library data sourced from journals, books, websites, and others. The result of this paper is that educators are able to carry out diagnostic evaluations for students and have efforts to improve the lecture method, so that through this method students can be more active and achieve maximum learning.

 

Keywords— Teachers, Students, Evaluation, Lecture method


Full Text:

PDF

References


Abidin, M. (2022). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response. Nivedana : Jurnal Komunikasi & Bahasa, 3, 49–52.

Admin, & Yuli Suryanti. (2021). Pengaruh Penkes Menggunakan Metode Ceramah Dan Leaflet Terhadap Tingkat Kecemasan Primigravida. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 11(22), 110–118. https://doi.org/10.52047/jkp.v11i22.118

Aunurrahman. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. alfabeta.

Juliantika, J., Rohmah, H. N., Putri N, S. R., & Al Munawaroh, S. Z. (2023). Urgensi Penguasaan Penerapan Variasi dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1718–1726. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.810

Kardiman, K., Pangestika, R. R., & Nurhidayati, N. (2022). Pengembangan RPP Revisi 2019 Dengan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 774–779. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2386

Latipah, N., Asvio, N., & Imaduddin, M. (2022). Kompetensi Calon Guru IPA dalam Merefleksikan Kegiatan Belajar Mengajar IPA. Praja Iswara, 3(1), 28–38.

May Muna Harianja, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 6(1), 1324–1330.

Permata, I., & Satrisno, H. (2023). Upaya Mengatasi Kejenuhan Selama Proses Pembelajaran Luring Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP N 20 Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 4, 247–260.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348

Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590

Savira, A. N., Fatmawati, R., Rozin Z, M., & Eko S, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Factor M, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.963

Wahyuni, S., & Mukhaiyar, R. (2022). Evaluasi Diagnostik pada Mata Kuliah Praktikum Pengukuran Listrik Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 14–17. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.176

Yulita Matulessy, Vivi Guslauw, S. L. (2021). Metode Pembelajaran Paikem Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Didaxei, 2(1).

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.