Internalisasi Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui E-Book Edukasi Animasi pada Sekolah Penggerak

Diah Puji Nali Brata, Edy Setiyo Utomo, Ahmad Farhan

Abstract


ABSTRACT

Sekolah Penggerak is one of the Kemdikbud programs that focus on strengthening the values of the Pancasila Student Profile. However, not a few teachers and even students still find it difficult to understand and implement each dimension, element and sub-element. The purpose of this service is to assist teachers in internalizing the values of the Pancasila Student Profile through mobile apps-based animated educational ebooks. This service activity was given to teachers of the SMPN Satu Atap Jipurapah (SMPN 3 Plandaan). The method of implementing devotional activities consists of preparation, implementation and evaluation. The results of the service activities show that this service activity can be said to be successful and successful, because as many as 72.73% of teachers stated that the socialization activity of internalizing the values of the Pancasila Student Profile through an animated educational ebook based on mobile apps was very good. In  addition, more than 50% of teachers stated that they had understood the substance of the dimensions, elements and sub-elements of the Pancasila Student Profile values and 100% stated that animated educational ebooks could help internalize the Pancasila Student Profile values for students at SMPN Satu Atap Jipurapah (SMPN 3 Plandaan). It is hoped that this activity can provide motivation and assist teachers in implementing the Pancasila Student Profile values, especially sekolah penggerak.

 

Keywords: internalize, Pancasila Student Profile, animated educational ebook

 

 

ABSTRAK

Sekolah Penggerak merupakan salah satu program Kemdikbud yang fokus pada penguatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Namun, tidak sedikit guru bahkan peserta didik masih sulit untuk memahami serta mengimplementasi dari setiap dimensi, elemen dan sub elemen. Tujuan pengabdian ini untuk membantu guru dalam internalisasi nilai Profil Pelajar Pancasila melalui ebook edukasi animasi berbasis mobile apps. Kegiatan pengabdian ini diberikan kepada guru SMP Negeri Satu Atap Jipurapah (SMPN 3 Plandaan). Metode pelaksanaan kegiatan pengabdaian terdiri dari persiapan, pelasksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini dapat dikatakan berhasil dan sukses, karena sebanyak 72,73% guru menyatakan kegiatan sosialisasi internalisasi nilai Profil Pelajar Pancasila melalui ebook edukasi animasi berbasis mobile apps sangat baik. Di samping itu, lebih dari 50% guru menyatakan telah memahami substansi dimensi, elemen dan sub elemen dari nilai Profil Pelajar Pancasila dan 100% menyatakan bahwa ebook edukasi animasi dapat membantu internalisasi nilai Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik di SMPN Satu Atap Jipurapah (SMPN 3 Plandaan). Di harapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan membantu guru dalam mengimplementasikan nilai Profil Pelajar Pancasila khususnya sekolah penggerak.

Kata Kunci: Internalisasi, Profil Pelajar Pancasila, ebook edukasi animasi


Keywords


Internalisasi, Profil Pelajar Pancasila, ebook edukasi animasi

Full Text:

PDF

References


Anggreini, D., Agustito, D., Ayuningtyas, A. D., & Tamansiswa, S. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 27–38.

Apriyani, D. D., Sirait, E. D., & Ramdhan, V. (2023). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Flipbook Berbasis Mobile Learning. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 386–390. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6353

Brata, D. P. N., & Utomo, E. S. (2022a). Comparison of Attitudes of Male learners and Women Based on Pancasila Student Profile During Limited Face-to-Face Learning. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 5(3), 753–763. https://doi.org/10.29062/edu.v5i3.344

Brata, D. P. N., & Utomo, E. S. (2022b). The Influence of Students ’ Religiosity , Critical Attitude , and Creativity on Self-Concept during Hybrid Learning. 12(3), 27–32. https://doi.org/10.9790/7388-1203032732

Karyada, I. P. F., Wardana, I. P. M. A., & Sanjaya, K. O. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game Sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal dan Budaya Bali. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 11(1), 104–115.

Kemdikbud. (2017). Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter, Pusat Analisis Dan Sikronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal. 17(5), 684–694. https://doi.org/10.1016/j.smr.2019.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.smr.2009.02.001%0Ahttps://scholarship.shu.edu/student_scholarship

Nali Brata, D. P., Utomo, E. S., & Hartiningrum, E. S. N. (2022). Peningkatan Pengetahuan Penilaian Sikap Berbasis Profil Pelajar Pancasila di SMPN 1 Wonosalam. Jurnal ABM Mengabdi, 9(2), 77. https://doi.org/10.31966/jam.v9i2.1117

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069

Santosa, E. B., Sukmawati, F., & Suharno. (2022). Penguatan Kompetensi Paedagogik Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (Vr). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 251–260. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS%0APENGUATAN

Suryana, A., Andoyo, A., Muslihudin, M., & Publik, I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Internet Dan. 2(1), 23–28.

Wijayatiningsih, T. D., Purnomo, E. A., & Budiastuti, R. E. (2023). Literasi Digital dan Merdeka Belajar : Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Pada Guru Tk Di Gunung Pati Semarang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 215–226.

Zeny Dwi Martha , Eka Pramono Adi, Y. S. (n.d.). Ebook Berbasis Mobile Learning Zeny. 109–114.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats