Pemanfaaatan Microsoft PowerPoint dalam Membuat E-book untuk Mendukung Pembelajaran di Era 5.0

Intan Indriyani, Maya Dewi Kurnia, Jaja Jaja

Abstract


Abstrak- Microsoft power point adalah aplikasi untuk membuat slide file presentasi. Selain itu, di era 5.0 ini power point dapat digunakan untuk pembuatan e-book. Tujuan pembuatan e-book yaitu agar semua orang bisa membaca secara efektif dan efisien di mana saja. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan informasi dari sumber jurnal. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang bersumber dari hasil penelitian yang sudah dipublikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang tahapan membuat e-book di aplikasi microsoft power point, yaitu 1) Menentukan ukuran (size) lembar e-book, 2) Menentukan tata letak e-book, 3) Membuat teks dan gambar, 4) Menyimpan file PPT e-book dalam bentuk PDF. Dengan demikian aplikasi microsoft power point sangat membantu kita terutama di era 5.0 ini.

Kata kunci- Microsoft PowerPoint, E-book, Pembelajaran, Era 5.0.

 

Abstrack- Microsoft PowerPoint is an application for creating presentation file slides. In addition, in this 5.0 era, power points can be used to make e-books. The purpose of making e-books is so that everyone can read effectively and efficiently anywhere. This method uses the literature study method by collecting information from journal sources. The data used are secondary data sourced from research results that have been published. The results of this study explain the stages of creating an e-book in the Microsoft Power Point application, namely 1) Determining the size of the e-book sheet, 2) Determining the layout of the e-book, 3) Creating an e-book. text and images, 4) Save the e-book PPT file in PDF form. Thus the Microsoft Power Point application is very helpful for us, especially in this 5.0 era.

Keywords- Microsoft PowerPoint, E-book, Learning, Era 5.0.


Full Text:

PDF

References


Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(2), 287-302. https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.2.287-302.

Aliwardhana, H. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan video pembelajaran berbasis Power Point dan Filmora melalui in house training. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(1), 22-43. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.109.

Fadli, M. R. (2021). Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130-161. https://doi.org/10.22146/jf.42521.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Hakim, R. N. (2010). Pengembangan buku ajar permainan bola basket dalam bentuk e-book untuk SMP (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/49495.

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran IPA. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(4), 369-384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61.

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran IPA. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(4), 369-384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61.

Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p152.

http://dx.doi.org/10.24127/att.v2i02.870. btl.

Jamilah, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141-150. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08.

Jayanti, E., Ramadhani, E., & Surtiyoni, E. (2022). Pengembangan E-Book Layanan Informasi Konsep Diri Positif untuk Kebutuhan Siswa di MTS Assa’adah Tanjung Lubuk. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1142-1146. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5411.

Maknunah, D. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Bagi Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Khaira Ummah, 1(01), 53-60. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-8.

Mawardi, M. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26-40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40.

Muthoharoh, M. (2019). Media powerpoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21-32. https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.66.

Nuansa, R. (2020). Revitalisasi Filsafat Sains dengan Islam dalam Menghadapi Tantangan Era 5.0 Civil Society. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 233-244. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/408.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Primadona, H. (2018). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Lectora Inspire dan Power Point pada Materi Momentum dan Implus Kelas X SMAN 3 Muaro Jambi . EduFisika , 3 (01), 43-54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.3956.

Ratnanenci, C. (2021). Korelasi Dampak Covid-19 Dengan Era Society 5.0 di Bidang Pendidikan. JDMP (JurnalJ Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1), 1-6. https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p1-6.

Restiyowati, I. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas Xi Sma (Ebook The Matter Of Interactive Even Semester Chemical Class Xi High School). Unesa Journal of Chemical Education, 1(1). https://doi.org/10.26740/ujced.v1n1.p%25p.

Restiyowati, I. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas Xi Sma (Ebook The Matter Of Interactive Even Semester Chemical Class Xi High School). Unesa Journal of Chemical Education, 1(1). https://doi.org/10.26740/ujced.v1n1.p%25p.

Ridwan, M., Nengsi, N. S. W., & Karlinda, A. E. (2022). Mempersiapkan sdm Handal dalam Menghadapi Smart Society 5.0 pada Santri Rahmatan Lil’alamin International Islamic Boarding School . Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 975-981. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5216.

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(02). http://dx.doi.org/10.24127/att.v2i02.870. btl.

Suryani, E., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 177-184. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.15422.

Suryani, E., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 177-184. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.15422.

Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 119-133. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74.

Yanti, N. W. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.404.

Yasa, A., Suswanta, S., Rafi, M., Rahmanto, F., Setiawan, D., & Fadhlurrohman, M. I. (2021). Penguatan Reformasi Birokrasi Menuju Era Society 5.0 di Indonesia. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 27-42. https://doi.org/10.35967/njip.v20i1.139.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.