Peningkatan Literasi Keuangan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Program Khusus 1 Sindon melalui Kelas Literasi Keuangan berbasis Alam
Abstract
ABSTRACT
The financial literacy mentorship program, which is focused on outdoor classroom activities at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM PK) 1 Sindon Boyolali, was initiated in response to elementary school pupils' lack of understanding of financial management. Many youngsters prioritize wants above needs and fail to understand the necessity of financial management at a young age. The program aims to improve kids' financial literacy through hands-on experiences and outdoor learning, while simultaneously raising environmental consciousness. The program employs a variety of tactics, including modeling buying and selling using toy money and veggies, sowing vegetable seeds in recycled plastic bottles, and organizing a Market Day where kids sell their produce. Students are taught the fundamentals of transactions, financial planning, and simple entrepreneurship. University students enrolled in the Accounting Education and Elementary School Teacher Education programs also mentor and assess the learning process. The program's results demonstrate that students' financial literacy improved significantly, with an average rise of 1.5 points between the pre-test and the post-test. Aside from financial literacy, kids learn the value of environmental stewardship through horticultural activities. This program successfully improves students' understanding of financial literacy while establishing environmentally conscious ideals.
Keywords: financial literacy, outdoor classroom, green school, muhammadiyah elementary school
ABSTRAK
Program pendampingan literasi keuangan berbasis kelas alam di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM PK) 1 Sindon Boyolali dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa sekolah dasar mengenai pengelolaan keuangan. Banyak siswa cenderung lebih fokus pada keinginan dibandingkan kebutuhan, serta belum memahami pentingnya mengelola keuangan sejak dini. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan literasi keuangan siswa melalui pengalaman langsung dan pendekatan berbasis kelas alam, serta menanamkan kesadaran ramah lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai metode, seperti simulasi jual beli menggunakan uang dan sayuran mainan, penanaman bibit sayuran di galon plastik bekas, serta Market Day yang melibatkan penjualan hasil panen. Siswa diajarkan konsep dasar transaksi, perencanaan keuangan, dan kewirausahaan sederhana. Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Akuntansi dan PGSD juga terlibat dalam pendampingan dan evaluasi proses pembelajaran. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan literasi keuangan siswa, dengan rata-rata peningkatan skor dari pretest sebesar 1,5 poin pada posttest. Selain peningkatan literasi keuangan, siswa juga belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui kegiatan bercocok tanam. Program ini berhasil memperkuat pemahaman siswa tentang literasi keuangan sekaligus menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan.
Kata kunci: literasi keuangan, sekolah alam, sekolah hijau, madrasah ibtidaiyah muhammadiyah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsanti, M., Puspita Wardani, O., Chamalah, E., Azizah, A., Nisfi Setiana, L., & Islam Sultan Agung, U. (2024). Menumbuhkan budaya literasi anak sejak dini melalui pelatihan mendongeng bagi ibu-ibu kelompok dawis kacang tanah iii, kecamatan genuk, kota semarang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Asri Dwi Ariyani, Rosa Nikmatul Fajri, Nila Hidayah, & Uci Dwi Sartika. (2022). Kecakapan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3223–3230. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i12.2034
De Beckker, K., De Witte, K., & Van Campenhout, G. (2021). The effect of financial education on students’ consumer choices: Evidence from a randomized experiment. Journal of Economic Behavior & Organization, 188, 962-976.
García, J. M., & V. (2020). Financial literacy is not enough: The role of nudging toward good long-term saving behavior. Journal of Business Research, 122, 472–477.
Hairida, Masriani, Enawaty, E., Muharini, R., Lestari, I., Ifriany, A., Erlina, Sahputra, R., Mayasari, E., Sasri, R., & Agusta, M. F. L. (2024). Pelatihan pengembangan pembelajaran berbasis entreprenuership bermuatan kearifan lokal. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(2), 16–23.
Haryati, N., Laili, F., Mutisari, R., & Aprilia, A. (2024). Peningkatan kesadaran dan partisipasi siswa sekolah dasar terhadap lingkungan sehat dengan pelatihan pembibitan berbasis media rockwool. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1162. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20585
Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780
Kikky, B., & D. (2020). Literasi Keuangan Sekolah. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 98–105. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/atjpm.v1i2.141
Koryati, D., Amrina, D. E., Fatimah, S., & Pratita, D. (2020). Menerapkan pembelajaran aktif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar ekonomi peserta didik. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(1).
Kusnandar, D. L., Mulyana, D., & Sari, Dewi Permata, S. N. (2023). Kecakapan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang Financial Literacy Skills for Elementary School-Age Children as an Effort. DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Manajemen, 1(2), 36–46.
Luthfi Thirafi, Nora Akbarsyah, F. F. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran. Journal of Community Services, 4(2), 36–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/fjcs.v4i2.48315
Maksum, A., Wahyuni, E. N., Aziz, R., Hadi, S., & Susanto, D. (2022). Parents and children’s paradoxical perceptions of online learning during the covid-19 pandemic. Research. Advances in Mobile Learning Educational, 2(2), 321–332.
Maryani, A. T., Myrna, N., & Fathia, E. (n.d.). Pengenalan dan penanaman tanaman sayur-sayuran pada tk pertiwi xi kecamatan pelayanagan kota jambi.
Nurhidayah, N., & Dahlia, D. (2019). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana untuk Menumbuhkan Kepedulian Menabung pada Anak-Anak Pesisir Dalam di Desa Bonde, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 37. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.978
Ramlah, R., Riana, N., & Abadi, A. P. (2023). Mengembangkan literasi numerasi anak usia dini melalui media pembelajaran puzzle edukatif-interaktif. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 185–5. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Setiana, L. N., Warsiyah, W., Arsanti, M., & Wardani, O. P. (2024). Literasi ceria pada pembentukan karakter religius pada anak (studi pada tpq at-taubah bangetayu kulon, kec. Genuk, kab. Semarang). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 57–63. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Sidiq, M. F., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Model Experiental Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1631–1637. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5482
Sitinjak, L. (2023). Program agroschooling pada siswa sekolah dasar swasta katholik santo ignasius meningkatkan minat bercocok tanam. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 1167–1171. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1021
Suranto, S., Sari, D. E., Puspitasari, I. F., Sihotang, I. M., Siregar, Y. S., Maulana, F., & Fadhilah, R. (2024). Peningkatan kapasitas dan keterampilan perencanaan keuangan berdasar pedoman hidup islami warga muhammadiyah (phiwm) bagi pekerja migran indonesia (pmi) di hong kong. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 127–136. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Wahyuni, D., & Baroroh, K. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Ekonomika Mikro. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:142946704
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats